Bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer profesional, pastinya sudah tahu mengapa direkomendasikan untuk memilih Sony A7R Mark III. Salah satunya adalah karena kamera mirrorless satu ini hadir dengan resolusi ekstra tinggi.

Ya, sebagai fotografer profesional Anda memang diwajibkan untuk memiliki sebuah kamera dengan sensor resolusi yang tinggi, alasannya agar Anda lebih mudah lagi mendapatkan hasil jepretan yang bagus dan berkualitas tinggi.

Urusan mencetak foto dengan ukuran yang besar sekalipun, misalnya saja untuk pembuatan sebuah banner maupun poster kamera ini bisa banget Anda andalkan.

Namun demikian, jumlah pixel saja ternyata masih belum cukup untuk menghasilkan foto yang bagus. Ukuran sensornya pun menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan, namun jika Anda memilih kamera A7R Mark III, maka Anda tak perlu khawatirkan masalah tersebut.

Sebelum menjatuhkan pilihan sebaiknya ketahui terlebih dulu informasi lebih lengkapnya mengenai Sony Alpha A7R Mark III berikut ini.

Review Sony A7R Mark III

Sony A7R Mark III

Pada saat pertama kalinya dikenalkan di pasaran, Kamera Full Frame Sony yang satu ini langsung menjadi sorotan. Bagaimana tidak, kamera mirrorless milik Sony ini menawarkan solusi yang sangat menggiurkan.

Kamera buatan pabrikan asal Jepang tersebut memang meluncur perdana pada tahun 2017 lalu, tetapi tetap masih handal untuk kebutuhan fotografi.

Kamera ini hadir dengan resolusi 42.4 megapixel, itu artinya kamera Sony tersebut akan mampu dalam menghasilkan foto dengan kualitas tinggi, apalagi di dalamnya juga tersemat sensor Full Frame.

Jika dilihat dari sisi luarannya, desain kamera ini ini memang tampak begitu modern dengan sistem fokus yang jempolan. Body kamera mirrorless tersebut dibuat lebih kokoh dengan grip yang sangat nyaman digenggaman, juga memiliki lubang intip elektronik yang diletakkan di bagian atas.

Sementara itu di bagian belakangnya sendiri ada layar LCD berukuran 3 inch yang ternyata bisa ditekuk untuk memudahkan pengguna ketika ingin mengambil foto dari sudut rendah maupun tinggi.

Tapi sangat disayangkan sekali, karena desain engsel yang digunakan masih sama seperti model terdahulu, layar ini masih belum bisa ditekuk ke depan.

Sony A7R Mark III tidak bisa diandalkan untuk kebutuhan foto selfie, hal yang membuatnya unggul dari pendahulunya adalah penggunaan panel sentuh yang akan memudahkan pemilihan titik fokus.

Kemudian untuk sistem fokusnya sendiri terdiri dari 399 titik Phase Detect dan 425 titik Contrast Detect.

‘Sony bahkan sudah membekali kamera mirrorless-nya tersebut dengan teknologi Eye AF, maka secara otomatis kamera ini dapat mengunci fokus pada mata objek dan 4D Focus yang mampu menjaga fokus meskipun sedang memotret objek yang bergerak cepat.

Meskipun memiliki resolusi yang ekstra tinggi, 42.4 megapixel Sony tetap menambahkan fitur yang memungkinkan kamera ini bisa menghasilkan foto dengan resolusi 169.2 megapixel.

Kemampuan tersebut tentu saja bisa diakses lewat mode Pixel Shift Multi Shooting. Ini pastinya akan semakin memanjakan pengguna dalam dunia fotografi maupun videografi.

Dengan mengaktifkan mode tersebut maka kamera mirrorless ini akan langsung mengambil empat foto sekaligus, setiap foto dengan pergeseran satu pixel.

Penggabungan foto melalui kamera ini akan menghasilkan gambar dengan resolusi, detail, serta tingkat akurasi warna yang jauh lebih bagus lagi.

Kemudian untuk jalankan teknologi canggih tersebut, Kamera Full Frame Terbaik ini telah dibekali dengan sistem stabilisasi yang handal. Sony tanamkan In Body Image Stabialization Lima Poros ke dalam kamera.

Fitur Unggulan Sony A7R Mark III

Sony A7R Mark III Terbaru

Dikarenakan hadir dengan berbagai fitur unggulan sehingga membuat Sony A7R Mark III mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi.

Soal performa, Sony pastinya sudah melakukan berbagai peningkatan pada A7R Mark III untuk menjadi pembeda antara kamera Sony A7R Mark II yang lebih dulu diriliskan di pasaran.

Ya, setelah cukup sukses dalam perilisan A7R Mark II, Sony kembali lagi meriliskan produk kamera mirrorless terbarunya dengan nama A7R Mark III.

Apa yang dibenamkan Sony pada A7R Mark II pastinya dimiliki oleh A7R Mark III, tidak hanya itu pada kamera mirrorless barunya ini Sony juga sudah melakukan berbagai penyegaran agar kamera tersebut bisa diandalkan dengan baik dalam urusan fotografi.

Meskipun memiliki desain yang hampir serupa dengan A7R Mark II, tetapi kamera mirrorless ini ternyata memiliki sejumlah elemen desain terbaru, seperti Joystick kecil di panel belakang untuk memudahkan dalam proses pengaturan fokus atau navigasi menu, port USB type C, slot SD Card ganda, dan micro USB, juga ada pula baterai berkapasitas dua kali lipat lebih besar.

Panel OLED yang disematkannya pun diguakan untuk membidik elektronik yang sudah diupgrade menjadi resolusi 3.69 juta dot.

Sony ternyata mengemas layar pada kamera mirrorless terbarunya tersebut dengan layar sentuh berukuran 3 inch. Layar kamera ini bahkan bisa dijadikan sebagai Touchpad untuk mengatur titik fokus pada saat pengguna sedang membidik pakai ViewFinder.

Untuk bagian spesifikasinya sendiri Sony membawa sensor Full Frame 42.4 megapixel dan sistem Image Stabilization 5 Axis.

Tidak sampai di situ saja, Sony bahkan berhasil mendongkrak performanya berkat dibenamkannya prosesor Bionz  terbaru yang dibuat dengan speed tinggi.

Continuous shooting pada kamer ini pun bisa dijalani dengan speed 10 fps dan dalam resolusi maksimum saat posisi Autofocus aktif. Sistem AF yang digunakan kamera ini ternyata masih mengandalkan 399 titik, tetapi Sony mengklaim kalau kinerjanya sudah ditingkatkan lagi di kondisi low light.

Kelebihan dan Kekurangan Sony A7R Mark III

Sony A7R Mark III 1

Soal kelebihan kita pastinya juga sudah tahu betul kalau kamera mirrorless Sony A7R Mark III ini benar-benar hebat dan handal dalam menciptakan sebuah foto dan video dengan kualitas tinggi.

Sebab, memang kamera tersebut memang diciptakan khusus untuk para fotografer profesional. Namun demikian, jika dibandingkan dengan Sony A9 misalnya, kamera A7R Mark III ternyata masih menggunakan sensor Full Frame dan menempati posisi tertinggi di lini kamera mirrorless Sony.

Fitur dan teknologi yang dibenamkan di dalamnya pun masih terbilang unggul, Sony menggunakan sistem stabilisasi lima poros ke dalam body, prosesor gambar Bionz X, body Weather Sealed, dan daya tahan baterai hingga 650 jepretan.

Apabila butuh kamera dengan sensor yang jumlah pixelnya cukup banyak di lini Sony, maka A7R Mark III adalah jawaban tepatnya. Tapi sangat disayangkan sekali, harga yang ditawarkan Sony lewat A7R Mark III tersebut terlampau mahal.

Harga Sony A7R Mark III

Kamera Sony A7R Mark III

Hadir dengan spesifikasi terbaik dengan performa berkelas, Kamera Sony Full Frame yang satu ini dibandrol dengan harga yang cukup menguras kantong juga. Selengkapnya berikut tabel harga dari kamera tersebut.

Kelengkapan Harga (Rp)
Body Only 34.402.955
Body + FE 24-105mm f/4 G OSS 50.902.051
Body + FE 24-70mm f/2.8 GM lens 64.591.618
Harga Kamera Lainnya

Demikian ulasan lengkap kita tentang Kamera Sony Alpha Full Frame tipe A7R Mark 3, Nantikan informasi menarik lainnya hanya di Kamera.id ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Sony A6100
Read More

Sony A6100

Kamera Sony A6100 bisa menjadi salah satu rekomendasi kamera APS-C terbaik dengan kualitas gambar dan autofokus tercepat. Sudah…
Kamera Canon EOS M10
Read More

Canon EOS M10

Canon mengeluarkan produk terbarunya yang bernama Canon EOS M10 yang kaya akan fitur canggih. Bicara tentang kamera di…
Sony A6000
Read More

Sony A6000

Kali ini akan membahas tentang kamera keluaran Sony, yaitu kamera Sony A6000. Kamera kecil namun memiliki banyak kelebihan…
Sony A6300
Read More

Sony A6300

Meskipun pihak dari Sony sendiri sudah cukup banyak meriliskan produk kamera terbaru setelah perilisan Sony A6300, akan tetapi…
Sony A6600
Read More

Sony A6600

Sepertinya tidak pernah ada habisnya, raksasa teknologi terbesar satu ini, Sony, untuk meluncurkan kembali kamera Mirrorless terbaiknya. Salah…