Sony A6300

Meskipun pihak dari Sony sendiri sudah cukup banyak meriliskan produk kamera terbaru setelah perilisan Sony A6300, akan tetapi ternyata tidak membuat kamera lawas Sony satu ini tidak menarik untuk dibeli. Sony A6300 masih tetap worth it banget kok untuk Anda beli di tahun ini.

Dirilis pada tahun 2016 silam, Sony A6300 memang memiliki desain yang bisa dibilang kurang modern. Namun soal kualitas, Sony A6300 mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas tinggi.

Fitur yang disematkan pada kamera Mirrorless Sony yang lawas ini tentu saja cocok untuk memenuhi kegiatan fotografimu. Tapi sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya simak terlebih dulu review selengkapnya mengenai produk kamera Sony di bawah ini.

Review Sony A6300

Sony A6300

Ya, sejak pertama kalinya dikenalkan di pasaran Indonesia, kamera Mirrorless merk Sony tersebut memang masih menggunakan nama seri ‘NEX’. Meksipun demikian, Sony S6300 juga dihadirkan dengan body yang menarik sehingga menjadi satu kelebihan Sony Alpha A6300 yang patut dipertimbangkan saat akan membeli sebuah kamera berjenis Mirrorless.

Kelebihan yang dimiliki kamera Sony ini ternyata tidak dimiliki oleh kebanyakan pesaingnya.

Sebagian besar body kamera memang di desain lebih ramping, tetapi tetap ada bagian Hand Grip-nya yang dibuat lebih tebal dan menonjol. Tujuannya tidak lain agar pengguna bisa merasa lebih nyaman dan mantap lagi pada saat menggunakannya.

Jika dibandingkan dengan seri A5000 yang lebih dulu dirilis, Sony seri A6000 ini ternyata memiliki lubang intip elektronik atau yang biasanya dikenal dengan EVF (Electronic Viewfinder).

Agar penampilan jeroannya semakin mumpuni, Sony juga melengkapi A6300 dengan EVF XGA OLED Tru Finder dengan resolusi 2.4 juta titik. Selain itu ada pula Frame Rate 120 Frame per detik plus 100% Coverage. Sony bahkan sudah menyediakan layar yang lumayan luas pada A6300, yakni bentang layar 3 inch dengan resolusi 921.600 titik.

Layar pada kamera Mirrorless Sony tersebut bahkan bisa ditekuk hingga 10 derajat. Tapi sangat disayangkan sekali, ternyata layar kamera Sony Alpha 6300 ini tidak bisa ditekuk ke bagian depan.

Sony Alpha A6300 memiliki kekurangan dalam hal penyusunan menu pengaturan, sehingga yang demikian tersebut membuat body kamera ini terasa semakin berat.

Untungnya, body pada kamera tersebut masih terlihat kokoh berat penggunaan material magnesium alloy. Untuk membantu pengambilan foto atau video di kondisi minim cahaya, Sony sudah melengkapi produk kameranya tersebut dengan Flash Built In.

Agar pengguna bisa mendapat efek pantulan cahaya, Sony A6300 ternyata bisa ditekuk ke atas. Sony bahkan sudah melengkapinya dengan Hot Shoe, sehingga pengguna bisa menambahkan Flash eksternal. Satu kekurangan dari kamera ini yang paling terlihat, yakni dari segi penempatan tombol rekam videonya.

Sony lebih memilih untuk meletakkan tombol tersebut di bagian ujung kanan body kamera. Posisi ini tentu saja akan semakin membuat pergerakan ibu jari terasa kurang alami ketika harus bergeser dari Thumb Grip saat ingin menekan tombol tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, Sony A6300 tetap bisa menghasilkan foto dan video dengan kualitas terbaik. Sehingga tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan kamera Mirrorless Sony tersebut pada saat Anda berencana untuk membeli sebuah kamera baru. Karena memang kamera ini menawarkan fleksibilitas yang tinggi dalam hal kustomisasi.

Fitur Unggulan Sony A6300

Kamera Sony A6300

Salah satu hal menarik yang ditawarkan Sony pada A6300 adalah kamera Mirrorless Sony tersebut dikabarkan hadir dengan beragam fitur yang terbilang lumayan lengkap.

Sony A6300 bahkan membawa beberapa peningkatan penting dari produk kamera Mirrorless pendahulunya, seperti kecepatan Autofocus khusus saat mengikuti objek yang bergera cepat dan akurat berkat adanya 425 titik fokus deteksi fasa.

Tidak hanya itu, Anda pastinya akan sangat diuntungkan sebab sudah memilih kamera mirrorless sony yang satu ini, sebab selain ditawarkan dengan harga murah kamera tersebut ternyata memiliki resolusi yang cukup besar, yakni 24 MP.

Sony A6300 bahkan menggunakan desain baru yang jauh lebih efisien dalam menerima cahaya. Berkat hal tersebut ISO yang dibawanya pun lebih tinggi dan minim noise, untuk maksimum ISO-nya sendiri menjadi 51.200.

Adapun fitur video yang tersemat pada Sony A6300 adalah Mic Input, S-Log, Gamma 3, bisa merekam video 4K, dan masih ada banyak lagi. Kabar gembiranya, ternyata kamera Sony A6300 ini juga hadir dengan fitur Continous Live View.

Itu artinya kamera Sony tersebut bisa banget diandalkan untuk memotret objek secara berturut-turut. Bahkan pada layar bidiknya akan menampilkan gambar sepersekian detik sebelumnya.

Sayang sekali, ternyata hal tersebut cukup menyulitkan fotografer profesional untuk memastikan momen serta komposisi yang tepat. Tetapi demikian, Sony mengklaim bahwa hal tersebut sudah dapat diatasi dengan hadirnya fitur Continuous Live View yang memiliki kecepatan super.

Memotret foto aksi pun bisa memberikan pengalaman seperti memotret objek bergerak ala kamera DSLR. Selain itu juga ada fitur Silent Shooting atau Electronic Shutter.

Kelebihan dan Kekurangan Sony A6300

Apabila berbicara mengenai kelebihan kamera Sony A6300, kamera Mirrorless tersebut ternyata digadang-gadangkan sebagai kamera terbaik dengan sistem Autofocus tercepat di dunia.

Memiliki titik fokus yang melimpah, tentu saja membuat kamera tersebut semakin mudah lagi ketika harus mengunci fokus objek yang bergerak. Kamera Sony ini hanya butuh waktu 0.05 detik saja untuk menghasilkan foto atau video bergerak yang apik.

Tidak hanya itu, keunggulan lain yang ditawarkan Sony Mirrorless terbaik tersebut ada pada sensor CMOS Exmor ukuran APS-C yang disematkan di dalamnya. Sony bahkan sudah melengkapinya dengan kamera beresolusi 24 MP.

Sensor ini ternyata juga memiliki rentang ISO yang sangat fantastis jumlahnya, yakni mulai 100 – 51.200. Pihak Sony sendiri juga telah menyampaikan sudah menggunakan sistem pengkabelan tembaga untuk tingkatkan efisiensi pengumpulan cahaya pada permukaan sensor, hingga akhirnya bisa mempercepat dalam proses transfer foto.

Hal menarik lain dari Sony A6300 adalah ada pada bagian desain body-nya yang ternyata sangat pas ditangan. Selain itu, body pada kamera Mirrorless tersebut ternyata juga sudah menggunakan bahan logam magnesium yang tahan debu dan kelembapan. Di dalam body-nya juga sudah ada 9 tombol yang dapat dikustomisasi.

Kekurangannya, Sony A6300 ini ternyata memiliki mode dial kontrol yang diletakkan menyatu dengan tombol arah. Fungsinya pun juga masih bergantung sekali dengan mode pemotretan yang akan Anda pilih, baik itu untuk pengaturan kecepatan Shutter-nya, atau pun besaran bukaan lensa dan eksposur.

Sehingga yang demikian membuat pengguna cukup dibikin jengkel ketika harus menggunakan kamera Mirrorless satu ini.

Untungnya, kamera Sony Mirrorless ini tetap menawarkan fleksibilitas yang tinggi. Anda bahkan bsia memasukkan setiap fungsi dasar ke dalam tiap tombol selama pemotretan.

Setelah itu Anda tidak perlu lagi repot-repot masuk ke dalam menu apabila ingin merubah pengaturan atau setting pada kamera Sony A6300 ini.

Harga Sony A6300

Setelah mengetahui keunggulan, fitur dan review dari Kamera sejuta umat ini kita lanjut membahas soal harganya. Berikut ini adalah harga kamera mirrorless Sony Alpha 6300 yang kami sesuaikan secara terupdate.

Kelengkapan Harga Baru (Rp) Harga Bekas (Rp)
Body Only 10.250.000 7.650.000
Body + 16-50mm Lens Kit 12.650.000 9.300.000
Harga Kamera Lainnya

Itu dia ulasan kita tentang salah satu kamera mirrorless terbaik milik Sony, nantikan informasi menarik lainnya hanya di Kamera.id ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Sony A6400
Read More

Sony A6400

Setelah sony melakukan peluncuran secara global, akhirnya Sony membawa masuk secara resmi ke Indonesia kamera Sony A6400 berjenis…
Sony A7S
Read More

Sony A7S

Semakin berkembangnya industri kamera mirrorless di dunia yang menjadi pasaran empuk di Indonesia salah satunya adalah Sony A7S.…
Sony A6600
Read More

Sony A6600

Sepertinya tidak pernah ada habisnya, raksasa teknologi terbesar satu ini, Sony, untuk meluncurkan kembali kamera Mirrorless terbaiknya. Salah…
Sony A9
Read More

Sony A9

Salah satu Kamera Full Frame terbaik di dunia yang diluncurkan oleh Sony kali ini adalah Sony A9. Mengusung…
Sony A7 Mark II
Read More

Sony A7 Mark II

Masuk menjadi Jajaran Kamera Full-Frame yang laris di Pasaran, Sony A7 Mark II masih menjadi kamera Full Frame…