Sebagian orang membeli kamera namun lupa Cara Menggunakan Kamera DSLR dengan baik dan benar yang dapat berakibat kerusakan pada kamera yang mereka punya.

Pada hari ini pembahasannya adalah mengenai cara menggunakan kamera DSLR. Umumnya kamera DSLR banyak digunakan oleh komunitas fotografi karena hasil dari kamera ini sangatlah bagus.

Terciptanya kamera DSLR ini sangatlah membantu para pecinta fotografi di mana hasilnya akan terlihat lebih detail dan jernih.

Kualitas gambar dan pesona dari kamera DSLR sangatlah mencengangkan dibandingkan dengan kamera keluaran sebelumnya yang berupa digital.

Efek yang diciptakannya lebih bagus, latar belakang yang buram bisa membantu para fotografer untuk menciptakan tema dari hasil fotonya. Perbedaan paling utama yaitu pada komponen dan penerimaan cahaya yang pada akhirnya menghasilkan gambar yang bagus.

Kamera DSLR juga dibekali berbagai macam lensa yang fungsi dari lensa-lensa tersebut adalah untuk membidik subyek yang dikehendaki oleh fotografer.

Hasil bidikannya bisa diperbesar, diperjelas dan efek cahaya yang dihasilkan bagian latar bisa diburamkan sehingga menonjolkan apa yang diharapkan oleh fotografernya.

Bagi yang memiliki hobi fotografi pembahasan mengenai cara menggunakan kamera DSLR sangatlah akan membantu, terutama bagi para pemula. Ada beberapa jenis type dan merk, kamera DSLR, masing-masing memiliki cara penggunaannya tersendiri.

Pada artikel kali ini akan membahas secara umum cara penggunaannya.

Cara Menggunakan Kamera DSLR
Cara Menggunakan Kamera DSLR

Mengenal Fungsi Tombol Pada Kamera

Sebelum melangkah kebagian cara menggunakan kamera DSLR, ada baiknya mengenali fungsi dari beberapa fitur yang ada di kamera DSLR.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai fitur-fitur yang ada pada kamera DSLR.

1. Kenali Lebih Dulu Fungsi Tombol di Kamera DSLR

Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR
Fungsi Tombol Pada Kamera DSLR

Tombol AF fungsinya untuk mengunci subyek focus, sehingga gambar yang dihasilkan bisa lebih tajam. Apabila subyek bergerak maka tekan terus dan ikutilah subyek tersebut hingga didapat hasil yang diharapkan. Kesemuanya tombol yang ada di kamera DSLR memiliki fungsi yang penting untuk hasil maksimal.

2. Pahami Mode yang Ada di Kamera DSLR

Bagian mode Aperture dan Shutter sebaiknya diatur secara otomatis saja bagi para pemula, supaya lebih mudah menggunakannya meskipun tersedia dalam mode manual juga. Fungsinya adalah untuk bisa memotret dengan lebih mudah dan lebih beragam.

3. Kenali Fungsi White Balance

Banyak kasus ditemui bagi para pemula yang semula hendak memotret langit biru hasilnya malah menjadi merah. Cara menanganinya yaitu masuk ke menu custom white balance, agar warna yang dihasilkan sesuai dengan aslinya.

4. Kenali Apakah Histogram Itu

Komponen yang satu ini sangatlah penting dalam menyeting kamera, karena menu histogram ini bisa mengetahui hasil foto apakah sudah sempurna atau belum. Apakah cukup terang, terlalu terang atau malah terlalu gelap. Semua bisa disetting di menu ini.

5. Kenali Automatic Exposure Bracketing

Fitur yang satu ini jarang digunakan oleh para fotografer pemula. Hanya untuk pelengkap saja agar hasil akhir foto tetap bagus meskipun diambil dalam kondisi cahaya yang sangat terang.

Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

Cara Memegang Kamera
Cara Memegang Kamera

Setelah mengetahui beberapa fitur pokok pada kamera DSLR, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan kamera DSLR. Berikut pembahasannya secara umum dan secara singkat bagi para pemula:

1. Cara Memegang Kamera

Sebelum melangkah ke cara menggunakan kamera jenis DSLR yang benar, maka tak ada salahnya mempelajari cara memegang kameranya terlebih dulu. Banyak pemula yang canggung dengan bodi besar kamera DSLR.

Memegang kamera digital, hp dan kamera lainnya tidak sama dengan memegang kamera DSLR yang bodinya terbilang lebih besar. Namun tak ada salahnya  tetap mencoba dalam posisi mengambil subyek haruslah tetap menyesuaikan dengan kamera tersebut sesegera mungkin.

Bagian tangan kiri memegang bagian moncong kamera yang fungsinya bisa untuk menahan lensa kamera, sehingga bisa memutar-mutar lensanya untuk mencari titik fokus yang tepat.

Sedangkan tangan kanan pada bagian tepi kanan kamera dan tetap pada posisi yang mudah dalam menjangkau tombol-tombol penting kamera di bagian kanan.

2. Cara Melepas Shutter

Selanjutnya adalah mengenai penggunaan tombol shutter. Jangan melepas tombol shutter dengan cara setengah menekan saja, karena hasil yang didapat malah fokus lensa menjadi kurang bagus. Harus menekan dengan cara penuh agar hasil fotonya jernih dan tajam, jadi cukup perhatikan cara kapan harus melepas shutter secara penuh.

3. Cara Mengunci Fokus

Hal berikutnya yang penting yaitu harus bisa menentukan subyek focus yang hendak dijadikan sasaran foto. Bila tidak menentukan sasaran fokusnya maka hasil foto yang dihasilkan akan blur.

Caranya dengan menentukan subyek kemudian tentukan latar belakangnya, mau di posisi subyek di tengah atau di pinggir. Kuncilah subyek yang menjadi fokus foto, kemudian tekan tombol shutter dan jadilah hasil gambarnya.

4. Cara Membidik Subyek Supaya Jelas

Sebuah foto yang hasil fotonya bisa didapat dengan jelas dan jernih saat pengambilan gambarnya haruslah memperhatikan pencahayaan dan beberapa komponen lainnya. Setting tombol harus dibuat pas sehingga subyek yang diambil gambarnya bisa tampak jelas dan detil.

Agar lebih mudah tetap diposisikan pada menu otomotis untuk kamera DSLRnya, terutama bagi pemula. Otomatis dibuat untuk memudahkan, bila dirasa sudah cukup menguasai kamera DSLR maka bisa berpindah ke menu manual yang bisa diubah-ubah sekehendak hati.

Hasil yang didapat pun akan menjadi lebih kreatif, sesuai yang diharapkan sang fotografernya.

5. Cara Menggunakan Flash Kamera

Selanjutnya, pahami tentang fungsi dari flash kamera. Fungsi dari flash yaitu bisa menambah kesan lebih bagus, untuk pencahayaan apabila subyek yang hendak diambil terlalu gelap.

Namun, jika salah dalam penggunaan Flash maka hasil foto yang ada malah terlalu terang dan menjadi tidak terlihat subyeknya.

Sebaiknya diatur terlebih dulu dalam penggunaan Flash pada kamera DSLR. Penggunaan Flash jangan digunakan pada tempat yang sudah cukup cahaya. Gunakan pada ruangan atau subyek yang pencahayaannya kurang saja. Semua untuk menghindari hasil yang tidak diinginkan.

Pentingnya Mengetahui Cara Menggunakan Kamera DSLR

Cara Menggunakan Kamera DSLR yang Baik dan Benar
Cara Menggunakan Kamera DSLR yang Baik dan Benar

Bagaimana pun cara menggunakan kamera DSLR tetap tidak bisa dipelajari hanya dengan membaca saja, semuanya harus dipraktekkan. Hasil yang didapat dari praktek dengan mencari subyek hingga mengambil gambarnya akan lebih maksimal apabila dilakukan secara terus menerus.

Hanya dengan praktek maka pemula akan menjadi lebih profesional karena telah menguasai kamera DSLRnya.

Banyak fotografer handal belajar secara otodidak tanpa mempelajari secara detail di awal. Berjalannya waktu ke waktu maka bisa menjadikannya mahir dalam menguasai kamera DSLRnya.

Jadi tetap semangat perlu ditekuni dalam menjalankan apa yang diinginkan untuk mencapai sebuah impian menjadi seorang fotografer. Jangan lupa untuk merawat kamera bila telah menggunakannya.

Bersihkan secara berkala kamera DSLR bagian luar atau bodinya menggunakan kain kering dan lembut. Apabila hendak membersihkan lensa hindari membersihkannya di tempat terbuka yang banyak debu beterbangan karena malah membuat lensa menjadi tergores saat membersihkannya.

Letakkan kamera jauh dari air, debu dan guncangan-guncangan karena akan membuat kamera menjadi cepat rusak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Fujifilm Instax Mini 7s
Read More

Kamera Langsung Cetak

Bagi pecinta travelling mungkin sudah bukan hal yang asing menggunakan kamera langsung cetak. Mengabadikan setiap momen bersama orang…
Kamera Nikon D3100 Terbaru
Read More

Kamera Vlog Termurah

Pemilihan Kamera Vlog Termurah yang berkualitas tentunya menjadi dasar penting hasil dari sebuah video yang bagus. Fenomena  vlogger…
Kamera untuk Pemula Terbaik
Read More

Kamera untuk Pemula

Bagi kamu yang baru memulai terjun ke dunia fotografi dan videografi tidak ada salahnya memahami lebih dahulu tentang…