Memperkenalkan produk kamera terbarunya yang masih dalam lini A7R, yakni Sony A7R Mark IV, setelah berhasil dalam perilisan Sony A7R versi standar, Sony A7R Mark II, dan Sony A7R Mark III.

Salah satu fitur unggulan yang dibenamkan Sony melalui kamera barunya tersebut adalah adanya lensa kamera yang beresolusi cukup besar, 61 mp.

Tidak main-main memang, bahkan kamera Full Frame satu ini juga membawa sensor Illuminated CMOS yang akan menjadikan hasil jepretan dengan kamera tersebut semakin ciamik.

Kamera Full Frame mirrorless Sony untuk generasi ke empat dari lini A7R ini benar-benar menarik sekali untuk dimiliki, apalagi bagi mereka yang berprofesi sebagai fotografer profesional.

Anda pastinya akan lebih mudah lagi mendapatkan hasil jepretan yang berkualitas tinggi menggunakan kamera Sony yang satu ini. Meskipun kamera Full Frame Sony tersebut bukanlah produk terbaru, tetapi pada kenyataannya A7R Mark IV masih unggul di pasaran.

Mau tahu kehebatan lainnya yang ditawarkan Sony lewat A7R Mark IV? Mari simak selengkapnya di sini.

Sony A7R Mark IV, Kamera Full Frame Terbaik

Sony Alpha a7R IV Terbaru

Ya, seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa kamera mirrorless ini merupakan salah satu jenis kamera Full Frame terbaik yang membawa sensor Illuminated CMOS. Itu artinya, kamera Sony tersebut akan memiliki 567 titik fokus yang akan membantu penggunanya dalam mencari fokus lebih akurat ketika memotret.

Jika dibandingkan dengan Sony A7R Mark III, jumlah titik fokus yang diusungnya tentu saja alami kenaikan dari 399 titik.

Kamera Sony full frame ini telah menggunakan prosesor yang sama dengan lini A7R lainnya, yaitu Bionz X.

Dikarenakan kamera handal Sony ini memiliki titik fokus cukup banyak, sehingga membuat A7R Mark IV mampu memotret dengan metode brust sekalipun hingga 10 frame per detik. Besaran resolusi yang ditawarkan kamera Sony ini memang tak main-main, bahkan pabrikan asal Jepang tersebut juga meningkatkan mode MultiShots.

Tujuannya tidak lain agar kamera tersebut bisa menghasilkan foto yang tersusun atas 16 foto secara berurutan.

Hasil foto menggunakan kamera Full Frame Sony ini bahkan setara dengan kamera beresolusi 960 mp.

Selain itu untuk fitur videonya sendiri juga alami peningkatnya, dengan hadirnya fitur Real Time Eye Autofocus yang bisa membantu pengguna saat merekam video atau pun butuh perpindahan atau tracking fokus dengan cepat.

Sony bahkan sudah menambahkan konektor audio digital terbaru pada Hotshoe, jadi pengguna tidak perlu kabel lagi dan memungkinkan untuk merekam yang jauh lebih baik daripada menggunkan colokan 3.5 mm.

Tidak sama seperti pendahulunya, Sony A7R versi standar, Sony A7R Mark II, maupun Sony A7R Mark III, A7R Mark IV ini memang menduduki posisi tertas sehingga bisa digunakan pula untuk merekam video dengan ukuran penuh, tanpa harus terkena crop sensor dan mengakibatkan luasan gambarnya diperkecil.

Tidak salah jika pada akhirnya kamera Full Frame versi teratas tersebut memang ditujukan khusus untuk fotografer profesional.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, yakni Nikon Z7 yang membawa lensa 45.7 Megapixel dan Canon R dengan lensa kameranya sebesar 30.3 Megapixel, kamera Sony ini jauh lebih unggul dibandingkan kompetitornya.

Kabar baiknya, di dalam kamera Full Frame unggulan Sony tersebut juga sudah tersemat 5 Axis stabilisasi, 5.76 juta UXGA OLED Viewfinder, dan tambahan perlindungan untuk debu maupun cuaca ekstrim.

Fitur Unggulan Sony A7R Mark IV

Sony A7 Mark III 2

Jika berbicara mengenai fitur unggulan yang diusung Sony A7R Mark IV ini pastinya ada banyak sekali. Pasalnya kamera Full Frame lini A7R tersebut memang menduduki posisi teratas untuk kamera canggih jenis mirrorless. Pertama ada sensor Full Frame yang beresolusi 61 mp.

Angka tersebut ternyata naik cukup jauh dari A7R Mark III yang lebih dulu diriliskan di pasaran, dimana resolusi sensor yang dibawanya hanya 48 mp saja.

Sensor Full Frame yang dibawa Sony pada A7R Mark IV memang jauh lebih unggul, apalagi sensor tersebut merupakan jenis BSI CMOS yang diklaim punya rentang dynamic range hingga 15 stop.

Kualitas gambar yang dihasilkan kamera ini digadang-gadangkan sebanding dengan kamera medium format yang mengusung sensor berukuran lebih besar di atasnya.

Tidak hanya unggul karena membawa resolusi kamera tinggi, A7R Mark IV ternyata sudah dilengkapi dengan brust rate hingga 10 frame pr detik, plus ada pula AF dan AE Tracking selama 7 detik.

Kamera Full Frame terbaik milik Sony ini bahkan fitur peredam goyangan atau yang biasanya dikenal dengan nama IBIS (In Body Image Stabilizer) 5 Axis dan dengan kompensasi hingga 5.5 stop. Kemudian untuk pengelolaan gambarnya sendiri Sony mengandalkan chip Bionz X.

Jika dilihat dari sisi luarannya, body kamera Full Frame Sony ini juha turut mendapat penyegaran.

Kini Sony A7R Mark IV sudah memiliki Weather Sealing yang jauh lebih mumpuni, dan memiliki sekat-sekat karet pada kompartmen baterai NP FZ100i dan kartu memori dual UHS II.

Lebih lanjut lagi mengenai kemampuan merekam A7R Mark 4, dengan resolusi video 4K per 30p, dengan Touch Tracking plus Real Time Eye AF, dan dukungan 8 Bit S Log 2/3 serta HLG.

Kelebihan dan Kekurangan Sony A7R Mark IV

Sony Alpha A7 Mark III 1

Berkat hadirnya sensor kamera beresolusi 61 mp sehingga membuat kamera Full Frame Sony ini memiliki performa di atas rata-rata.

Meskipun di pasaran Sony bukan satu-satunya pabrikan yang bermain di kancah mirrorless Full Frame, sebab juga ada Canon, Panasonic, dan Nikon yang juga menawarkan kamera unggulannya.

Tetapi pada kenyataannya kamera full frame buatan Sony ini mampu menggeser produk kamera buatan kompetitor lainnya.

Tidak hanya sebatas membawa pembaharuan yang iteratif, Sony yakin kamera terbarunya tersebut akan menjadi salah satu kamera terbaik dan paling laris di pasaran.

Bahkan menjadi standar baru di segmen mirrorless Full Frame. Hal tersebut dibuktikannya lewat sensor terbaik mereka.

Harga Sony A7R Mark IV

Kamera Sony Full Frame Terbaik

Lalu berapa harga Sony A7R Mark IV di pasaran?

Jika berbicara mengenai masalah harga, dengan melihat semua kehebatan yang diusungnya, maka sudah menjadi hal yang lumrah kalau Sony membanderol kamera terbaiknya ini dengan kisaran harga yang mahal.

Selengkapnya harga kamera Full Frame Sony ini adalah sebagai berikut.

Kelengkapan Harga (Rp)
Body Only 49.580.000
Body + FE 24-105mm f/4 G OSS Lens 64,674,251
Body + FE 24-70mm f/2.8 GM Lens 78,446,451
Harga Kamera Lainnya

Demikian ulasan kita tentang kamera Sony Full Frame A7R Mark 4 yang dijuluki sebagai salah satu kamera Full Frame terbaik di dunia. Semoga Bermanfaat~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
SONY A6500
Read More

Sony A6500

Diriliskan tahun 2016 lalu, Sony A6500 ini ternyata masih layak untuk Anda beli dan miliki di tahun ini.…
Sony A7 Mark II
Read More

Sony A7 Mark II

Masuk menjadi Jajaran Kamera Full-Frame yang laris di Pasaran, Sony A7 Mark II masih menjadi kamera Full Frame…
Sony A7 Mark III
Read More

Sony A7 Mark III

Sebenarnya ini bukanlah kamera mirrorless terbaru Sony, sebab Sony A7 Mark III tersebut rilis pada tahun 2018 kemarin.…