Sony A6000

Kali ini akan membahas tentang kamera keluaran Sony, yaitu kamera Sony A6000. Kamera kecil namun memiliki banyak kelebihan di dalamnya. Selain itu, kamera ini memiliki fitur sensor 24,3 MP APS-C Exmor APS HD CMOS, mirrorless serta prosesor gambar BIONZ X layer yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi tinggi.

Kamera kini mempunyai berbagai macam spesifikasi menarik dan memadai pekerjaan setiap orang. Tentunya terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangan di setiap kamera. Berikut beberapa penjelasan lainnya tentang kamera keluaran dari Sony ini.

Review Kamera Sony A6000

Sony A6000

Kamera kecil ini memiliki banyak kelebihan yang mampu memikat orang-orang untuk membelinya. Dibalik harganya yang juga terjangkau, kamera ini menyimpan banyak spesifikasi yang memadai.

Salah satunya prosesor gambarnya yang sudah BIONZ X Layer yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi tinggi. Beberapa pihak sempat membandingkan kamera sony A6000 ini dengan Sony NEX 6 dan NEX 7 yang sudah lebih dahulu keluar.

Memang, sony A6000 dirancang untuk menggantikan dua tipe ini. Dengan spesifikasinya yang lebih tinggi dan memadai, tentu saja. Perbedaan antara NEX 6 dengan Sony A6000 ini yang paling spesifik adalah bentuknya yang berbeda.

A6000 lebih klasik dengan gaya agak kotak berbentuk rangefinder. Sedangkan NEX 6 lebih tebal 2mm dengan bagian atas berbentuk kotak, bukan melengkung. Perubahan lainnya terletak pada roda mode yang dipisah dari roda kendali utama.

Bagi para penyuka kamera, detail seperti ini pasti sangat terlihat dan kentara. Terutama kesan maskulin yang langsung terlihat pada Sony A6000. Kamera Sony A6000 memiliki 179 titik phase detection autofocus mencapai ujung gambar.

Menurut hasil penerapannya, A6000 dapat bergerak cepat mengikuti gerakan objek di ruangan terbuka sehingga tidak akan menimbulkan gambar yang berbayang.

Kemampuan seperti ini biasanya hanya ada di kamera DSLR ternama namun Sony A6000 sudah memilikinya. Meskipun dalam kondisi gelap, kamera ini mampu merubah autofocus menjadi deteksi kontras yang lebih lambat.

Selain itu, kamera ini memiliki ketajaman gambar yang lebih baik daripada kamera sebelumnya yaitu NEX 7. Kemampuan BIONZ X pun menunjang daya kerja kamera kecil ini. Hasilnya menjadi lebih terang dan tajam dari kamera dengan sensor APS-C yang lain.

Kelebihan Kamera Sony A6000

Kamera Sony A6000

Setiap kamera yang mengusung kualitas terbaik pasti selalu menonjolkan kelebihan dari kameranya. Begitu juga dengan kamera Sony A6000 ini. Berikut beberapa kelebihan dari kamera Sony series ini:

Sensor Prosesor Kamera Sangat Baik

Selain prosesor gambarnya yang sudah BIONZ X, kamera ini memiliki kelebihan lain yaitu sensor APS-C CMOS 24,3 MP. Dengan kemampuan prosesor seperti ini, jangkauan gambar yang ditangkap akan lebih luas.

Selain itu, terdapat fitur dynamic range dan performa AWB yang dapat digunakan ketika objek dalam keadaan ruangan yang memiliki pencahayaan tidak menentu.

Kamera Sony A6000 sudah memiliki lensa yang dapat auto-zoom. Sehingga jangkauan penggunanya pun semakin luas. Selain itu, pengaturan ISO nya mencapai hingga ISO 25600. Kamera ini juga dapat merekam video hingga format full HD atau 1080p.

Menangkap Objek Bergerak Dengan Baik

Kamera Sony A6000 juga memiliki kemampuan menangkap gambar atau objek bergerak dengan cepat. Sehingga penggunanya tidak perlu takut akan berbayang fotonya. Kamera ini sudah dilengkapi tombol pintas yang dapat digunakan untuk mencari fitur seperti ISO, AWB, autofocus, area focus serta metering.

Memiliki Aplikasi Tambahan

Kamera ini bisa mengakses aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan tersebut bisa didapatkan dengan cara mendownload melalui Sony Playmemories. Aplikasi-aplikasi ini memberikan cara yang lebih mudah agar pengguna dapat membuat efek khusus atau juga memungkinkan otomatisasi pada beberapa Teknik pilihan seperti, timelapse, multiple exposure, focus bracketing dan lainnya.

Fitur Lengkap

Kamera ini juga sudah full frame sehingga jangkauannya gambar nya pun semakin luas. Fitur lain dari kamera ini adalah Tru-finder 0.39” 1,440k-Dot OLED EVF , Built-in Wi-Fi Connectivity with NFC , Fast Hybrid AF & 179 Phase-Detect Points , Up to 11 fps Shooting , Multi Interface Shoe and Built-in Flash, dan yang terakhir adalah LCD 3 inch.

Kelemahan Kamera Sony A6000

Tidak hanya memiliki kelebihan, setiap kamera juga pasti punya kekurangan, Hal ini juga berlaku untuk kamera Sony yang memiliki series A6000. Berikut beberapa kekurangan yang mungkin akan dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli:

Performa Kamera Sedikit Lebih Lambat

Dibalik kemampuannya yang mumpuni, kamera Sony A6000 juga menyelipkan beberapa kelemahan dibalik fitur-fiturnya. Seperti, dibutuhkan waktu 2 detik dalam menyalakan nya dan siap untuk memotret. Dan beberapa kecepatan aplikasinya dalam memproses masih cukup lambat.

Resolusi Menurun

Lalu kelemahan lainnya adalah menurunnya resolusi jendela bidik EVF dari 2,4 juta titik menjadi 1,44 juta titik yang berakibat pada kejernihan gambar ketika memotret objek yang bergerak. Selain itu, ada juga hasil gambar yang di-zoom-kan akan pecah dan terdapat bintik. Hal ini masih bisa diatasi jika penggunaan zoom masih di batas wajar.

Sebenarnya, gambar sudah akan terlihat banyak Noise ketika ISO mendekati 3200. Namun bisa diakali dengan software Lightroom. Beda halnya ketika memakai ISO sampai 25600. Hal tersebut tentu akan membuat gambar yang dihasilkan kualitasnya menurun.

Penempatan Fitur Kurang Tepat

Lalu, penempatan beberapa fitur tambahan pada menu pilihan. Penempatan fitur Format Card diletakkan lumayan jauh yaitu di kategori 5, halaman 5. Seharusnya, untuk penempatan fitur yang sering dipakai sebaiknya diletakkan pada kategori awal. Agar pengguna kamera tidak kesulitan mencarinya.

Layar Belum Touchscreen

Pada LCD nya yang sudah berukuran 3 inch, masih memiliki kekurangan yaitu belum touchscreen dan belum bisa diputar. Namun, beberapa pengguna kamera ini masih dapat memaklumi fitur yang satu ini dikarenakan kamera ini pun sudah memiliki kelebihan lain yang lebih menunjang.

Bagaimana review serta penjelasan tentang kelebihan serta kekurangan dari Kamera Sony A6000 ? semoga dapat memberi pencerahan bagi yang ingin mencari kamera murah, minimalis dengan gaya maskulin serta kemampuan yang mumpuni, ya. Setiap kamera pastilah memiliki kekurangan dan kelebihan di setiap merek serta tipenya. Tergantung pada keperluan individunya masing-masing.

Kamera Sony A6000 menawarkan klasifikasi setara dengan DSLR ternama yang pasti memiliki harga lebih mahal darinya. Dengan harga yang lebih murah dari harga DSLR, kemampuan kamera Sony A6000 sudah cukup memadai.

Dengan bentuk yang pas ditangan serta harga yang pas di kantong, memungkinkan kamera ini menjadi idolanya para pengguna kamera yang ingin memiliki space luas di tasnya.

Harga Kamera Sony A6000

Harga Kamera Sony A6000

Untuk kamera dengan spesifikasi memadai, biasanya merek ternama akan mematok harga yang mahal. Namun lain dengan Sony A6000. Kemampuannya yang sudah menyamai kamera DSLR terbaik tak membuatnya memiliki harga mahal.

Dengan kamera yang memiliki kelebihan BIONZ X dan Built in Wi-Fi, harga yang dipasok Sony untuk tipe A6000 hanya sekitar Rp 7.500.000,- saja. Harga itu sudah termasuk beberapa hadiah dan aksesoris tambahan yang akan diberikan kepada pembeli seperti strap, tas kamera, dan lain sebagainya. Warna yang tersedia ada 3 yaitu putih, hitam, silver dan graphite.

Serta kamera ini sudah mendapat garansi selama 1 tahun setiap pembeliannya di gerai resmi Sony. Hal ini bertujuan untuk memberikan jaminan kenyamanan pada pembeli. Bagaimana, cukup terjangkau untuk kamera dengan kemampuan mumpuni, bukan?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Sony A9
Read More

Sony A9

Salah satu Kamera Full Frame terbaik di dunia yang diluncurkan oleh Sony kali ini adalah Sony A9. Mengusung…
Sony A6300
Read More

Sony A6300

Meskipun pihak dari Sony sendiri sudah cukup banyak meriliskan produk kamera terbaru setelah perilisan Sony A6300, akan tetapi…
Sony A7S
Read More

Sony A7S

Semakin berkembangnya industri kamera mirrorless di dunia yang menjadi pasaran empuk di Indonesia salah satunya adalah Sony A7S.…
Sony A7R Mark III
Read More

Sony A7R Mark III

Bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer profesional, pastinya sudah tahu mengapa direkomendasikan untuk memilih Sony A7R Mark III.…
SONY A6500
Read More

Sony A6500

Diriliskan tahun 2016 lalu, Sony A6500 ini ternyata masih layak untuk Anda beli dan miliki di tahun ini.…