Sony A7 Mark III

Sebenarnya ini bukanlah kamera mirrorless terbaru Sony, sebab Sony A7 Mark III tersebut rilis pada tahun 2018 kemarin. Namun demikian, ternyata hal tersebut tidak mempengaruhi peminat kamera full frame di Indonesia.

Sejak pertama kalinya dirilis di pasaran, kamera mirrorless milik Sony tersebut ternyata tuai banyak pujian dari para reviewer dunia jika dilihat dari sisi kinerja serta value for money.

Bisa dibilang, ini merupakan salah satu varian kamera mirrorless full frame unggulan Sony yang tidak akan pernah terkalahkan dengan produk kamera mirrorless kompetitornya. Jika dilihat dari segi spesifikasi yang diusungnya, Sony memang sudah membekali A7 Mark III dengan sejumlah teknologi termutakhir.

Pun fitur yang diusungnya membuat kamera Sony ini semakin lihai dalam membidik atau merekam objek dengan hasil yang jauh lebih bagus.

Adapun fitur unggulan lain yang turut disematkan Sony pada A7 Mark III tersebut adalah fitur video 4k.

Review Sony A7 Mark III

Sony A7 Mark III

Kamera mirrorless Sony versi premium satu ini hadir dengan desain body yang hampir sama dengan semua lini A7, tak terkecuali mengenai tombol pintasnya.

Terlepas dari hal tersebut, Sony A7 Mark III ternyata memiliki ruang baterai yang cukup besar sehingga membuat Hand Grip-nya pun membengkak.

Tapi ternyata hal ini berdampak positif sebab kamera jadi semakin mantap saja ketika dipegang dan juga lebih ergonomis.

Lalu untuk jarak antara tombol pada kamera mirrorless tersebut juga sangat ideal sekali, sebab mudah dijangkau dengan satu jari saja.

Disini pengguna bahkan bisa menggunakan telunjuk kanan untuk operaasikan Shutter Button, bahkan Mode Dial meskipun sedikit berat. Kemudian untuk jempol kanannya sendiri bisa menjangkau beberapa tombol, seperti ISO dan Shutter Speed.

Masih sama seperti pendahulunya, pundak kanan Sony A7 Mark III ternyata memiliki Mode Dial, tombol C1 dan C2, Shutter Button, Front Dial, dan Exposure yang bisa digunakan untuk mengatur besaran diafragma.

Meskipun Anda tidak mendapati tombol pintar, tetapi pada kamera tersebut sudah ada spaker mono dan tombol menu yang lengkap. Lalu di bagian belakangnya sendiri ada tombol pengontrol, seperti Multi Selector, Preview, Delete, dan Auto Focus.

Kabar baiknya, Sony ternyata juga membekali kamera mirrorless terbaiknya ini dengan Hot Shoe di pundak. Hot Shoe tersebut nanti berguna sebagai sarana berpijak untuk lampu kilat eksternal dan mikrofon eksternal, sehingga hasil audio jadi lebih ketika pengguna membuat video.

Fitur Electronics ViewFinder yang disematkan di dalamnya memiliki resolusi yang sama dengan Sony A7 Mark II dengan resolusi sebesar 2.36 juta titik.

Hebatnya, Sony A7 Mark III ternyata juga bisa diandalkan untuk memotret objek secara beruntut. Kamera ini bahkan memiliki speed hingga 10 fps yang dikombinasikan dengan fitur Autofocus yang sangat baik.

Ketika menggunakan kecepatan tinggi, kamera Sony tersebut mampu tetap fokus pada objek yang dikehendaki. Itu artinya, pengguna bisa mengandalkan Sony A7 Mark III untuk memotret kegiatan olahraga dengan kecepatan tinggi sekalipun.

Dikatakan unggul sebab kamera mirrorless ini memiliki bentang ISO 100 – 51200 dan Autofocus. Untuk kualitas gambar, Anda bisa memilih antara Fine, standard, atau pun Extra Fine dengan resolusi 6000 x 4000 pixel.

Kamera mirrorless Full Frame tersebut bahkan sudah menggunakan prosesor terbaru dari Sony, yakni Bionz X dengan tipe sensor BSI – CMOS, lalu untuk fitur wajib lainnya adalah kemampuannya dalam membuat video dengan kualitas setara 4k.

Memiliki pilihan resolusi yang terbilang tinggi, 3840 x 2160 (30p, 24p), atau apabila Anda memang menginginkan video dengan kualitas standar maka Anda bisa menggunakan resolusi 1440 x 1080 (30p).

Dengan bentang resolusi video yang lebar tersebut tentu saja akan semakin membuat kamera mirrorless ini jadi kamera multifungsi yang bisa digunakan mulai dari kalangan pemula hingga profesional.

Fitur Unggulan Sony A7 Mark III

Sony Alpha A7 Mark III

Dibuat khusus sebagai model kamera Full Frame terbaik di kelasnya, kamera mirrorless dari Sony ini memiliki sensor kamera sebesar 24.2 mp dengan 5 Axis Optical Image Stabilization.

Lalu untuk versi terbarunya sudah ada Bionz X, Image Processor untuk meningkatkan kinerja dari sensor yang dibawanya. Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, dimana kamera ini juga mendapat peningkatan pada kecepatan yang dibutuhkan.

Kecepatan shooting kamera ini sekarang sudah mencapai 10 Frame per second. Itu artinya kamera tersebut bena-benar bisa diandalkan untuk memotret hingga 177 foto JPEG sebelum terjadi buffer.

A7 Mark III juga sudah memiliki soket UHS II SD Card dua buah, jadi kartu memori dengan speed tinggi ini bisa membantu proses buffer dengan sangat baik.

Lalu untuk mendukung tingkatan kecepatan shootingnya sendiri, Sony membekalinya dengan fitur Autofocus sebanyak 693 titik. Titik yang sebanyak ini tentu saja akan mampu menutupi hingga 90 persen dari frame.

Ditawarkan pula fitur Tracking Subjek yang jauh lebih baik plus Eye AF yang secara otomatis akan mengunci mata objek.

Sistem AF yang dibekalkan Sony pada A7 Mark III bahkan bisa diandalkan disituasi minim cahaya sekalipun. Fitur ini juga sangat menarik sekali, sebab memang sensornya yang memiliki sensitivitas ISO tinggi hingga 204800.

Terakhir mengenai kemampuan videonya yang juga mendapat penyegaran. Kamera kini mampu merekam video 4k HDR dan Footage dengan speed hingga 120 fps pada 1080p, kamera mirrorless tersebut juga memiliki HLG atau Hybrid Log Gammar untuk menghasilkan format High Dynamic Range.

Kelebihan dan Kekurangan Sony A7 Mark III

Sony A7 Mark III 1

Namun meskipun demikian, Kamera Sony Full Frame ini tetap bisa menghasilkan jepretan dan video dengan kualitas bagus.

Sony A7 Mark III pada dasarnya dibuat tidak menyasar fotografer pemula, melainkan profesional sehingga tidak heran jika Sony membanderolnya dengan harga cukup mahal. Kamera mirrorless Full Frame Sony ini mewarisi fitur-fitur unggulan yang inovatif seperti yang ada pada A9 dan A7R Mark III.

Utamanya di sistem Autofocus yang dibawanya ternyata memiliki 693 titik Phase Detect AF yang meliputi 93% area gambar, 425 titik Contrast Detect AF, dan Eye AF dengan speed tinggi dan andal.

Fitur Eye AF yang disematkan di dalamnya berguna untuk melacak objek yang bergerak. Disamping itu juga ada sensor Full Frame 24.2 mp yang berteknologi Back Illuminated Exmor R CMOS terbaru. Untuk sektor perekaman video, Sony A7 Mark III sanggup merekam video 4k dengan frame rate 24 fps dan 30 fps.

Dibandrol dengan harga 20juta-an lebih, kamera ini belum dilengkapi dengan lensa bawaan (lensa kit). Namun jangan khawatir, karena kita akan bagikan informasi lengkap tentang harga kamera full frame terbaik dengan kelengkapan yang didapatkan nantinya.

Harga Sony Alpha A7 Mark III

Kelengkapan Harga (Rp)
Body Only 24.850.000
Body + FE 24-70mm f/2.8 Lens 27.516.000
Body + FE 24-105mm f/4 G OSS Lens 42.150.000
Harga Kamera Lainnya

Itu dia ulasan lengkap kita untuk salah satu kamera full frame terbaik yang dimiliki oleh Sony. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di Kamera.id ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Sony Alpha a7R IV Terbaru
Read More

Sony A7R Mark IV

Memperkenalkan produk kamera terbarunya yang masih dalam lini A7R, yakni Sony A7R Mark IV, setelah berhasil dalam perilisan…
Kamera Canon EOS M10
Read More

Canon EOS M10

Canon mengeluarkan produk terbarunya yang bernama Canon EOS M10 yang kaya akan fitur canggih. Bicara tentang kamera di…
SONY A6500
Read More

Sony A6500

Diriliskan tahun 2016 lalu, Sony A6500 ini ternyata masih layak untuk Anda beli dan miliki di tahun ini.…
Sony A6400
Read More

Sony A6400

Setelah sony melakukan peluncuran secara global, akhirnya Sony membawa masuk secara resmi ke Indonesia kamera Sony A6400 berjenis…