Kamera Sony A6100 bisa menjadi salah satu rekomendasi kamera APS-C terbaik dengan kualitas gambar dan autofokus tercepat.

Sudah sejak dulu dunia fotografi memang menjadi sebuah aktifitas yang menarik sekali bagi sebagian orang, dimana aktifitas tersebut tentu saja tidak lepas dari persenjataan utamanya yang berupa kamera.

Anda sebagai pemula di dunia fotografi, penentuan jenis kamera yang akan Anda gunakan pastinya harus dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan fotografi. Sony A6100 adalah salah satu yang paling direkomendasikan untuk fotografer pemula.

Menggunakan kamera yang memang diperuntukkan secara khusus untuk fotografi, maka hal tersebut membuat Anda lebih mudah lagi untuk belajar menjadi fotografer profesional.

Melalui pemilihan kamera yang tepat seperti ini Anda pastinya bisa mendapatkan hasil jepretan yang jauh lebih bagus. Maka dari itu melalui artikel ini akan kami ulaskan lebih lengkapnya seputar review Kamera Sony APS-C Terbaik yang satu ini.

Review Sony A6100

Sony A6100 Terbaru

Pada dasarnya di tahun 2019 Sony meluncurkan dua kamera hebatnya sekaligus, yakni Sony A6600 dan A6100.

Meksipun dibuat dari pabrikan yang sama, tetapi kedua kamera Sony tersebut tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun demikian, baik itu Sony A6600 maupun A6100 sama-sama dibuat khusus untuk menyasar dua segmen pengguna yang berbeda, Sony A6600 ditujukan bagi pengguna semi profesional, sementara itu untuk A6100 ditujukan bagi mereka yang pemula.

Namun demikian, apabila Anda mencari kamera Sony murah terbaik yang cocok untuk fotografer pemula, Sony A6100 adalah jawaban terbaiknya. Karena dibuat khusus untuk varian standar dan berharga murah, sudah pasti akan ada beberapa fitur yang dipangkas Sony pada A6100.

Tapi hal tersebut tidak lantas membuat kamera ini kurang menarik dan tidak mampu menghasilkan jepretan yang bagus.

Sony A6100 merupakan salah satu pilihan menarik kamera mirrorless Sony paling murah yang mengusung fitur Real Time Eye AF. Jika dibandingkan dengan Sony A6600, Kamera ini memiliki perbedaan dari sisi desain bawaannya yang lebih mirip dengan Sony A6400 dan tidak memiliki Headphone Jack.

Jika berbicara mengenai spesifikasi Sony A6100 sendiri, kamera mirrorless unggulan Sony yang murah ini ternyata masih membawa spesifikasi yang sama seperti pada Sony A6400.

Kamera mirrorless tersebut membawa sensor APS-C beresolusi 24 Megapixel. Kamera Sony ini juga bisa diandalkan untuk kebutuhan merekam video hingga resolusi 4K.

Apabila Anda gemar dengan memotret cepat, Sony A6100 sepertinya bisa banget Anda andalkan. Kamera tersebut akan memotret sebuah objek bergerak tanpa henti dengan kecepatan maksimum 11 fps.

Adapun fitur menarik lain yang disematkan Sony pada A6100 adalah sistem Autofocus.

Tapi untuk kali ini Sony membawa sistem Autofocus tipe PDAF 425 titik yang cepat dan akurat. Dilengkapi pula dengan berbagai macam fitur unggulan lainnya yang semakin membuat kamera mirrorless Sony tersebut semakin pintar dan canggih.

Jika melihat spesifikasi yang diusungnya, sepertinya fitur yang tidak terlalu menjadi fokus pada kamera ini adalah Video, alasannya kamera Sony ini belum dilengkapi dengan Picture Profile dan Log Shooting.

Jika dibandingkan dengan Sony A6600, ternyata baterai yang diusung kamera Mirrorless Sony versi murah ini masih menggunakan baterai NP FW50 dengan kapasitas hingga 420 jepretan.

Kabar baiknya, ternyata Sony telah membekalinya dengan layar sentuh berukuran 3 inch yang bisa dilipat dengan mudah ke atas. Juga tersedia input mic yang membuat pengguna lebih mudah untuk vlogging.

Fitur Unggulan Sony A6100

Kamera Sony A6100

Dikenalkan sebagai varian standar, Sony A6100 merupakan model paling bawah penerus A6000 yang lebih dulu diriliskan di pasaran.

Secara spesifikasi, kamera mirrorless Sony ini memang hampir serupa dengan Sony A6400. Menduduki posisi bontot dan ada beberapa fitur yang turut dipangkas sehingga membuat harga kamera sony ini jauh lebih murah.

Misalnya saja tidak adanya Picture Profiless untuk video S Log, Cine, dan lain sebagainya. Adapun resolusi viewfinder-nya sendiri juga dibuat lebih kecil, yakni 1.4 megapixel.

Berbicara lebih lanjut mengenai harga yang ditawarkan Sony pada A6100 adalah Rp 10 juta rupiah untuk body only, dan Rp 12 juta rupiah untuk versi Kit dengan lensa lebih besar, yakni 16 – 50 mm f/3.5 – 5.6 OSS.

Selain itu Sony juga turut memperkenalkan dua buah lensa zoom terbaiknya khusus untuk lini kamera mirrorless APS-C buatannya yakni 16 – 55 mm f/2.8 dan 70 – 350 mm f/4.5 – 5.6. Adapun fitur lengkap yang disematkan pada kamera sony APS-C adalah sebagai berikut.

  • Sensor APS-C
  • ISO maksimum hingga 51200 tanpa Picture Profile
  • Resolusi kamera 24 megapixel, 4K
  • Kecepatan jepretan 11 fps
  • Autofocus PDAF 425 titik andalan
  • Real Time Eye AF
  • Sensor BSI 32 Megapixel
  • 5 Axis IBIS
  • Bobot lebih ringan dari Sony A6000
  • Tidak memiliki Weather Sealing
  • Mic Input
  • Hanya tersedia pilihan warna hitam

Kelebihan dan kekurangan Sony A6100

Kamera Sony APS C

Setelah berhasil dalam perilisan Sony A7R IV dan Sony RX100 VII, Sony ternyata tidak berhenti sampai di situ untuk terus berinovasi.

Berdekatan dengan perilisan EOS M6 Mark II, tepat di tahun 2019 Sony kembali lagi akan memperkenalkan line up kamera mirrorless APS-C dengan A6100 juga A6600.

Meksipun memiliki perbedaan dari segi harga dan beberapa fitur unggulan yang tersemat di dalamnya, tetapi kedua kamera ini akan menjadi penantang terberat untuk EOS M6 Mark II.

Sony A600 adalah varian paling mahal, itu artinya A6100 dibanderol dengan harga murah. Harga murah pada Sony A6100 ternyata berimbas pada beberapa kelengkapan.

Namun demikian, hal ini tidak lantas membuat kamera di kelas flagship Sony tersebut tidak menarik untuk diandalkan di dunia fotografi.

Kelebihan Kamera Sony ini yang perlu diketahui adalah adanya jumlah Burst Capture saat dilakukannya pengambilan banyak foto hanya dalam satu kali jepretan, tingkatan ISO, dan kemampuan fokus yang masih sama seperti Sony A6600.

Secara umum, kamera mirrorless sony ini juga memiliki kemampuan merekam video yang sama dengan Sony A6600.

Hanya saja, karena banderolan harganya yang lebih murah sehingga ada beberapa hal yang Sony hilangkan dari A6100.

Salah satunya adalah Real Time Tracking AF, ini merupakan salah satu mata objek ketika merekam video yang ternyata hanya bisa ditemukan pada Sony A6600 saja. Meskipun demikian, fitur serupa tetap dihadirkan pada kamera Sony APSC jika digunakan untuk memfoto.

Selain itu, kamera mirrorless A6100 tidak memiliki fitur S Log yang bisa digunakan pada saat merekam video.

Disamping body kamera tersebut bahkan tidak ada Headphone Jack. Kekurangan Sony A6100 yang paling disayangkan adalah tidak adanya penggunaan baterai terbaru tipe pada kamera tersebut.

Sony bahkan masih menggunakan baterai tipe lawas yakni NP FW50 yang hanya mampu bertahan dalam 420 jepretan saja.

Harga Kamera Sony A6100

Kelengkapan Harga (Rp)
Body Only 6.250.000
Body + 16-50mm Lens 7.250.000
Body + 55-210mm 8.355.000
Harga Kamera Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
SONY A6500
Read More

Sony A6500

Diriliskan tahun 2016 lalu, Sony A6500 ini ternyata masih layak untuk Anda beli dan miliki di tahun ini.…
Sony A7S
Read More

Sony A7S

Semakin berkembangnya industri kamera mirrorless di dunia yang menjadi pasaran empuk di Indonesia salah satunya adalah Sony A7S.…
Sony A6000
Read More

Sony A6000

Kali ini akan membahas tentang kamera keluaran Sony, yaitu kamera Sony A6000. Kamera kecil namun memiliki banyak kelebihan…
Sony A6600
Read More

Sony A6600

Sepertinya tidak pernah ada habisnya, raksasa teknologi terbesar satu ini, Sony, untuk meluncurkan kembali kamera Mirrorless terbaiknya. Salah…