Hal baru apa sih yang Sony bawa lewat salah satu kamera full-frame mereka yaitu Sony A7R Mark II ? Ini merupakan sebuah kamera mirrorless yang disebut-sebut akan memiliki speed tinggi.

Tak ayal jika pada akhirnya kamera Sony ini akan mampu menghasikan jepretan dan video dengan kualitas bagus.

Terbukti dari lensa yang dibawanya memiliki sensor sebesar 42 mp, pun dilengkapi pula dengan fitur anti goyang. Itu artinya Anda bisa menggunakan kamera mirrorless milik Sony tersebut untuk memotret objek yang bergerak sekalipun.

Kamera terbaik di kelasnya ini digadang-gadangkan memiliki kualitas mumpuni dan mengusung beragam fitur unggulan.

Kamera A7R Mark II buatan pabrikan asal Jepang satu ini bahkan akan menjadi pesaing berat para kompetitornya, khususnya di kelas kamera mirrorless. Tidak hanya ramah untuk kalangan fotografi profesional, kamera mirrorless Sony tersebut juga menjadi pilihan ideal bagi pemula.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai A7R Mark II, simak ulasannya di sini.

Review Kamera Sony A7R Mark II

Sony Alpha a7R IV
Sony Alpha a7R IV

Jika dibandingkan dengan Sony A7S Mark II yang lebih menonjolkan sensitivitas pencahayaannya, sementara itu pada Sony A7R II sendiri ternyata lebih mengunggulkan mengenai besaran resolusi yang dibawanya. Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan hasil jepretan yang lebih jernih, detail, dan tampak lebih nyata.

Bicara bagian luar, Sony memang tidak melakukan banyak penyegaran sebab Sony A7R II ini masih memiliki desain yang sama seperti model sebelumnya, Sony A7R.

Sebagai salah satu tipe kamera mirrorless unggulan Sony, A7R Mark II juga sudah dilengkapi dengan sensor Full Frame.

Namun meskipun demikian jika dibandingkan dengan pendahulunya yang masih ada dalam lini A7R, kamera terbaik Sony satu ini tetap menawarkan sejumlah peningkatan dan pembaharuan, seperti resolusi sensor yang meningkat dari 36 mp kini menjadi 42 mp.

Kabar baiknya, Sony juga sudah membekali kamera mirrorless-nya tersebut dengan fitur peredam goyangan, jadi tidak heran jika pada akhirnya Sony Alpha A7R Mark II disebut sebagai salah satu kamera paling stabil dan anti goyang di tahun ini.

Adapun fitur peredam goyangan yang dibawanya bernama Image Stabilizer 5-Axis. Fitur ini telah terintegrasi di dalam body A7R Mark II, seperti yang dimiliki pada saudaranya, yakni Sony A7 Mark II. Sensor Full Frame yang dimilikinya sebenarnya merupakan yang pertama di dunia sejak pertama kalinya diriliskan di pasaran.

Apalagi sensor kameranya tersebut dibuat dengan teknologi Back Side Illumination (BSI).

Sony bahkan mengkalim kalau teknologi BSI akan memungkinkan sensor pada Sony Alpha A7R Mark II punya resolusi super tinggi, plus sensitivitas terhadap cahaya tinggi pula, terbukti ada peningkatan pada ISO-nya yang mencapai 102400. Kemudian untuk sektor kinerjanya sendiri juga turut mendapat sorotan dengan titik sebanyak 399 buah AF Phase Detect yang ditanamkan Sony secara langsung ke sensor penangkapan gambar.

Komponen tersebut disebut dapat meningkatkan kecepatan respon Autofocus hingga 40 persen jika dibandingkan model terdahulu.

Fitur lain yang tidak kalah menariknya adalah Shutter yang memiliki masa hidup hingga 500 ribu kali jepretan, konektifitas WiFi, Silent Shooting, NFC, jendela bidik elektronik dengan pembesaran hingga 0.78X, perekaman video 4k, dan cangkang magnesium.

Melihat fitur dan performa terbaik yang disematkan Sony, kamera mirrorless Full Frame ini dibandrol dengan harga cukup mahal. Untuk memilikinya Anda harus menyiapkan budget sebesar 3.200 dollar Amerika Serikat, atau sekitar Rp 23 juta rupiah.

Fitur Unggulan Sony A7R Mark II

Sony Alpha a7R IV Mirrorless Digital Camera
Sony Alpha a7R IV Mirrorless Digital Camera

Hadir dengan desain yang ergonomi, Sony Alpha A7R Mark II bisa dibilang sebagai salah satu pilihan terbaik kamera mirrorless Full Frame yang bertabur fitur unggulan. Untuk bagian luarannya, kamera ini diklaim tahan debu dengan campuran body yang dibuat dari material magnesium alloy plus mount lensa yang lebih kokoh.

Pun dengan algoritma yang disempurnakan dan utilisasi yang jauh lebih baik dari prosesor gambar Bionz X.

Lensa FE 85 mm f/1.8 yang disematkan pada A7R Mark II ini merupakan salah satu jenis lensa Short Telephoto ramping dan ringan, yang memang dibuat secara khusus untuk kamera mirrorless E-Mount.

Memiliki Aperture f/1.8 tentunya membuat kamera Sony jenis  mirrorless tersebut cocok digunakan di kondisi low light. Sony Alpha A7R Mark II bahkan mampu memberikan kontrol lebih luas lagi terhadap kedalaman bidang ketika bekerja dengan teknik Selective Focus.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan Sony A7R Mark II yang perlu Anda tahu.

  • Sensor CMOS Full Frame 42.2 mp
  • Mesin pemrosesan gambar Bionz X
  • ISO dengan luasan 50 – 102400
  • Fast Hybrid AF yang memiliki cakupan AF deteksi fasa fokus datar hingga 399 titik
  • Stabilisasi gambar 5 Axis untuk foto atau gambar dan video
  • Kompatibilitas lensa E-Mount Sony
  • Type sensor 35 mm
  • Sensor CMOS R Exmor 35 mm Full Frame ukuran 35.9 x 24.0 mm
  • Sensitivitas ISO foto 100 – 25600
  • Menggunakan baterai NP FW50
  • Layar 7.5 cm TFT Drive
  • Dimensi layar 126.9 x 95.7 x 60.3 mm
  • Bobot 582 gram
  • Weather Resistant Magnesium Alloy Body
  • Refined Grip and Rebust Lens Mount

Kelebihan dan Kekurangan Sony Alpha A7R Mark II

Sony Alpha a7R IV Mirrorless
Sony Alpha a7R IV Mirrorless

Selain memiliki beragam fitur unggulan, Sony juga membekali kamera mirrorless-nya tersebut dengan teknologi hardware termutakhir. Bahkan spesifikasi Kamera Full Frame Sony yang satu ini siap diadu dengan kamera DSLR kelas atas.

Lihat saja untuk urusan pacunya sendiri sudah ada sensor Full Frame 42.2 mp, ISO 102400, 5 Axis Stabilizer Built In, 399 titik fokus deteksi fasa, dan masih ada banyak lagi.

Jika dilihat dari sisi ukurannya, body kamera ini memang lebih ringkas dan ringan jika dibandingkan dengan kamera DSLR yang canggih dan profesional. Namun demikian, ukurannya ternyata masih cukup bongsor jika dibandingkan dengan jenis kamera mirrorless lain.

Kabar baiknya, ukuran lensa Sony FE ternyata cocok dipadukan dengan Sony A7R Mark II.

Tidak jauh berbeda dengan kamera Sony dalam lini A7R lainnya, Sony A7R Mark II ini ternyata juga masih menggunakan baterai NP FW50.

Disatu sisi penggunaan baterai tersebut memaang sudah cukup bagus untuk jenis kamera mirrorless, tetapi dengan ukurannya yang terlalu kecil membuat pengguna harus membawa beberapa buah baterai cadangan.

Ya, tak ada kamera yang sempurna, tak terkecuali Sony A7R II, sebagai salah satu rekomendasi kamera mirrorless Full Frame anti goyang terbaik dengan banderolan harga yang cukup mahal tersebut ternyata Sony belum melengkapinya dengan Weathersealed.

Oleh karenanya Anda perlu berhati-hati lagi saat memotret di pantai, air terjun, atau ketika turun hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Sony A6100
Read More

Sony A6100

Kamera Sony A6100 bisa menjadi salah satu rekomendasi kamera APS-C terbaik dengan kualitas gambar dan autofokus tercepat. Sudah…
Sony A6000
Read More

Sony A6000

Kali ini akan membahas tentang kamera keluaran Sony, yaitu kamera Sony A6000. Kamera kecil namun memiliki banyak kelebihan…
Sony A9
Read More

Sony A9

Salah satu Kamera Full Frame terbaik di dunia yang diluncurkan oleh Sony kali ini adalah Sony A9. Mengusung…
Sony A7R Mark III
Read More

Sony A7R Mark III

Bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer profesional, pastinya sudah tahu mengapa direkomendasikan untuk memilih Sony A7R Mark III.…