Kamera DSLR Terbaik

Kamera Digital Single Lens Reflex atau yang sering disebut Kamera DSLR Terbaik ini merupakan kamera yang sering digunakan oleh fotografer. DSLR bekerja dengan memanfaatkan cermin mirror yang diteruskan ke lensa viewfinder.

Kamera DSLR Terbaik untuk Pemula dan Profesional

Jenis kamera ini banyak diminati karena menghasilkan foto terbaik. Juga dapat digunakan oleh pemula hingga profesional.

Bicara soal harga, kamera DSLR memiliki berbagai macam varian harga, mulai dibawah 10 juta hingga puluhan juta juga ada. Oleh sebab itu kita akan bagikan informasi seputar kamera DSLR terbaik di tahun ini baik untuk pemula ataupun profesional sehingga dapat menghasilkan foto dan video terbaik.

Berikut ulasan kamera DSLR terbaik yang diminati banyak orang.

Canon EOS 5D Mark IV

Canon EOS 5D Mark IV
Canon EOS 5D Mark IV

Secara naluriah bagi seorang fotografer yang handal, akan memiliki kepusan tersendiri jika hasil foto maksimal. Bagi fotografer profesional kamera ini menjadi rekomendasi pilihan yang sangat tepat.

Menghasilkan foto yang sempurna merupakan penawaran dari kamera ini. Sensor full frame CMOS yang memiliki resolusi 30.4 megapiksel dengan tingkat sensitif sampai ISO 32000.

Dari kemampuan yang dimiliki, fotografer dapat menggunakan Canon EOS 5D Mark IV untuk bermacam-macam kebutuhan.

Contohnya seperti untuk memotret pemandangan di siang maupun malam hari, foto studio, kebutuhan periklanan dan dokumentasi acara penting.

Kamera ini memiliki fitur Intelligent Scene Analysis. Teknologi ini akan menunjang kualitas foto yang dihasilkan secara maksimal.

Biasanya fitur Intelligent Scene Analysis ini, digunakan dalam pengambilan gambar secara beruntun dengan hasil konsisten.

Canon EOS 5D Mark IV juga memfasilitasi dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF. Fasilitas dari teknologi Dual Pixel CMOS AF berfungsi untuk mengambil objek dengan gerakan yang cepat dan menghasilkan gambar yang akurat.

Pengambilan objek yang bergerak cepat dan hasil akurat ini dapat diaambil dalam posisi potrait dan landscape.

Tentunya bagi pecinta fotografer membutuhkan prosesor yang baik. Prosesor yang dimiliki dari kamera ini jenis Image DIGIC 6+. Kualitas prosesor DIGIC 6+ menunjang kamera untuk menggunakan fitur-fitur yang dijalankan lebih cepat.

Sehingga bidikan foto yang  dihasilkan secara berurutan hingga 7 frame per detik, baik di indoor maupun outdoor.

Untuk mendeteksi intensitas cahaya, DSLR ini dibekali fitur anti-flicker. Dalam melacak pergerakan objek gambar dibekali Intelligent Tracking and Recognition System (iTR-AF). Selain itu, kamera ini digunakan tak hanya untuk fotografi.

Rekaman video yang dihasilkan mempunyai resolusi 4K. Hasilnya dapat dipindahkan secara mudah ke hp atau laptop secara manual dan WiFi.

Jangan heran dengan segudang fasilitas yang ditawarkan juga dapat mempengaruhi harga penjualannya. Salah satu kamera DSLR terbaik ini tidak cocok bagi yang berdompet tipis. Karena harga yang ditawarkan berkisar Rp60.000.000,-.

Selain itu, penggunaan kamera DSLR ini harus yang sudah profesional karena cukup rumit sehingga dapat menyulitkan bagi para fotografer pemula.

Nikon D5200 – Kamera DSLR terbaik dengan Layar Fleksibel dengan Harga Terjangkau

Nikon D5200
Nikon D5200

By the way, hal yang pertama dibayangkan oleh seorang fotografer tentang Nikon D5200 adalah fleksibilitas. Kamera yang memiliki layar monitor dengan ukuran 3 inci yang bisa diputar ke berbagai sudut dan arah. Hal ini memudahkan pengguna dalam mengambil gambar dan video yang mempunyai sudut sulit dijangkau.

Misalnya saja seorang fotografer tidak perlu menggunakan gaya dalam memotret. Seperti membungkukkan badan atau jika ingin melakukan selfie cukup memutar layar kameranya. Penawaran harga kamera Nikon D5200 cocok bagi yang mempunyai anggaran yang minim. Dengan harga Rp5.000.000,-an, kamera Nikon D5200 dapat berada di tangan.

Fasilitas yang lainnya untuk mendukung pemotretan, yaitu sensornya berjenis CMOS DX-Format dengan prosesor Image EXPEED 3 dan resolusi 24,1 megapiksel. Dalam memotret dan merekam objek, sensor ini dapat menghasilkan gambar yang tajam.

Sehingga fotografer tidak perlu banyak mengulang pemotretan dalam objek tersebut.

Selain hal tersebut, prosesor Image EXPEED 3 dapat menjalankan fitur Auto-Focus di titik AF sepanjang 39. Untuk memfoto objek secara berurutan dapat menghasilkan gambar hingga 5 frame per detik.

Urusan dalam rekaman video, Nikon D5200 dapat menghasilkan video full HD 1080p karena mempunyai fitur D-Movie.

Kamera DSLR Terbaik Entry-Level Canon EOS 700D

Canon EOS 700D
Canon EOS 700D

Kamera berbasis entry-level dimiliki oleh Canon dengan seri tipe EOS 700D. Si entry-level memiliki resolusi 18 megapiksel dengan sensor CMOS. Dari resolusi yang tinggi, mampu menghasilkan gambar dengan detail secara jernih.

Fitur yang mendukung yaitu prosesor DIGIC-5. Prosesor ini dapat memperbaiki warna dengan menyesuaikan white balance pada fitur Intelligent Multi-area.

Canon EOS 700D memiliki tujuh filter kreatif yang unik dan beragam berguna menciptakan efek visual pada gambar. Beberapa diantara ketujuh filter tersebut yaitu water painting effect, fish-eye effect, miniature effect dan soft focus.

Filter-filter ini dapat dijalanlan pada JPEG dan RAW setelah pengambilan objek gambar dilakukan.

Kamera DSLR terbaik hadir dengan layar sentuh bertipe vari angle clear view LCD-II. Layarnya juga dapat ditarik keluar dan memutar hingga 3600 sehingga dapat mengambil gambar dari ragam posisi, termasuk low-angle atau high-angle.

Pengaturannya juga dapat diakses dengan mudah. Contohnya dalam mengatur ISO, pengatur metering, AF Point dan level horizontal.

Sistem Hybrid CMOS AF ini menjadikan salah satu fitur yang unik lainnya dari kamera DSLR Canon EOS 700D. Sistem dengan kecanggihan yang tinggi ini dapat meningkatkan kecepatan auto fokus.

Kegunaannya dari auto fokus tersebut dalam menjalankan suatu objek akan tetap fokus walaupun saat mode live-view atau movie-shooting. Ditambah juga posisi layar DSLR dapat diatur dengan mudah dan dipasangi tripod.

Kamera DSLR terbaik ini dihargai sebesar Rp6.300.000,-an. Harga ini sangat sebanding dengan fitur yang diberikan. Selain itu kamera ini juga dibekali HDR Backlight Control dan Handheld Night Scene yang berfungsi menggabungkan beberapa gambar.

Nikon D750 – Super Ramping dan Ringan

Nikon D750
Nikon D750

Biasanya, kendala dari kamera DSLR adalah body yang berat. Sehingga cukup repot jika dibawa kemana-mana. Nah, kendala tersebut dapat di tepis jika memilih kamera DSLR jenis Nikon D750. Yups alasannya karena kamera ini memang didesain yang ringan dan body yang ramping.

Bagian depan kamera ini tercipta dari serat karbon thermoplastic yang sangat kuat. Selain itu, bagian belakang dari kamera ini dibuat menggunakan aloy almnunium. Dari bahan material tersebut akan membuat kamera Nikon D750 seimbangan dan lebih kuat sehingga nyaman dan mudah digunakan.

Perihal layar kamera yang dibanderol Rp27.000.000,-an, dengan memiliki layar LCD 3,2 inci yang dapat diputar kesegala arah. Layar ini mempunyai fleksibilitas yang berguna dalam mengambil objek dari sudut mana saja.

Selain hal tersebut, terdapat RGBW alignment  dan pengaturan color balance sehingga jika akan menggunakan layar eksternal tambahan menjadi lebih mudah.

Dalam memperkaya kreatifitas fotografer, Nikon D750 mempunyai efek yang spesial untuk digunakan. Adapun efek-efek yang diberikan yaitu color sketch, selective color dan miniatur effect.

Dengan dukungan baterai berkapasitas besar, memungkinkan kamera ini memotret hingga 1.230 kali atau 50 menit saat rekaman video.

Canon EOS 760D – Kamera DSLR yang Mudah Digunakan dan Inovatif

Canon EOS 760D
Canon EOS 760D

Salah satu kamera DSLR terbaik yang lainnya adalah milik Canon dengan seri EOS 760D. Kamera ini membawa bekal mode scene yang dapat memfokuskan dan eksposur objek yang sedang dibidik secara otomatis. Fitur lainnya dengan Basic and technology dalam mengatur pencahayaan di mode dasar kamera ini.

Mempunya ISO 100-12800 menjadikannya kamera DSLR terbaik yang sering digunakan. Hal tersebut digunakan untuk membidik objek secara khusus dalam keadaan minim akan cahaya atau pada malam hari. Dalam mengidentifikasi gambar yang diam maupun bergerak cepat kamera ini juga dibekali dengan sistem auto fokus yang tinggi.

Dalam mengatur titik fokus secara vertikal maupun horizontal, kamera ini dibekali autofokus tipe silang dengan 19 titik yang dapat ditemui. Selain itu fitur AF AI Fokus dan AF AI Servo juga dibawa oleh kamera ini untuk mempertahankan dan memperoleh fokus.

Kamera ini diberikan harga lumayan, tidak juga murahan maupun mahal. Berkisar Rp13.000.000,-an sudah dapat digunakan dengan hasil jepretan yang sempurna.

Dalam merekam video, kamera ini dapat dihandalkan sekali. Lebih tepat jika pembuatan video mempunyai format HD dengan kecepatan 25 atau 30 frame per detik. Hasil videonya dapat diedit dengan laptop dan juga dapat ditampilkan di TV dengan koneksi HDMI.

Nikon D5500 – Kamera DSLR Terbaik Nikon Pertama dengan Layar Vari Angle

Nikon D5500
Nikon D5500

Akhirnya produk kamera merk Nikon ini mengeluarkan produk pertama dengan layar sentuh LCD Vari Angel lho. Yuhu, kamera tersebut berseri Nikon D5500. Harga pasaran kamera ini cocok bagi yang mempunyai anggaran pas-pasan. Dengan merogoh kocek Rp9.000.000,-an fotografer sudah dapat menikmati ragam fitur yang diberikan.

Layar LCD yang dimiliki kamera ini sebesar 3,2 inci dan dapat diarahkan ke samping, atas dan bawah. Hal menjadikan kemudahan dalam mengambil objek dari sudut pandang manapun baik dalam foto maupun video. Resolusi yang dipunyai Nikon D5500 sangat tinggi, yaitu 24,2 megapiksel.

Kamera yang memiliki berat 420 gram memang cukup membuat repot jika digunakan untuk sehari-hari. Tetapi, kamera dengan rentan ISO tinggi hingga 25600 ini mampu mendapatkan 39 titik poin dalam auto fokusnya. Hal tersebut akan memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melacak bidikan gambarnya.

Selain itu, fasilitas lain adalah jaringan Wifi. Hal tersebut lebih memudahkan mengirim hasil jepretan ke smartphone ataupun jika akan dibagikan ke akun medsos. Eits, sebelum dapat mengirim file kamera, pastikan hp terinstal aplikasi Wireless Mobile Utility. Aplikasi ini digunakan untuk mengirim file berkas hasil jepretan atau sebagai remot kontrol kamera.

Kamera DSLR terbaik milik Nikon dengan tipe D5500 juga bisa dipakai merekam video dengan kualitas tinggi. Kualitas yang diperoleh di rekaman videonya 1920 x 1080p. Selain itu, rekaman videonya mempunyai kualitas stereo yang sempurna dan tersimpan dalam format MPEG-4.

Canon EOS 70D – Kamera DSLR Terbaik dengan Dual Pixel CMOS AF

Canon EOS 70D
Canon EOS 70D

Kamera yang dibanderor dengan harga Rp17.000.000,- milik Canon dengan tipe EOS 70D hadir dengan sensor CMOS beresolusi 20.2 megapiksel. Serta juga didukung dengan prosesor gambar tipe DIGIC 5+. Tak heran jika kamera ini tetap sempurna dalam mengambil gambar resolusi tinggi dalam keadaan minim akan cahaya.

Canon EOS 70D mempunyai kelebihan sensor Dual Pixel CMOS AF. Kegunaan dari sensor ini untuk menjalankan auto fous yang baik dan cepat baik dalam bidikan vertikal maupun horizontal. Selain itu, layar sentuh dengan lebar 3 inchi kamera Canon tipe EOS 70D dapat diputar hingga 1800 ke depan.

Ya, pengguna kamera Canon EOS 70D makin asik karena Wi-Fi dengan teknologi built-in. Aplikasi ini berfungsi sebagai EOS remote, dimana penggun dapat menjalankan kamera dari jarak dekat maupun jauh. Aplikasi ini nantinya akan tersambung di ponsel pintar untuk mengetahui secara jelas hasil bidikannya.

Kamera DSLR Terbaik Nikon D3400

Nikon D3400
Nikon D3400

Kamera dengan kisaran harga Rp5.500.000,-an ini memiliki berat 395 gram. Auto fokus yang dimiliki kamera ini dapat memotret secara berurutan hingga 5 frame per detik. Nah, dalam memotret beururutan ini, auto fokus dapat digunakan secara maksimal meskipun minim cahaya.

Kamera dengan fasilitas aplikasi dari SnapBridge membuat hasil jepretan yang dihasilkan menggunakan kamera DSLR terbaik Nikon D340 dapat mudah dibagikan. Aplikasi ini didapatkan dari smartphone pengguna melalui unduhan pada Google Play Store atau Apple Store.

Nikon D3400 juga hebat dalam merekam sebuah video. Hal tersebut, karena kamera ini mempunyai fitur definisi tinggi, video time lapse dan video slow motion. Kamera yang dilengkapi lensa VR terbaru ini dapat merekam secara mulus tanpa terdengar gerakan suara lensa.

Canon EOS 750D

Canon EOS 750D
Canon EOS 750D

Terdapat banyak scene mode yang ditawarkan oleh kamera ini. Tampilan scene nya pun sangat bagus dan menarik. Beberapa scene mode tersebut adalah food mode, monochrome, kids mode, hingga handled night mode yang merupakan fitur pilihan.

Kameran dengan standar professional ini dibanderol dengan harga Rp 14,8 juta. Yang unik dari kamera ini adalah,terdapat CMOS APS-C beresolusi hingga 24,2 megapixel yang merupakan sensor keluaran terbaru.

Sensor tersebut akan membuat hasil foto terlihat lebih kompleks dengan detail memukau, dengan tingkat noise nya yang tergolong sangat rendah. Selain itu terdapat hingga 19 auto focus point yang akan membuat objek terlihat focus secara konsisten.

Kameran Canon ini juga dibekali sebuah prosesor DIGIC 6 yang memungkinkan penggunanya mengambil gambar secara shutter. Shutternya pun dapat mengambil gambar mencapai 5 frame/second. Tingkat sensitivitas nya lumayan besar, yaitu mencapai 12800 dan dapat di upgrade ke ISO 25600 menggunakan mode extended.

Layar dengan kapasitas LCD 3 inch menjadi pilihan untuk Canon EOS 750D. Tidak hanya itu, layer tersebut dapat diputar ke berbagai sudut pilihan penggunanya untuk memberi kemudahan saat mengambil gambar. Dengan berat hanya sekitar 550 gram, kamera ini dilengkapi fitur intelligent viewfinder sehingga dapat menampilkan focus point pada seluruh frame.

Pentax K-50 – Kamera DSLR Terbaik dalam Segala Kondisi Cuaca

Pentax K 50
Pentax K 50

Perkenalkan, pengganti dari kamera Pentax K-30 ialah si Pentax K-50. Kamera ini mempunyai prosesor PRIME M dan sensor CMOS APS-C 16 megapiksel. Hal ini, membuat kamera ini menghasilkan jepretan resolusi yang tinggi. dalam pengambilan rekaman video, juga menghasilkan resolusi Full HD 1920 x 1080p.

Body kamera Pentax K-50 ini sangat tangguh dengan karena adanya fitur perlindungan ketahanan terpaan cuaca. Hal tersebut membuat kamera K-50 milik Pentax dapat digunakan pada kondisi cuaca apapun.

Ditambah juga fitur shake reduction system membuat kamera ini mempunyai 120 kombinasi warna. Hal ini sebagai pencegahan hasil blur dalam jepretan gambar.

Kamera dengan teknologi autofokus SAFOX IXi+ dan ISO sampai 51200 membuat kinerja auto fokusnya akan lebih maksimal dan tepat. Selain itu, K-50 dapat mengambil gambar secara berkelanjutan atau beruntun hingga 6 frame per/detik dengan kecepatan shutter hingga 1/6000 detik.

Untuk mengirim atau memindahkan gambar dari kamera K-50 yaitu dimudahkan ddengan kartu memori Eye-Fi yang kompatibel. Hal tersebut, hasil jepretan gambar maupun video dapat dengan mudah dipindahkan ke laptop atau smartphone dengan koneksi wifi yang tersedia.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Kamera Canon 700D
BACA YUK!

Kamera Canon 700D

Kamera Canon 700D merupakan salah satu jenis kamera DSLR yang memiliki banyak peminat. Khususnya para fotografer dan orang-orang…
Kamera Canon EOS 600D
BACA YUK!

Kamera Canon EOS 600D

Sejak di rilis pada tahun 2003, Kamera Canon EOS 600D sempat dinobatikan sebagai salah satu seri kamera terbaik…