Jenis Kamera

Jenis jenis kamera tentu banyak perubahan dan bentuknya sesuai dengan perkembangan jaman. Semakin canggihnya teknologi alat fotografi, maka akan semakin canggih jenis kamera yang dijual saat ini.

Sesuai dengan keinginan manusia dan makin tingginya animo tentang fotografi, kebutuhan standar kamera juga makin tinggi untuk mengabadikan kenangan dengan pengambilan gambar yang baik.

Arti dan Sejarah Kamera

Kamera adalah suatu alat yang bisa merekam suatu kejadian, yang sesuai dengan apa yang terlihat dengan mata. Dalam dunia fotografi, kamera yang dibutuhkan tentu lebih modern. Bedanya pada jaman dahulu kamera tidak disertai sebuah catatan pada gambar yang ditampilkan.

Namun kamera hanya berjalan secara manual dalam mengikuti jejak gambar terlihat.

Girolamo Cardiano meletakkan lensa pada kamera obscura, sebuah kotak hitam yang difungsikan menangkap bayang. Walau sebelumnya di abad 10 seorang cendikia muslim telah lebih dahulu menciptakan kamera ini, karena tengah mempelajari bagaimana kerja mata.

Benda satu ini menunjukkan cara bagaimana penggunaan cahaya bisa diproyeksikan pada gambar pada bidang permukaan datar.

Jenis-Jenis Kamera Sesuai Perkembangannya

Di bawah ini akan dijelaskan perkembangan kamera sesuai dengan perkembangan jaman. Semakin canggihnya teknologi, maka kamera pun berubah bentuk sesuai dengan keinginan pasar.

Semua produksi kamera bersaing untuk memproduksi kamera dengan berbagai bentuk dan kecanggihannya.

1. Jenis Kamera Tipe Obscura

Kamera Tipe Obscura
Kamera Tipe Obscura

Salah satu jenis kamera ini dibentuk seperti kotak yang memiliki ruang gelap, atau ruang kedap akan cahaya dalam kotak. Kamera yang terdiri dari kotak, tenda atau sebuah ruangan yang memiliki sebuah lubang yang kecil di satu sisi.

Namun kekurangan dalam kamera ini adalah difraksi akibat kurang tajamnya gambar yang buruk.

Namun pada abad 18 kamera ini telah menggunakan cermin, hal ini bisa menghasilkan gambar yang lebih jelas. Dengan bantuan cahaya dan jarak, dapat membantu pengambilan gambar yang diinginkan.

Kamera ini menggunakan lensa yang diletakkan di belakang kamera, tidak lagi menggunakan lubang jarum yang kecil yang dapat memperburuk gambar yang dihasilkan.

2. Kodak Model Brownie

Kodak Model Brownie
Kodak Model Brownie

Di awal pada tahun 1900an, teknologi mulai berkembang hingga mempengaruhi berubahnya model kamera. Model yang ditawarkan pada tahun tersebut berkembang jadi 2 jenis kamera, yakni kamera berbentuk kotak dan kamera yang bisa dilipat.

Sedangkan kamera yang memiliki nama sesuai dengan penciptanya yakni brownie adalah kamera dengan model yang bisa dilipat.

3. Jenis Kamera Korona

Kamera Korona
Kamera Korona

Pencipta kamera ini bernama Gundlach ini di daerah Rochester, kota New York, kamera ini sangat populer di jamannya.

Biasanya kamera ini digunakan di luar lapangan oleh para fotografer, karena ada bagian dari kamera ini yang menggunakan view fokus. Fungsi kamera sesuai dengan jenisnya, maka kamera lebih cocok memotret keindahan alam.

4. Kamera Nodak

Kamera Nodak
Kamera Nodak

Jenis jenis kamera mulai mengalami perubahan pada tiap dekadenya, itu semua di karenakan tekhologi yang mulai canggih. Hingga membuat perubahan besar pada dunia fotografi, orang-orang mulai mencari kamera yang lebih ringan dan praktis untuk dibawa kemana saja.

Maka terciptalah kamera dengan nama Nodak dengan singkatan North Dakota, yang populer pada masanya.

5.  Kamera Mercury Univex

Kamera Mercury Univex
Kamera Mercury Univex

Di tahun 1938, kembali dunia fotografi kedatangan dengan munculnya kamera model baru yang memiliki desain khas dan unik. Kamera dengan bentuk  bulan setengah , dengan shutter diatas ini terbuat dari bahan logam.

Lensa yang dimiliki oleh kamera ini menggunakan keunikan dalam sistem rotari yang berputar  memberikan beberapa pilihan kecepatan shutter.

6. Kamera dengan Lensa Berfokus

Kamera dengan Lensa Berfokus
Kamera dengan Lensa Berfokus

Kembali  kamera bermunculan dengan model jenis terbaru yang bermunculan sesuai dengan perkembangan jaman, kamera jenis ini memiliki konsep jenis bellow. Dengan penggunaan ekstensi lensa fokus ini sering digunakan para wartawan pada era 50an.

Penggunaan konsep ini terus berkembang hingga kemudian menjadi kamera model polaroid hingga di akhir era tahun 60an.

7. Kamera Model Imperial

Kamera Model Imperial
Kamera Model Imperial

Kamera terbaru, produksi keluaran dari Goerge Herbert Co. ini merupakan produk unggulan yang pernah diproduksi oleh perusahaan tersebut. Perusahaan yang terletak di daerah Chicago, Amerika Serikat ini, merupakan kamera resmi untuk pramuka.

Kamera yang memiliki warna-warna cerah ceria ini sangat sesuai dengan jiwa dan dunia anak-anak yang penuh dengan keceriaan.

8. Kamera Merk Zeiss Icon

Kamera Merk Zeiss Icon
Kamera Merk Zeiss Icon

Satu lagi terobosan dibuat untuk menambah jenis jenis kamera yang ada di dunia fotografi, kamera yang dibuat oleh 4 pencipta kamera. Dan nama Icon ini adalah bentuk suatu gabungan dari dua perusahaan yang berbeda.

Gabungan dua nama perusahaan ini dijadikan satu yaitu CA dan Con Tessa-Nettel, maka disatukan menjadi nama Icon.

9. Kamera Model Digital

Kamera Model Digital
Kamera Model Digital

Di akhir tahun 99 perusahaan Nikon dari Jepang, mengeluarkan sebuah kamera dengan kecanggihan teknologi tersendiri. Kamera model digital yang berlensa D1 yakni dengan resolusi lensa 2.7 megapixel, 4.5 fps ini, sering dipakai oleh para fotografer yang profesional.

Kamera dengan design kekinian sangat mudah dibawa kemana saja, karena bentuknya yang kecil.

10. Kamera Model Mirrorless

Kamera Model Mirroless
Kamera Model Mirroless

Teknologi fotografi membuat perubahan besar terhadap jenis jenis kamera yang ada di dunia fotografi. Seperti model mirroless ini adalah, kamera digital yang hampir menyerupai dengan DSLR.

Kamera ini dibentuk dengan design yang lebih kecil dan ringan. Kamera model mirroless yang diberi nama Epson R-D1 ini pertama kali diluncurkan di tahun 2004.

Pada dasarnya kamera ini tidak jauh beda dengan kamera DSLR. Perbedaan mendasar terletak di pentaprisma yang tidak dimiliki oleh kamera DSLR.

Kamera Mirrorless memiliki banyak nama lain seperti Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC), Compact System Camera (CSC), Mirrorless System Camera (MSC), Digital Single Lens Mirrorless (DSLM).

Ciri-Ciri Kamera Mirrorless

  1. Ukurannya yang relatif kecil
  2. Memiliki bobot kamera yang ringan.
  3. Lensa yang dapat diganti-ganti dengan lensa yang lain.
  4. Hasil bidikan yang dihasilkan bagus dan berkualitas.
  5. Memiliki fitur dan teknologi kekinian terbaru.

11. Kamera Model Medium Format

Kamera Model Medium Format 1
Kamera Model Medium Format 1

Kamera kembali mengalami perubahan bentuk, sesuai dengan kebutuhan pasar yang memerlukannya. Jenis kamera ini memiliki kelebihan dan ketajaman lensa yang tak dipunyai oleh kamera jenis DSLR lainnya.

Perlu diketahui kamera yang diciptakan khusus untuk keperluan komersial ini dibandrol dengan harga yang sangat fantastis, itu di karena kamera dapat menghasilkan gambar yang begitu mendetail.

Sesuai dengan fungsinya, maka lensa yang digunakan pun memiliki ketajaman yang sempurna, bahkan nyaris serupa dengan aslinya. Kamera jenis ini banyak digunakan para fotografer yang professional, yang dipakai jasanya oleh perusahaan tertentu, untuk mempromosikan suatu produk.

Biasanya yang dijadikan model pemotretan adalah produk utama yang telah menjadi produk unggulan perusahaan.

12. Tipe Jenis Kamera Model Compact

Kamera Model Compact
Kamera Model Compact

Sebelum masuk masa kamera model digital, sebuah perusahaan menawarkan satu lagi kamera model saku. Seperti kamera sebelumnya, kamera ini diciptakan dengan bentuk yang kecil dan berat yang ringan.

Bedanya kamera ini memiliki lensa yang cukup canggih dalam mengambil gambar, karena ketajaman gambar yang dihasilkan, hingga kamera ini menjadi idola di jamannya.

Kamera Compact ini biasa disebuat sebagai kamera saku (pocket camera) karena bentuknya yang sangat kompek dan kecil sehingga dapat dikantongin.

Banyak para pecinta foto dan videografi yang menggunakan kamera jenis ini untuk kemudahan dalam segala hal. Pengguna tinggal menghidupkan kamera dan jepret momen yang mereka ingin abadikan.

Para traveller juga banyak yang memilih jenis kamera compact karena mudah digunakan dan tidak ribet untuk dibawa. Ada berbagai macam merek kamera compact yang beredar di pasaran seperti Canon G7X Mark IIm, G7X Mark III dan merek camera compact lainnya.

Ciri-Ciri Camera Compact

Camera Compact mempunyai beberapa ciri yang dapat kita amati dengan mudah.

  1. Memiliki mode exposure manual
  2. Mempunyai sensor kamera yang besar
  3. Terdapat pilihan format foto RAW
  4. Memiliki dudukan hotshoe untuk meletakkan aksesoris kamera tambahan seperti flash external, mic external dan lainnya.

13. Jenis Kamera Model Butik

Kamera Model Butik
Kamera Model Butik

Satu lagi model kamera muncul dengan desain baru yang lebih kecil. Sama dengan kamera yang bisa dimasukkan dalam saku ini, juga memiliki perawakan kecil dan ringan.

Kamera ini mengusung teknologi yang canggih, dengan sensor layar penuh ini bisa melebihi kecanggihan DSLR. Namun harga yang ditawarkan  cukup mahal pada masa itu.

Kamera Butik telah menggunakan Sensor Fullframe (Leica M9) atau APS C ( X100 ) yang dapat menghasilkan kualitas gambar terbaik.

Kai W, seorang Fotografer dari Hongkong mengatakan bahwa Kualitas Kamera Butik jauh lebih bagus dibandingkan kamera Fullframe DSLR.

14. Kamera Prosumer

Kamera Prosumer
Kamera Prosumer

Prosumer adalah jenis kamera yang memiliki kemampuan point and shoot dengan fitur yang lebih canggih dibandingkan camera pocket.

Prosumer sendiri berasal dari gabungan kata PROfesional dan conSUMER yang artinya cocok digunakan untuk mereka yang ingin mendapatkan kamera dengan fitur profesional.

Jenis kamera ini memiliki pengaturan seperti pada umumnya yaitu : exposure, ISO, RAW Image dan fitur terbaik lainnya. Beberapa contoh prosumer camera adalah Canon PowerShot S90, PowerShot G11, Panasonic Lumix DMC-LX3 dan Nikon Coolpix 8700.

Ciri-Ciri Kamera Prosumer

Agar mudah mengenali jenis kamera ini, ada baiknya kita mengetahui ciri-ciri dari kamera Prosumer.

1. Kamera Prosumer Berbentuk Kamera Digital SLR (DSLR-like)

Model Kamera Prosumer ini sering disebut Bridge Camera yang artinya lensa kamera tidak dapat digonta-ganti. Biasanya lensa kamera yang terdapat di Prosumer DSLR Like memiliki focal leght yang besar sehingga dapat zoom objek yang berjarak cukup jauh dari si fotografer.

2. Kamera Prosumer Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC)

MILC merupakan model kamera prosumer yang lensanya dapat dilepas. Namun terdapat beberapa catatan. MILC tidak mempunyai Cermin Reflex dan Optical Viewfinder.

Sebagai gantinya hanya terdapat Electronical Viewfinder atau layar LCD saja. Dikatakan Bridge Camera, karena awalnya digunakan sebagai jembatan antara camera pocket dan Kamera digital SLR. Tentunya kamera jenis ini sudah mempunyai mode PSAM (Program, Speed, Aperture/Diafragma dan Manual) seperti yang ada di Kamera DSLR.

15. Bridge Camera

Bridge Camera
Bridge Camera

Advanced Compact Camera atau yang biasa disebut dengan bridge camera merupakan jenis kamera yang levelnya diatas pocket camera.

Sedikit yang membedakan antara kamera pocket dengan kamera bridge ini dari segi settingan kamera. Pada Bridge Camera, pengguna dapat melakukan pengaturan manual seperti exposure, ISO, shutter speed dan sebagainya.

Lensa kamera tidak bisa diganti seperti yang ada di kamera DSLR. Salah satu contoh jenis kamera bridge ini adalah Fujifilm Finepix S4600, Canon PowerShot G15 dan sebagainya.

Kelebihan Bridge Camera

Ada beberapa kelebihan yang harus kita ketahui yang terdapat di Bridge Camera.

Fitur Zoom Terbaik

Bridge Camera memiliki kemampuan zoom 50x-60x pembesaran gambar sehingga para pengguna kamera ini tidak perlu ribet jika harus mengambil objek gambar yang jauh dari posisinya saat itu.

Memiliki 5-Axis Image Stabilization

Tidak semua kamera memiliki fitur 6-Axis yang dapat membantu para penggunanya untuk mendapatkan hasil foto dan video terbaik dalam berbagai keadaan.

Biasanya 5-Axis ini bekerja pada mode video bergerak, sehingga dapat meminimalisir terjadinya shaking video ketika pengguna mengambil video dengan cara bergerak seperti berjalan ataupun lari.

Kekurangan Bridge Camera

Bicara soal kelebihan tentu ada yang namanya kelemahan. Adapun beberapa kekurangan yang terdapat di dalam kamera Bridge ini adalah sebagai berikut.

Performa Kamera Kurang Powerfull

Kamera jenis bridge pada umumnya digunakan untuk motret di dalam ruangan (indoor) atau ditempat yang memiliki pencahayaan terbatas karena ISO minimal yang dimiliki 200. Masalah seperti ini dapat diatasi dengan menggunakan Flash.

Hanya saja tidak semua kamera bridge memiliki slot hotshoe sebagai dudukan slot flash external dan aksesoris tambahan kamera lainnya.

16. Kamera Consumer DSLR

Kamera Consumer DSLR
Kamera Consumer DSLR

DSLR atau yang disingkatan Digital Single Lens Reflex ini merupakan jenis kamera yang laris di pasaran.

Berukuran lebih besar dari kamera pocket dan mempunyai settingan kamera terbaik di dalamnya. Pengguna dapat memilih mode otomatis atau manual ketika ingin mengambil sebuah gambar dan video.

Salah satu perbedaan mencolok antara camera pocket dengan camera DSLR terletak di ukuran sensor kameranya. Tentunya Sensor DSLR jauh lebih besar dari camera pocket sehingga kualitas foto dan video yang dihasilkan juga lebih baik.

Salah satu contoh kamera DSLR yang sering kita jumpai seperti Kamera Canon EOS 600D, Nikon D3100, Canon EOS 700D dan masih banyak tipe kamera DSLR terbaik lainnya.

Jika dikelompokkan berdasarkan jenis, Kamera DSLR dibagi menjadi beberapa bagian seperti : Consumer Level DSLR, Semi Pro DSLR, dan Professional DSLR.

17. Jenis Kamera Pada Smartphone

Kamera Pada Smartphone
Kamera Pada Smartphone

Semakin canggihnya teknologi membuat jenis jenis kamera yang ditawarkan pun semakin banyak, bahkan penyatuan teknologi yang berbeda fungsi.

Seperti penyatuan ponsel dan kamera, hingga terciptalah kamera pada smartphone, kini banyak digunakan oleh para fotografer dan para penyuka swafoto, bahkan beberapa smartphone memiliki beberapa lensa untuk mempertajam gambar yang dihasilkan pun menjadi baik.

Dengan banyak bermunculannya jenis jenis kamera ini juga bisa memudahkan para fotografer, untuk memilih, kamera mana yang sesuai dengan keinginannya.

Terutama yang menawarkan jasa pemotretan, kamera dengan fokus yang baik dan menghasilkan ketajaman gambar yang bagus, menjadi kamera pilihan.

Namun, kamera pada smartphonelah yang paling banyak digunakan oleh para penyuka fotografi.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Kamera Polaroid Terbaik dan Berkualitas
BACA YUK!

Kamera Polaroid

Saat ini khususnya dikalangan anak muda, instant camera atau kamera polaroid sangat digemari. Selain bisa melihat langsung hasil…
Canon PowerShot G1 X Mark II
BACA YUK!

Kamera Pocket Terbaik

Mengabadikan moment indah dengan kamera pocket terbaik 2019 merupakan hal yang mengesankan. Apalagi seiring berkembangnya teknologi, perusahaan kamera…
Kamera Nikon D3100 Terbaru
BACA YUK!

Kamera Vlog Termurah

Pemilihan Kamera Vlog Termurah yang berkualitas tentunya menjadi dasar penting hasil dari sebuah video yang bagus. Fenomena  vlogger…
Fujifilm Instax Mini 7s
BACA YUK!

Kamera Langsung Cetak

Bagi pecinta travelling mungkin sudah bukan hal yang asing menggunakan kamera langsung cetak. Mengabadikan setiap momen bersama orang…