DJI mengeluarkan drone berukuran mini bernama DJI Mavic Mini yang sangat cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti wedding, traveling dan lainnya.

Mau tahu kehebatan drone terbaru hasil produksi perusahaan teknologi asal Tiongkok satu ini yaitu Drone DJI Mavic Mini ? Baru-baru ini DJI kembali lagi menujukkan taringnya dengan mengeluarkan produk drone terbarunya yang diberi nama ‘Mavic Mini’.

Jika dilihat dari segi namanya, Anda pastinya sudah tahu kalau drone buatan DJI kali ini akan memiliki body berukuran kecil, tidak hanya itu ternyata soal bobot drone Mavic Mini ini juga sangat ringan sekali.

DJI Mavic Mini adalah salah satu drone terkecil dan teringan di dunia yang memiliki kekuatan mumpuni. Drone tersebut pastinya pas diandalkan untuk kebutuhan fotografi atau pun videografi.

Adapun cara penggunaannya sendiri, DJI mengklaim kalau drone buatannya kali ini jauh lebih mudah dioperasikan, bahkan bagi pemula sekalipun.

Mau tahu informasi lebih lengkapnya mengenai Mavic Mini? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Review DJI Mavic Mini

Review DJI Mavic Mini Terbaru
Review DJI Mavic Mini Terbaru

Telah resmi dirilis ke pasaran kini drone terkecil dan teringan di dunia milik DJI lagi hits, dan banyak dicari oleh pecinta drone. Meluncur dengan nama Mavic Mini, jika dibandingkan dengan drone DJI terbaik pendahulunya ternyata seri drone satu ini memiliki keunikan tersendiri, khususnya di bidang ukuran.

Bahkan drone tersebut diklaim menjadi drone paling kecil di dunia yang pernah dibuat DJI.

Lalu untuk bobotnya sendiri, DJI Mavic Mini tercatat hanya memiliki bobot sekitar 249 gram saja. Tidak hanya ringan, ternyata pengguna juga bisa melipat drone tersebut dengan sangat mudah, itu artinya drone ini bisa digenggam dengan satu tangan saja.

Ingin membawa drone saat traveling? Tak perlu khawatir, drone DJI terbaru ini pas banget untuk Anda bawa kemana-mana layaknya sebuah smartphone.

Anda pun juga tidak perlu khawatir akan melanggar regulasi penerbangan, misalnya saja jika Anda ingin membawa drone Mavic Mini tersebut bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri sekalipun.

Tak perlu khawatir soal ukurannya yang mini, sebab drone DJI ini benar-benar dibekali dengan berbagai kehebatan, Anda pastinya akan menemukan banyak sekali fitur unggulan di dalam drone tersebut yang tidak Anda temukan di drone DJI lainnya.

DJI telah membekali drone Mavic Mini dengan kamera lensa 12 MP dengan sensor CMOS ukuran ½.3 inch.

Kabar baiknya, ternyata kamera Mavic Mini ditopang oleh gimbal 3 Axis, jadi jangan heran kalau drone DJI ini akan mampu merekam video dengan sangat stabil dan tanpa getaran.

Soal video, drone milik DJI memang cukup bisa diandalkan untuk merekam video beresolusi 2.7K dan dengan Frame Rate 30 fps. Juga ada perekaman video 1080 p dengan Frame Rate 60 fps.

Drone DJI Mavic Mini bahkan diklaim kuat mengudara hingga 30 menit. Lalu untuk banderolan harganya sendiri, DJI telah membanderolnya dengan kisaran harga Rp 5.5 juta rupiah.

Namun demikian, apabila Anda tertarik untuk mendapatkan bonus-bonus menarik, seperti baling-baling, pelindung baling-baling, baterai ekstra, dan tas drone yang keren, maka Anda perlu menambah sekitar Rp 1.4 juta rupiah.

Fitur Unggulan Mavic Mini

Fitur Unggulan Mavic Mini
Fitur Unggulan Mavic Mini

DJI Mavic Mini adalah drone terbaik dan terbaru di 2019 yang mudah dilipat maupun dimasukkan ke dalam saku dan tas.

Dalam produksinya, DJI ternyata mengambil teknologi terkini agar drone buatannya tersebut lebih mudah dilipat dan membuatnya lebih kecil.

Drone Mavic Mini pada dasarnya ditujukan secara khusus bagi para kreator yang menghargai portabilitas.

Namun meskipun demikian tak berarti DJI akan memangkas fitur-fitur unggulannya. Adapun fitur unggulan Mavic Mini yang pertama adalah drone ini mampu menangkap rekaman video 2.7K pada 30 fps, atau pun rekaman 1080 p pada 60 fps.

1. Ringan dan Mudah Dibawa

DJI Mavic Mini hadir dengan ukuran yang sangat portabilitas dengan berat yang cukup ringan sebesar 249 gram yang di klaim merupakan drone paling ringan di dunia untuk saat ini.

Ukurannya yang mini sangat cocok dijadikan teman traveling atau hangout untuk mengabadikan momen terbaik mu.

Bagi yang sering traveling, drone ini disarankan karena tidak memakan space yang besar untuk dibawa ke kabin atau di koper.

2. Flight Time up to 30 Menit

Mavic Mini menjadi drone berukuran kecil yang memiliki kemampuan terbang hingga 30 menit. Angka yang cukup besar untuk sekelas drone kecil ini.

Pada umumnya hanya drone dengan level medium – high yang mampu terbang hingga 30 menit.

3. Jangkauan Terbang Hingga 4 Kilometer

Drone mini seperti ini biasanya tidak mampu terbang jauh. Dengan hadirnya mavic mini ini di claim mampu terbang hingga 4 kilometer.

Mavic Mini telah dibekali dengan transmisi video berkualitas HD yang sangat baik untuk membantu memonitoring antara kamera di drone dengan monitor yang ada di remote.

Angka yang cukup jauh dibandingkan kompetitornya yang mungkin dibawah 4km.

Rasanya 4 kilometer adalah angka yang cukup untuk mengabadikan momen terbaikmu.

4. Vision Sensor + GPS Precise Hover

Dilengkapi dengan vision sensor yang sangat bagus untuk membantu meminimalisir terjadinya crash dan tabrakan.

Sensor ini berguna untuk menghentikan laju drone ketika mendapati hambatan atau penghalang tepat berada di sensor yang dia miliki.

Guna keamanan, Mavic Mini memiliki GPS Precise Hover yang sangat membantu ketika terjadinya lost signal antara remote dengan aircraft drone.

5. Memiliki 3-Axis Gimbal untuk Hasil Terbaik

Drone sekecil ini sudah dilengkapi dengan 3-Axis Gimbal yang sangat membantu memberikan hasil terbaik dari segi foto dan video.

3-Axis Gimbal membantu kamera merekam dan mengambil gambar lebih stabil karena ada motor yang membantu menahan goncangan dari gerakan ataupun angin.

Dengan begitu drone DJI Mavic Mini akan mampu mendukung kegiatan fotografi maupun videografi penggunanya agar tetap stabil dan memberikan hasil terbaik dan berkualitas.

Kan gak lucu ya ambil video di udara tapi hasilnya malah kabur/ngeblur karena kameranya tidak stabil di udara.

6. Mudah Digunakan

Tak hanya memberikan space yang luas untuk para pecinta traveling, drone yang satu ini ternyata juga sangat mudah digunakan.

Tapi perlu diingat Anda harus memahami terlebih dahulu dasar-dasar yang harus diperhatikan sebelum menerbangkan drone.

Jika belum mahir mengoperasikan drone, ada baiknya perbanyak latihan mengendalikan drone di tempat yang luas dan terhindar dari banyak orang seperti lapangan.

Hal itu dilakukan untuk memperkecil terjadinya kecelakaan yang dapat mengenai diri sendiri dan orang lain.

Tak hanya mudah digunakan, Mavic Mini juga memiliki fitur editing foto dan video yang sudah tersedia di aplikasi DJI GO 4. Bagi yang ingin langsung mengolah foto dan video yang diambil bisa langsung melalui smartphone dan unggah ke media sosial yang Anda miliki.

7. Tersedia Fitur QuickShots Mode

Drone DJI Mavic Mini yang satu ini telah dibekali dengan QuickShots Mode yang sangat keren banget loh. Beberapa mode QuickShots yang ada di drone mini ini adalah sebagai berikut.

Dronie

Mode ini mengambil objek secara otomatis dengan style menjauh, artinya drone akan mundur dan terbang meninggi menjauh objek yang sudah ditentukan.

Rocket

Layaknya sebuah Rocket, mode pengambilan gambar pada mode ini mengambil objek gambar secara vertikal lurus keatas sejajar dengan kepala dan posisi target.

Circle

Mode Circle mengambil objek gambar dengan cara mengelilingi target searah dengan arah jarum jam dengan ketinggian yang tidak berubah seperti disetting diawal.

Helix

Mode ini mirip dengan Circle, bedanya mode ini mengelilingi target dan menggunakan ketinggian yang bervariasi.

8. Smooth Motion untuk Kebutuhan Cinematic

Smooth Motion memberikan hasil video terbaik bagi Anda yang mencintai dunia videografi dan sinematografi.

Kelebihan DJI Mavic Mini

Bicara soal keunggulan dan kelebihan, tentunya Drone Mini yang cocok dibawa pergi kemana-mana memiliki segudang kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki ukuran yang cukup kecil
  2. Memiliki bobot yang ringan, yakni 249 gram
  3. Bisa dilipat dengan mudah
  4. Kamera ditopang dengan gimbal 3 Axis
  5. Dibekali dengan sensor CMOS berukuran ½.3
  6. Bisa merekam video dengan resolusi 2.7K
  7. Diklaim kuat mengudara hingga 30 menit
  8. Ditawarkan dengan harga murah
  9. Konsumen berkesempatan untuk mendapatkan berbagai bonus-bonus menarik yang ditawarkan DJI

Kekurangan DJI Mavic Mini

Jika berbicara kekurangan, tentu saja ada drone yang memiliki kekurangan dan kelemahan. Yuk simak kekurangan yang ada di DJI Mavic Mini ini.

  1. Baterai yang dibawanya memiliki bobot 100 gram
  2. Hanya bisa dikendalikan dengan jarak maksimum 4 km
  3. Kamera yang digunakan masih sama dengan drone DJI lainnya
  4. Untuk mengendalikan drone tersebut Anda masih harus menginstal aplikasi DJI Fly

Spesifikasi Lengkap DJI Mavic Mini

Spesifikasi Lengkap DJI Mavic Mini
Spesifikasi Lengkap DJI Mavic Mini

Agar lebih yakin untuk membeli dan memiliki drone mungil ini, ada baiknya kita mengetahui spesifikasi dari drone tersebut. Spesifikasi terbaru dari drone DJI Mavic Mini bisa Anda cek seperti informasi berikut.

  1. Bobot Mavic Mini : 249 gram
  2. Maksimum ketinggian terbang : 3.000 meter dari atas permukaan laut
  3. Maksimum Flight Time : 30 menit (diukur pada saat terbang pada 14 Kpj di kondisi tidak berangin kencang)
  4. Suhu pengoperasian : 0 derajat – 40 derajat celcius
  5. Kamera : sensor ½.3 CMOS, Effective Pixels 12 MP
  6. Lensa : FOV 83 derajat, 35 mm Format Equivalent 24 mm, Aperture f/2.8, Shooting Range 1 m
  7. ISO range : video 100-3200, photo 100-1600, dan manual 100-3200
  8. Kecepatan shutter : Electronic Shutter 4-1/800s
  9. Resolusi hasil foto : 4 : 3, 4000 x 3000 dan 16 : 9, 4000 x 22500
  10. Mode fotografi : single shot, interval 2/3/5/7/30/50/60 p
  11. Maksimum bitrate video : 40 Mbps
  12. Sistem file : FAT32 dan exFAT
  13. Format foto : JPEG
  14. Format video : MP4
  15. Port USB : lightning, micro USB type B, USB type C
  16. Sistem transmisi video : enchanced WiFi
  17. Kualitas video live : 720 p, 30 fps
  18. Kapasitas baterai : 2.600 mAh

Perbedaan DJI Mavic Mini vs DJI Mavic Pro vs DJI Mavic Air

Perbedaan Drone DJI Mavic Series
Perbedaan Drone DJI Mavic Series

DJI hadir memperkenalkan beberapa varian drone seri menengah yang cocok digunakan untuk para traveller yang ingin mengabadikan momen mereka tanpa harus takut dan ribet dengan ukuran drone yang besar.

Akhir tahun 2019 DJI resmi mengeluarkan drone bernama DJI Mavic Mini yang merupakan kolaborasi dan perpaduan antara DJI Mavic dan DJI Spark.

sepertinya menjadi tahun yang paling tepat bagi DJI untuk memperkenalkan produk drone terbarunya, yakni DJI Mavic Mini.

Jika dibandingkan dengan produk drone DJI lain, Mavic Mini ternyata memiliki model yang sama seperti drone Mavic Pro, yang mana kedua drone tersebut sama-sama bisa dilipat dengan ringkas. Lalu untuk bobot total drone DJI ini hanya 249 gram dan itu sudah termasuk dengan microSD.

Kemudian untuk baterainya sendiri memiliki bobot 100 gram, yang artinya total mesin, baling-baling, dan komponen hanya memiliki bobot sekitar 149 gram. Apabila DJI Mavic Mini ini dilipat maka ukurannya hampir menyerupai smartphone Samsung Galaxy S10+.

Itu artinya Anda juga bisa memasukkan drone tersebut ke dalam kantong atau saku.

Lalu untuk ukuran dimensinya sendiri, Mavic Mini memiliki ukuran 140 x 82 x 57 mm. Drone DJI tersebut bahkan bisa dikendalikan dengan jarak maksimum 4 km dan bisa diterbangkan kurang lebih selama 30 menit.

Jika dilihat dari segi ukurannya, drone DJI Mavi Mini memang sama kecilnya dengan drone DJI Spark, tapi kemampuan rekam Mavic Mini ternyata sangat berbeda jauh.

Drone terbaru 2019 Mavic Mini memiliki kemampuan rekam video 2.7K pada 30 fps dan 1080 p pada 60 fps. Lalu kamera yang digunakan drone DJI terbaru tersebut ternyata masih sama dengan drone DJI lainnya, yakni menggunakan kamera berlensa 12 MP.

Namun demikian, apabila Anda ingin mengendalikan Mavic Mini ternyata Anda masih harus menginstal aplikasi DJI Fly, berbeda dengan aplikasi DJI Go, DJI Fly ternyata memiliki tampilan yang lebih kompleks.

Memiliki ukuran yang sama-sama kecilnya seperti Mavic Mini, drone Mavic Pro ini ternyata juga tidak kalah bagus dan hebatnya.

Banyak yang bilang, kalau drone milik DJI tersebut begitu kuat dan memiliki kemampuan mengubah langit menjadi kanvas kreatif pengguna dengan sangat mudah. Tidak hanya itu, drone Mavic Pro juga digadang-gadang bisa membantu pengguna untuk mengambil momen dari udara setiap saat.

Mavic Pro memiliki ukuran yang ringkas atau compact dengan tingkatan kompleksitas yang tinggi.

Selain itu, drone satu ini juga sudah dilengkapi dengan 24 High Performance Computing Cores, juga ada pula Al New Transmission System yang memiliki kemampuan jarak terbang 4.3 mill, 5 Vision Sensor, plus lensa kamera sama seperti Mavic Mini, yakni 12 MP.

Adapun fitur unggulan yang ditawarkan DJI lewat produk drone terbaiknya satu ini adalah fitur remote controlnya. Mavic Pro punya transmisi berteknologi OcuSync.

Ini merupakan salah satu fitur unggulan DJI yang berfungsi untuk menambahkan jarak navigasi sejauh 7 km dan mampu menawarkan Live Streaming Video 1080 p Full HD.

Sebenarnya, antara drone Mavic Mini vs Mavic Pro vs Mavic Air ternyata sama-sama bisa dilipat agar lebih ringkas. Itu artinya, ketiga drone milik DJI tersebut sama-sama mudah dibawa kemana pun penggunanya pergi.

Ketiga drone ini bahkan bisa diletakkan di dalam saku atau pun tas berukuran kecil sekalipun.

Mavic Air dibuat dengan menggunakan material metal magnesium alloy. Kemudian untuk desainnya sendiri Mavic Air memiliki desain ventelasi kipas yang efisien dalam membuang panas yang berlebih dan tentunya juga ada Arm pada drone tersebut.

Namun demikian ternyata soal bobot, drone Mavic Air lebih ringan jika dibandingkan dengan Mavic Mini, yakni 430 gram.

Lalu jika dilihat dari segi motor drone yang digunakan Mavic Air, ternyata drone tersebut diklaim hampir sama dengan Mavic Pro dan Mavic Mini.

Dimana memiliki motor yang sangat efisien sekali dan suara yang tidak bising dengan adanya teknologi desain terbaru yaitu Ecs FOC. Tapi sayangnya drone Mavic Air masih dibawah Mavic Mini dari segi baterai, yakni sekitar 2.375 MAH jenis 3S yang memberikan ketahanan hingga 21 menit saja.

Perbedaan DJI Mavic Mini Fly More Combo dan DJI Mavic Mini Basic

DJI Mavic Mini Fly More Combo
DJI Mavic Mini Fly More Combo

DJI menghadirkan dua varian paket bundling untuk produk terbaru mereka. Mereka menamakan paket pembelian untuk DJI Mavic Mini dengan dua sebutan yaitu : DJI Mavic Mini Fly More Combo dan Mavic Mini Basic.

Keduanya hanya memiliki perbedaan di jumlah item dan aksesoris yang di dapatkan. Lebih lengkapnya bisa Anda lihat informasinya berikut ini.

Item DJI Mavic Mini Drone Basic DJI Mavic Mini Drone Fly More Combo
Mavic Mini 1 1
Remote Controller 1 1
Intelligent Flight Battery 1 3
Pair of spare propellers 1 3
Micro USB cable 1 2
Gimbal protector 1 1
RC cable (Micro-USB connector) 1 1
RC cable (USB-C connector) 1 1
RC cable (lightning connector) 1 1
Pair of spare control sticks 1 1
Spare screws 6 18
Screwdriver 1 1
360° Propeller Guard 1 1
Two-Way Charging Hub 1 1
DJI 18W USB charger 1 1
Carrying Bag 1 1

Hasil Foto Drone Mavic Mini

Tidak hanya itu, drone ini dapat diandalkan untuk mengambil foto udara yang telah dibekali dengan lensa 12 MP bersensor ½ inch.

Drone Mavic Mini mampu merekam video hingga resolusi 2.7K (setara dengan 1530px * 2720px) yang memberikan kualitas video terbaik.

Fitur unggulan dari segi kamera yang telah disematkan ke dalam drone ini yaitu : FOV 83 derajat, 35 mm Format Equivalent, Aperture f/2.8, Shooting Range 1 M, ISO Range Video 100-3200, Photo 100-1600, Manual 100-3200 dan memiliki kecepatan shutter sekitar 4-1/8000s dan fitur menarik lainnya.

Setiap orang yang beli kamera tentu ingin mendapatkan hasil terbaik dari Gear yang mereka miliki. Nah sekarang kita mau bagikan beberapa hasil foto yang dihasilkan dari drone Mavic Mini.

Hasil Foto DJI Mavic Mini
Hasil Foto DJI Mavic Mini
Hasil Foto dari Drone DJI Mavic Mini
Hasil Foto dari Drone DJI Mavic Mini
Foto DJI Mavic Mini
Foto DJI Mavic Mini

Harga Drone DJI Mavic Mini Terbaru

Harga DJI Mavic Mini
Harga DJI Mavic Mini

Setelah membahas lengkap tentang drone Mavic Mini, sekarang kita mau share harga Drone DJI Mavic Mini di Indonesia.

DJI Mavic Mini Fly More Combo Baru Rp 7.700.000
DJI Mavic Mini Fly More Combo Bekas Belum Tersedia
DJI Mavic Mini Basic Baru Rp 5.500.000
DJI Mavic Mini Basic Bekas Belum Tersedia
Harga Drone DJI Lainnya

Demikian ulasan kita tentang drone mini yang cocok digunakan untuk segala macam kebutuhan kita. Nantikan ulasan lainnya seputar dunia fotografi hanya di kamera.id ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Swellpro Splash Drone 3
Read More

Drone Tahan Air

Pernah dengar Drone Tahan Air ? Wah mungkin ini menjadi sesuatu yang baru dan seru untuk kita bahas.…