Kamera Canon EOS 60D

Kamera Canon EOS 60D
Kamera Canon EOS 60D

Ingin berfoto dengan kamera super canggih yang harganya terjangkau? Kamera Canon EOS 60D bisa jadi pilihan. Kamera yang dinobatkan sebagai salah satu kamera terbaik dua dekade terakhir ini sangat cocok untuk dimiliki.

Bukan hanya dari segi teknologi dan harga, kamera ini masih punya fitur-fitur yang tak kalah menariknya.

Meski bukan kamera terbaik untuk fotografi profesional, kamera ini yang terbaik untuk kegiatan astrofotografi. Tidak sabar untuk tahu selengkapnya? Yuk, simak di artikel berikut!

Kamera Canon EOS 60D
Kamera Canon EOS 60D

Review Lengkap Canon EOS 60D

Secara garis besar, Canon 60D adalah kamera yang cocok untuk semua aktivitas yang berkaitan dengan hobi. Saat seri Canon 600D berat dan lebih cocok digunakan secara profesional, seri 60D bisa dibawa tanpa memberikan beban berarti.

Jadi kamera satu ini cocok dibawa bepergian jauh ke mana saja, termasuk hiking atau kegiatan traveling lainnya. Lebih lengkap tentang seri 60D akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Gambar dengan Resolusi Tinggi

Sejak dua dekade terakhir, Canon selalu menghasilkan kamera dengan resolusi gambar yang tinggi. Salah satu kamera resolusi tinggi hasil ciptaannya adalah Canon 60D. Kamera ini mempunyai lensa yang resolusinya mencapai 18MP.

Meski ukurannya lebih kecil dibanding pendahulunya, hal tersebut tidak memengaruhi resolusi lensa yang dimiliki oleh Kamera Canon EOS 60D. Hal ini dikarenakan seri 60D punya sensor yang membuat kamera bisa mengambil gambar berkualitas, meski ukuran lensanya lebih kecil.

2. Ukuran Gambar Lebih Kecil Dibanding Kamera Umumnya

Inilah alasan kenapa Canon 60D bisa mengambil gambar lebih kecil dengan kualitas sama tinggi: sensor APS-C. Sensor ini tidak dimiliki oleh para pendahulunya, menambah keunikan dari kamera seri ini.

Sensor 60D adalah inovasi yang ditemukan Canon untuk mengakali ukuran kamera. Melalui diciptakannya seri 60D, Canon ingin membuat kamera super ringan yang kualitas gambarnya menyamai kamera berat.

Selain itu, penggunaan sensor APS-C dapat menurunkan harga kamera, karena meski prosesornya kecil hasil foto tetap setara kamera prosesor besar.

3. Settingan Gambar Super Lengkap

Seperti kamera-kamera Canon pada umumnya, Canon 60D punya setting gambar yang sangat lengkap. Itulah salah satu alasan kenapa kamera ini menjadi kamera terbaik untuk membuat gambar polaroid.

Selain itu, setting gambar dari seri 60D lebih mudah dipelajari. Sekali terbiasa, seseorang akan ahli mengatur setting foto melalui seri ini sesuka hati.

4. ISO Tinggi Tinggi

Tingkat kecerahan ISO Canon 60D bisa diatur mulai dari angka 100 hingga 6400 dan bahkan bisa diperbesar lagi hingga 12800. Hal ini memungkinkan kamera 60D mengambil gambar dalam ruangan segelap apa pun.

Akan tetapi sama halnya seperti kamera lain, ISO yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan gambar pecah. Jika digunakan untuk foto bintang-bintang, maka ISO yang terlalu tinggi bisa membuat cahaya bintang tersebut membias.

Oleh karena itu, cara terbaik menggunakan Canon 60D untuk memfoto bintang adalah saat langit cerah (tidak mendung).

Selain itu, pastikan matahari baru terbenam beberapa jam sehingga malam belum terlalu pekat. Sebelum mengambil foto, pastikan juga mengambilnya di tempat yang tinggi sehingga bisa mengambil foto bintang yang dekat dengan cakrawala.

5. Cocok untuk Memfoto Benda Kecil dan Bergerak

Selain untuk astrofotografi, Canon 60D juga cocok digunakan untuk action photography. Seri kamera ini dapat mengambil foto dari benda yang sedang bergerak.

Wajar, karena kecepatan memotret seri ini benar-benar tinggi, yakni sekitar 6 foto per detik. Angka ini bahkan jauh lebih tinggi dibanding seri Canon yang disebut terbaik sepanjang masa, seri 550D.

Dari kemampuan foto yang super cepat itu, kamera 60D cocok digunakan memfoto kegiatan-kegiatan olahraga seperti pacuan kuda atau atletik. Kemungkinan kamera ini mengambil foto blur untuk adegan-adegan cepat lebih kecil dibanding sebagian besar kamera  yang harganya setara.

6. Perekaman Video Berukuran HD

Canon 60D dapat digunakan untuk merekam dengan kualitas video berapa pun, mulai dari 360 hingga 1080p. Selain itu, mode view yang digunakan adalah HD full mode.

Jadi saat diputar di TV atau media lain, video tersebut akan full screen tanpa harus memotong view rekaman. Meski ukuran layar viewfinder-nya kecil, video yang diambil tidak akan berkurang kualitasnya.

7. Ringan untuk Dibawa

Prosesor yang kecil dan sensor berteknologi tinggi membuat kamera 60D sangat compact untuk dibawa. Bahkan kamera ini cocok untuk ditaruh di dalam kantong kecil saja, tidak perlu membawa tas.

Salah satu alasan traveler sangat menyukai seri 60D adalah keunggulan satu ini. Traveler mana yang tidak mau punya kamera sangat ringan yang bisa memotret pemandangan dengan epik?

Selain dari segi ukuran, kamera 60D juga ringan untuk dipelajari penggunanya. Semakin sering mengombinasikan setting yang terdapat di kamera, seorang pengguna 60D akan makin pro dan enggan beralih ke kamera lainnya.

Spesifikasi Lengkap Kamera Canon EOS 60D

Kamera Canon 60D dirilis pada tahun 2010, tepat setahun setelah 600D lahir, akan tetapi keduanya memiliki pangsa pasar yang berbeda. Jika seseorang menginginkan kamera sederhana untuk bepergian, jelas pilihannya harus jatuh pada seri 60D. Seri satu ini menggunakan prosesor DIGIT 4 dengan format lensa APS-C.

Terkait dengan kemampuan mengambil gambar, seri 60D bisa mengoreksi fokus foto hingga 9 kali. Meski ukuran viewfinder-nya 96% dari aslinya, hal ini tidak akan mengganggu pengguna. Selain soal fokus, 60D memiliki kemampuan menjepret 5 foto sekaligus.

Saat membeli satu set Canon 60D, konsumen akan mendapatkan banyak alat dalam satu paket. Alat-alat dalam set kamera 60D sangat direkomendasikan untuk dimiliki orang-orang yang ingin belajar fotografi dengan serius.

Akan tetapi, seri 60D tidak dilengkapi dengan kartu memori dan lensa tambahan. Selain itu di dalamnya juga tidak terdapat wireless. Jadi sebelum menggunakan, pengguna 60D harus terlebih dulu membeli kartu memori sendiri.

Jika ingin memindahkan foto dari kamera ke perangkat lain, maka kartu memori tersebut harus dilepas terlebih dulu. Secara keseluruhan, Canon 60D adalah kamera terbaik untuk mempelajari fotografi sebelum melangkah ke jenjang yang lebih profesional.

Harga Kamera Canon EOS 60D Terbaru

Pertama-tama, perlu ditekankan bahwa harga Canon 60D sangatlah murah. Dibandingkan dengan kamera keluaran Canon seri lainnya, 60D termasuk yang termurah. Jika ingin membeli body kameranya saja, harga keluaran barunya adalah 4 sampai 7 juta, sedangkan bekasnya 2 sampai 3 juta.

Akan tetapi jika yang ingin dibeli memang seri 60D, direkomendasikan untuk membeli langsung satu set. Sebab isi satu set bukan hanya kamera, charger baterai, dan tali strap saja. Tapi juga eyecup, USB, kabel AV, dan panduan mengambil gambar epik.

Apakah bisa mengambil gambar epik dengan Canon 60D? Tentu saja, meski di awal disebut kamera ini bukan pilihan utama profesional, kamera ini yang terbaik untuk mengambil foto angkasa. Melalui buku panduan yang disediakan, kamera ini bisa mengambil berbagai konstelasi bintang dengan jelas, tanpa blur, sekaligus bermode polaroid.

Demikianlah informasi lengkap tentang Canon 60D beserta review dan spesifikasinya. Ingin belajar fotografi tingkat tinggi sekarang juga? Segera cek harga kamera 60D dan beli sekarang juga.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Kamera Canon EOS M10
Read More

Canon EOS M10

Canon mengeluarkan produk terbarunya yang bernama Canon EOS M10 yang kaya akan fitur canggih. Bicara tentang kamera di…