Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Sebagian besar mereka yang baru memulai di dunia fotografi ataupun videografi banyak yang belum mengetahui Perbedaan Kamera SLR dan DSLR secara utuh.

Biasanya instagram banyak dijadikan ajang pamer foto dan dokumentasi, maka tidak heran jika dunia fotografi semakin populer. Bahkan karena hobi dan demi tampil instagramable, banyak anak muda yang gunakan kamera SLR dan DSLR. Meski sering gunakan kamera, ternyata masih banyak yang tidak tau perbedaan kamera SLR dan DSLR.

Pada umumnya, jenis kamera yang ada di pasaran berdasarkan teknik pengambilan gambar terdiri dari dua jenis yaitu kamera SLR dan kamera DSLR. Kedua jenis kamera ini seringkali dianggap sama, padahal banyak perbedaan yang dapat ditemukan dari kedua jenis kamera tersebut.

Dari segi istilah, sebenarnya perbedaan kamera SLR dan DSLR sudah terlihat dari istilah kata yang digunakan. Kalau kamera SLR atau Single Lens Reflex artinya refleks lensa tunggal.

Maksudnya disini adalah teknik pengambilan foto pada kamera menggunakan sistem lensa yang berjalur tunggal atau memakai hanya satu lensa saja.

Sedangkan kamera DSLR atau Digital Single Lens Reflex, terdapat penggunaan istilah digital pada kamera DSLR ini. Berbeda dengan kamera SLR, teknik pengambilan foto pada kamera ini menggunakan pentraprisma dan system yang mampu memfokuskan cahaya dan langsung meneruskannya ke optical viewfinder.

Perbedaan SLR dan DSLR
Perbedaan SLR dan DSLR

Perbedaan SLR dan DSLR

Selain perbedaan penggunaan istilah dalam kepanjangan dari SLR dan DSLR, terdapat juga perbedaan lainnya yang meliputi cara kerja pengambilan, penyimpanan foto, fitur tombol dan fungsinya, hingga perbedaan harga. Simak ulasan selengkapnya tentang perbedaan kamera SLR dan DSLR berikut ini.

1. Media Penyimpanan Kamera

Media penyimpanan yang terdapat pada kamera SLR dengan kamera DSLR itu berbeda. Untuk kamera SLR menggunakan media film sebagai penyimpanan gambar. Biasanya kamera SLR menggunakan film 35 mm (analog).

Sedangkan kamera DSLR menggunakan media penyimpanan yang lebih praktis yaitu memory card (kartu memori). Kapasitas dari kartu memori berbeda-beda tergantung kebutuhan pengguna kamera. Biasanya kapasitas kartu memori antara 2 GB hingga 256 GB.

2. Percetakan Gambar

Bukan hanya media penyimpanan kamera, proses percetakan foto juga memiliki perbedaan. Pada kamera SLR, biasanya foto dicetak dengan menggunakan roll film di laboratorium cuci cetak foto negatif. Sementara itu, kamera DSLR biasanya dicetak menggunakan teknik yang lebih praktis daripada roll film yaitu dengan teknik digital printing.

3. Fitur dan Jumlah Tombol

Pada dasarnya jumlah tombol yang terdapat pada kamera berpengaruh terhadap fitur dari kamera itu sendiri. Biasanya semakin banyak tombol yang ada, semakin banyak pula fitur yang disediakan. Begitu pula sebaliknya, jumlah tombol yang lebih sedikit maka fitur yang dimiliki kamera juga lebih sedikit.

4. Desain dan Bobot Kamera

Dilihat dari bentuk dan desain kamera, SLR lebih terlihat simpel dibandingkan dengan DSLR. Alasannya karena jumlah tombol pada kamera SLR lebih sedikit daripada kamera DSLR. Selain itu, dari segi bobot kamera SLR lebih ringan karena jumlah tombol dan fitur yang sedikit.

Sementara itu, kamera DSLR dengan tombol dan fitur yang banyak membuat kamera ini menjadi lebih berat. Dan ditambah juga dengan bentuk kamera yang cenderung lebih Kamera

5. Kualitas dan Harga Kamera

Kualitas yang dimiliki masing-masing kamera dapat diketahui dari kelengkapan fitur yang disediakan. Seperti penjelasan diatas, bahwa fitur yang dimiliki kamera DSLR lebih banyak dibandingkan dengan kamera SLR. Sehingga kualitas dari kamera DSLR ini bisa dikatakan lebih baik.

Kualitas suatu produk biasanya menentukan tingkat harga. Semakin baik kualitas produk, maka semakin tinggi harga produk tersebut. Hal itu juga berlaku pada produk kamera SLR dan DSLR. Dengan kualitas DSLR yang lebih unggul ketimbang SLR, harga kamera DSLR menjadi lebih mahal di pasaran.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera

Sebelum memutuskan untuk membeli kamera, sebaiknya kenali dulu keunggulan dan kekurangan kamera tersebut. Simak selengkapnya perbedaan kamera SLR dan DSLR berdasarkan keunggulan dan kekurangan yang dimiliki kamera SLR dan DSLR berikut ini.

1. Kelebihan dan Kekurangan Kamera SLR

Seperti jenis kamera lainnya, kamera SLR juga mempunyai beberapa keunggulan. Yang pertama, menangkap cahaya dengan sangat baik. Penggunaan film sebagai media penyimpanan dapat memungkinkan penangkapan cahaya dan penerjemahan warna yang baik.

Media film pada kamera SLR tidak ada yang mampu menandingi, bahkan termasuk teknologi kamera pada versi digital.

Kedua, objek yang ditangkap sama persis. Pada kamera SLR, pemakaian lensa jalur tunggal ini melewati cahaya pada dua tempat yaitu focal plane dan viewfinder. Sehingga kemungkinan objek yang ditangkap kamera tampak persis dengan objek aslinya.

Untuk pemotretan hasil jebretan langsung, penggunaan kamera SLR justru lebih baik.

Ketiga, varian harga cenderung lebih murah. Kelengkapan fitur yang tidak terlalu banyak memungkinkan harga kamera SLR ini tidak mahal. Meskipun dengan harga yang relatif murah, kualitas kamera SLR cukup baik untuk hobi fotografi.

Disisi lain, kamera SLR juga mempunyai beberapa kekurangan. Pertama, hanya menangkap sejumlah gambar tertentu. Dengan media penyimpanan film pada kamera SLR, hanya memungkinkan dapat menyimpan foto per rol film saja.

Kedua, tidak mampu merekam video. Berbeda dengan kamera DSLR yang sebagian besar mampu merekam video, kamera SLR hanya dapat digunakan untuk fotografi film yang praktis saja.

Berdasarkan perbedaan kamera SLR dan DSLR, dapat diketahui kamera SLR cenderung dianggap sebagai kamera lawas. Sedangkan kamera DSLR bisa dikatakan sebagai kamera digital yang menggantikan SLR pada saat ini. Meskipun begitu, kamera DSLR juga memiliki beberapa kelemahan disamping keunggulan yang dimiliki.

2. Kelebihan dan Kekurangan Kamera DSLR

Diantara keunggulan yang dimiliki kamera DSLR adalah pertama, mempunyai pilihan lensa yang beragam dan dapat ditukar-tukar sesuai kebutuhan. Setidaknya ada pilihan lensa yang dapat digunakan seperti lensa ultra wide (misalnya untuk memotret gunung), lensa makro (untuk memotret objek kecil).

Kedua, kualitas gambar yang dimiliki kamera DSLR juga sangat baik. Hal itu dikarenakan kamera ini memakai digital single-lens refleks. Hasil jebretan yang dihasilkan selalu lebih bagus bahkan ketika pixel yang dimiliki sama dengan kamera digital lainnya.

Ketiga, kinerja kamera DSLR lebih baik. Sistem dan pentraprisma yang digunakan mampu memfokuskan cahaya dan langsung meneruskannya ke optical viewer sehingga autofokus kamera menjadi lebih cepat.

Kapasitas memory yang besar dan kelengkapan fitur dari kamera ini juga dapat meningkatkan kinerja kamera yang lebih baik.

Keempat, mudah di-upgrade. Kamera DSLR bisa dipakai bertahun-tahun tanpa merasa ketinggalan zaman karena kamera ini mudah di-upgrade dengan aksesoris terbaru dan perangkat tambahan lainnya.

Dibalik keunggulan yang dimiliki kamera DSLR, terdapat juga kekurangan yang perlu diketahui. Pertama, bentuk fisik yang merepotkan. Bentuk fisik ini dikarenakan sistem yang menuntut adanya cermin dan prisma sehingga kamera ini memiliki body lebar dengan kening yang menonjol.

Terkadang bentuk fisik ini menyulitkan bagi pemula dalam menenteng kamera dan memotret

Kedua, mekanismenya rumit. Jumlah tombol yang sangat banyak dan komponen yang rumit tentu tidak mudah, apalagi bagi pemula. Butuh waktu belajar yang lama dan ketekunan agar mampu mengoperasikan kamera dan menghasilkan foto yang semulus para fotografer profesional.

Ketiga, harga relatif mahal. Komponen kamera yang banyak tentu saja memerlukan perakitan kamera dengan biaya yang besar. Maka sangat wajar jika harga kamera DSLR dibandrol dengan harga yang sangat tinggi.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Tripod Andoer A 618
BACA YUK!

Tripod Kamera

Ternyata Tripod Kamera menjadi salah satu perangkat tambahan yang harus dimiliki oleh siapapun jika ingin mengabadikan sebuah foto…
Rode Microphone Terbaik
BACA YUK!

Microphone Terbaik

Belakangan, aktivitas membuat video dengan microphone terbaik untuk kamera menjadi kegemaran yang digandrungi oleh banyak kalangan. Mulai dari…
Cara Merawat Kamera
BACA YUK!

Cara Merawat Kamera

Faktanya tidak semua orang mengerti tentang cara merawat kamera yang baik dan benar. Sebagian dari mereka melupakan hal…