Kamera Canon EOS 600D

Kamera Canon EOS 600D
Kamera Canon EOS 600D

Sejak di rilis pada tahun 2003, Kamera Canon EOS 600D sempat dinobatikan sebagai salah satu seri kamera terbaik menurut perusahaan Canon.

Akan tetapi enam tahun berikutnya, Canon memberi kejutan dengan merilis seri yang lebih canggih lagi, Canon 600D.

Secara keseluruhan, Kamera Canon EOS 600D masih membawa inovasi besar yang dimiliki seri sebelumnya.

Akan tetapi seri 600D ini memiliki lensa beresolusi lebih tinggi dan inovasi lain yang membuat berfoto semakin menyenangkan. Penasaran dengan canggihnya kamera satu ini? Simak ulasan berikut!

Kamera Canon EOS 600D
Kamera Canon EOS 600D

Review Kamera Canon EOS 600D Lengkap

Hingga saat ini, seri 600D masih jadi pilihan terbaik orang-orang yang menggandrungi hobi fotografi.

Selain itu, seri satu ini juga yang paling sering digunakan oleh para fotografer handal.

Lalu, apa saja hal-hal yang membuat Canon 600D tetap adem di hati masyarakat? Berikut ini review lengkapnya.

1. Hasil Upgrade dari Canon EOS 550D

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Canon 600D merupakan hasil perbaruan dari seri 550D, seri kamera paling inovatif sepanjang masa.

Kamera 600D memiliki semua fitur terbaru yang dimiliki 550D, mulai dari lensa 18 MP, kecepatan potret 3,7 bps, hingga pocket-able.

Akan tetapi lebih dari 550D, 600D punya kemampuan mengambil foto dengan tambahan kecerdasan buatan. Hal itu menjadikan kamera 600D bisa memilih scene dan mengambil gambar dengan angle terbaik. Selain itu, fitur edit foto 600D juga jauh lebih lengkap.

Jika dibandingkan dari segi harga, 550D dan 600D tidak jauh berbeda. Jadi lebih baik konsumen langsung membeli seri terbarunya saja.

2. Memiliki Fitur Creative Filter Effect

Fitur Creative Filter Effect adalah salah satu yang membuat Canon 600D jauh lebih pantas dimiliki dibanding seri pendahulunya.

Creative Filter Effect memberi kesempatan bagi pemilik kamera untuk mengedit fotonya dengan opsi edit yang sangat luas. Beberapa menu terbaik dalam Creative Filter Effect adalah Soft Focus dan Fish Eye.

Selain itu, dalam fitur ini pula, foto yang telah dijepret bisa diedit bentuk, ukuran, dan arah foto. Foto-foto yang terdapat di dalam kamera juga bisa dipotong secara langsung apabila diinginkan.

Jadi pemilik kamera tidak perlu membuka komputer dan mencolokkan kartu memori kamera untuk mengedit. Cukup dengan 600D saja maka editing bisa langsung dilakukan dari kamera.

3. Memiliki Pop Up Flash

Sering dibuat kesal karena berfoto dengan pencahayaan tidak cukup? Canon 600D punya pop up flash yang membuatnya bisa mengambil foto di tempat tergelap.

Tidak seperti kamera-kamera sebayanya yang perlu dihidupkan flash-nya secara manual, flash 600D otomatis hidup sebelum foto dijepret.

Cukup dengan mengaktifkan fiturnya di Screen Menu, maka flash sudah bisa digunakan.

Flash yang dimiliki kamera 600D juga tidak menimbulkan blur akibat cahaya yang terlalu terang. Flash ini juga tidak akan terpantul dari mata orang-orang yang difoto. Jadi foto tetap akan berkualitas dengan pencahayaan yang sesuai kebutuhan.

4. Punya Fitur Menu Lengkap dan Mudah Dipahami

Ini merupakan keunggulan yang tidak sepenuhnya dimiliki pendahulu Canon 600D. Berbeda dengan 550D, kamera satu ini punya menu yang jauh lebih lengkap.

Jika ingin mengaksesnya, pengguna hanya perlu menekan tombol menu dan mengarahkannya ke setting yang diinginkan.

Tidak seperti menu kamera-kamera lainnya, menu 660D lebih mudah dipahami. Jadi seorang pemula pun akan tahu dengan mudah cara mengatur setting kamera sebelum mengambil foto.

5. Adanya Teknologi Scene Intelligent Auto

Scene Intelligent Auto adalah teknologi terbaru yang ditawarkan Canon dalam seri kamera 600D. Teknologi ini membantu pengambil foto memilih scene terbaik sebelum kamera mengambil gambar, terutama jika gambar yang akan diambil masih bergerak-gerak.

Kecerdasan buatan sederhana yang ada di dalam kamera akan menarget orang-orang dan scene dengan posisi terbagus untuk diambil. Jadi tidak perlu khawatir foto akan blur atau terambil tidak sesuai ekspektasi.

Fitur semacam ini sangat cocok digunakan untuk foto yang melibatkan orang banyak. Selain itu, fitur ini menjadikan aktivitas selfie dan wefie menjadi lebih meyakinkan.

Cukup dengan menyetting foto dengan waktu tunda yang diperlukan, maka Canon 600D akan mengambil foto sesuai keinginan pengguna.

6. Punya On-Screen Feature Guide di Layar

Jika ingin mengakses Menu, pengguna Canon 600D sebenarnya tidak perlu menekan tombol Menu lalu mencari setting yang tepat. Khusus untuk pengaturan sederhana, pengguna bisa mengaturnya langsung dari layar kamera. Cukup dengan menekan setting yang ada di layar, maka setting gambar juga akan berubah sesuai keinginan.

Selain Menu di layar, ada pula panduan penggunaan fitur yang bisa diakses langsung di layar. Hal ini akan memudahkan pengguna memahami cara memaksimalkan fitur-fitur yang ada di dalam kamera. Jadi pengguna pemula yang bahkan tidak pernah memegang kamera pun akan dapat mengoperasikannya dengan baik.

Selain Canon 600D, ada juga seri terbaru mereka yaitu : Kamera Canon EOS 700D sebagai generasi penerusnya

7. Mudah Dipegang dan Dibawa Ke Mana Saja

Fitur utama yang selalu dimiliki kamera Canon sejak dulu adalah kemudahan untuk dipegang dan dibawa ke mana-mana. Sama seperti para pendahulunya, seri 600D sangat handy, nyaman dipegang baik saat dipakai mau pun tidak.

Selain itu ukurannya juga compact, muat meski tas yang digunakan untuk membawanya kecil. Bagi yang tidak membawa tas, 600D tetap bisa dibawa ke mana saja, karena kamera ini memiliki tali.

Spesifikasi Kamera Canon EOS 600D

Jenis lensa yang digunakan kamera ini adalah lensa EF dan EF-S, lensa yang direkomendasikan oleh seluruh fotografer dunia. Lensa kamera Canon 600D juga memiliki kemampuan mengambil gambar yang cukup cepat, mencapai 4 foto per detik.

Meski demikian, gambar-gambar ini tetap punya resolusi tinggi, karena didukung dengan resolusi lensa yang mencapai 18 MP. Saat mengambil video, kamera 600D bisa mengambil ukuran mencapai Full-HD, tidak hanya 3:4 seperti kamera di kelasnya.

Canon 600D memiliki fitur yang bisa membuat pengguna memilih foto terbaik untuk disimpan. Fitur ini sangat cocok untuk pengguna yang ingin mengambil foto unik, seperti flying pose.

Setelah mengambil gambar, kamera langsung bisa melakukan koreksi otomatis sesuai setting. Pengguna juga bisa langsung melakukan edit dari kamera.

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, 600D punya wireless. Jadi pengiriman gambar bisa langsung dilakukan dengan menghubungkan kamera dan perangkat.

Harga Umum Kamera Canon EOS 600D

Canon merupakan salah satu perusahaan kamera paling inovatif di dunia. Perusahaan inilah yang pertama kali membuat kamera digital pada tahun 1984, yang kemudian ditiru oleh para pesaingnya.

Sejak berdiri hingga saat ini, Canon terus konsisten menghasilkan penemuan baru di dunia optik.

Meski produknya selalu inovatif, produk-produk Canon harganya selalu murah. Salah satu produk paling inovatif dan murah dari perusahaan ini adalah Canon 600D.

TipeHarga
Canon EOS 600D BaruRp 7.500.000
Canon EOS 600D BekasRp 4.000.000
Harga Kamera Canon Lainnya

Harga tersebut tergolong sangat murah bila dibandingkan dengan teknologi-teknologi unik yang akan memuaskan fotografer profesional mana pun.

Akan tetapi, bagi anda yang ingin membeli kamera Canon 600D yang baru, perusahaan ini sudah tidak memproduksi untuk varian terbarunya.

Demikianlah informasi lengkap mengenai Canon 600D, keunggulan, dan spesifikasinya. Meski keluaran lama, kamera ini masih yang terbaik di kelasnya.

Mayoritas masyarakat dunia masih menjadikan 600D merk kamera nomor satu di dunia, sehingga tidak perlu ragu membelinya. Semoga Bermanfaat~

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Kamera Canon 700D
Read More

Kamera Canon 700D

Kamera Canon 700D merupakan salah satu jenis kamera DSLR yang memiliki banyak peminat. Khususnya para fotografer dan orang-orang…
Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik
Read More

Kamera DSLR Terbaik

Kamera Digital Single Lens Reflex atau yang sering disebut Kamera DSLR Terbaik ini merupakan kamera yang sering digunakan…