Kamera Digital Single Lens Reflex atau yang sering disebut Kamera DSLR ini merupakan kamera yang sering digunakan oleh para potografer.

Prinsip kerja dari kamera DSLR adalah memanfaatkan cermin yang diteruskan ke lensa viewfinder.

Itulah yang membuat hasil jepretan dari kamera DSLR jadi yang terbaik diantara jenis kamera lainnya

Kamera digital ini sudah menjadi bagian hidup pada masa kini, artinya wajib untuk dimiliki bagi siapa saja yang ingin gaul.

Kamera tanpa cermin atau istilah kerennya kamera mirrorless merupakan produk yang menciptakan hasil gambar dengan kualitas beautiful plus. Jika para vlogger tidak puas dengan kamera HP atau compact digital, kamera mirrorless menjadi solusinya.

Karena, kamera mirrorless sangat mendukung jika digunakan untuk membuat konten-konten video yang diunggah pada sosial media.

Kamera Mirrorless Terbaik dan Populer Sekarang

Nah pada tahun ini banyak dari brand ternama berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk andalannya. Mengingat permintaan konsumen yang semakin meningkat tiap tahunnya, maka dari itu akan dijelaskan beberapa daftar merk sebagai referensinya.

Selanjutnya, akan dikenalkan beberapa rekomendasi kamera mirrorless yang digunakan untuk vlog. Kamera mirrorless yang akan dikenalkan dibawah ini cocok untuk semua orang, termasuk bagi para pemula.

Hal ini akan menjadi referensi bagi para vlogger untuk dapat memilih kamera mirrorless terbaik. Empat kamera mirrorles berikut adalah terfavorit dikalangan banyak orang.

1. Panasonic Lumix G9

Panasonic Lumix G9
Panasonic Lumix G9

Produk pertama yang akan dibahas yakni Panasonic Lumix G9 pada bagian body sengaja dibuat kokoh ketika digenggam seperti DSLR. Selain itu produk ini mengusung tema 20,3 MP, dan untuk ISO sekitar 200-25600, tidak masalah kondisi gambar yang akan diambil karena produk ini memiliki stabilisasi 5 poros.

Lalu keunggulan yang lainnya bagaimana? Tenang saja, tak perlu khawatir. Spesifikasi lainnya yiatu mengusung Continuous Shutter Speed Lumix G9 yang dapat mencapai angka kisaran 26060 fps. Sedangkan untuk merekam video  menghasilkan keluaran 4K tentunya bisa diandalkan.

Karena brand ini merupakan perpaduan dengan kamera Midrange GX80/GX85/GX7 Mark II sekaligus kamera High End GX8. Harga yang ditawarkan senilai Rp. 25 jutaan, sesuai dengan setiap keunggulan yang dimiliki.

2. Panasonic Lumix GH5

Panasonic Lumix GH5
Panasonic Lumix GH5

Produk Panasonic memang sedang tren dibicarakan kamera mirrorlessnya karena selalu mengeluarkan ide terbarunya setiap saat. Pecinta film indie tentu paham betul setiap spesifikasi GH5 ini. Hal ini membuat Produk Panasonic terus termotivasi untuk menciptakan inovasinya pada seri GH selanjutnya.

Untuk hasil produknya bisa dilihat di toko terdekat, salah satunya seri GH5 yang kemampuannya mampu merekam video dengan output 4k pada 60 frame setiap detiknya. saat pengambilan foto mampu menghasilkan 6K.

Sedangkan untuk perekamannya 10 bit mode 4K pada 30 frame setiap detiknya sebuah produk yang pantas untuk dimiliki. Harga yang ditawarkan sebesar RP. 24 juta, untuk sensor sendiri produk ini masih setia menggunakan Sistem Micro Four Thirds (MFT). Jadi keunggulannya adalah lensa diganti dengan produk di luar Panasonic, tanpa harus khawatir terjadi kerusakan.

3. Olympus PEN Lite E-PL6

Olympus PEN Lite E PL6
Olympus PEN Lite E PL6

Beda lagi merk produk yang akan dibahas, kali ini brand Olympus juga tidak kalah menariknya. Setiap produk memang memiliki identitas yang telah dimilikinya, selebihnya tergantung kepada pengguna sesuai kebutuhan. Andalan dari produk ini sudah memakai fitur sensor Live MOS 16.1 dengan teknologi MP Image Prosessor  Truepic IV.

Kamera yang satu ini sudah dilengkapi layar sentuh dengan tujuan mempermudah dalam menggunakannya dan memungkinkan untuk menerima reaksi secara responsif. Keunggulan lainnya terletak pada bodynya yang ringan, dan untuk monitor mampu diputar hingga 170 derajat.

Harga sesuai dengan kualitas yaitu Rp. 4 juta, kelebihan lainnya kamera ini mampu mendeteksi wajah dan objek mata dengan titik fokus sangat tajam. Karena menggunakan sistem FAST sebuah teknologi Sensor Akselerasi Frekuensi.

4. Olympus PEN E-PL 8

Olympus PEN E PL 8
Olympus PEN E PL 8

Produk ini memang sangat membantu bagi pemula yang ingin terjun pada dunia fotografer. Karena pada bodynya dibuat ringan namun tetap kokoh, untuk sensor masih menggunakan Micro Four Thirds (MFT) merupakan andalan dari produk Olympus. Spesifikasi MFT ini sebesar 16,1 megapixel.

Pada layar viewfindernya bisa diputar ke bawah untuk memberi kenyamanan bagi para pemula saat pengambilan gambar di sudut ruang tersulit. Selain itu, pada sistem focusnya mempunyai 18 titik yang sudah tersebar di beberapa area, dan dilengkapi fitur kecepatan hingga 8 fps (frame per second).

Harganya sangat terjangkau yaitu sebesar 7,3 juta. Spesifikasi yang ditawarkan tidak kalah dengan versi lamanya. Olympus PEN E-PL 8 memiliki fitur pembersihan debu sistem Super Sonic Wave Filter, yang fungsinya mengurangi debu saat mengganti lensa.

5. Canon EOS M3

Canon EOS M3
Canon EOS M3

Kamera Mirrorless terbaik selanjutnya adalah produk dari Canon EOS M3 sebuah kamera yang mampu menciptakan suasana baik bagi penggunanya.

Produk yang satu ini didukung menggunakan teknologi Hybird CMOS AF III dimana titik focusnya lebih cepat.

Untuk sensor menggunakan CMOS 24.2 di kombinasi dengan prosesor gambar DIGIC 6 dan gambar yang dihasilkan sangat mempesona.

Harganya pun juga terjangkau yaitu sekitar Rp. 6,5 juta, spesifikasi LCD nya dapat dilipat 180 derajat dan mampu menghasilkan ouput di setiap sudut gambar yang berbeda.

6. Sony Alpha A6300

Sony Alpha A6300
Sony Alpha A6300

Kamera yang dibandrol dengan harga Rp14.549.000,- mempunyai fitur dan fasilitas yang tidak mengecewakan. Hasil jepretan Alpha A6300 menciptakan kualitas foto yang sangat luar biasa.

Sony memberikan fitur kepada kamera Sony Alpha mempunyai responsif yang cepat jika digunakan untuk membuat vlog. So, alias no macet-macet again dan tidak mengulang video vloggernya.

Fitur autofocus dari Sony Alpha A6300 menjadi fitur yang paling cepat didunia, cukup 0.05 detik. Kamera ini paling banyak memberikan Fase AF, yaitu 425 fase. Dalam pemotretan suatu gambar dan merekam suatu video kamera ini memberikan resolusi sebanyak 4K.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, fitur Advaned 4D Focus juga dimiliki oleh Sony Alpha A6300. Fitur ini dapat memotret objek yang bergerak dengan fokus, cepat dan tepat. Sehingga sangat cocok juga digunakan bagi fotografer yang hobi memotret kegiatan olahraga maupun binatang.

Jangan khawatir kehabisan baterai saat memotret. Tentunya, kamera ini dapat menghasilkan 400 shots jika menggunakan tampilan LCD dan mendapatkan 350  jepretan jika menggunakan EVF (electronic view finder).

7. Canon EOS M5

Canon EOS M5
Canon EOS M5

Kamera ini mempunyai kualitas yang tahan lama dan juga dapat dikontrol dengan smartphone. Canon EOS M5 mempunyai sensor CMOS (APS-C) 24.2 megapiksel yang dapat menciptakan gambar resolusi tinggi dan tajam dengan kondisi kekurangan cahaya.

Canon juga membekali fitur image processor DIGIC 7 untuk mengkolaborasikan dua sistem tanpa mengurangi kinerja pengambilan.

Kamera yang mempunyai penawaran perangkat autofocus ini sangat cocok bagi penggemar menggunakan multimedia. Hal ini karena Canon EOS M5 menambahkan fitur Dual Pixel CMOS AF. Juga ditambahkan terdapat Digital IS 5 axis untuk menstabilkan proses pengambilan video.

Untuk menyambungkan dengan smartphone, kamera ini dibekali dengan Wi-Fi NFC. Selain itu, penambatan dengan smartphone juga dapat dilakukan dengan bluetooth jika pengontrolan operasional kamera jarak jauh.

Harga penawaran kamera ini berkisar Rp14.240.000,-. Harga yang cukup fantastis, tetapi dijamin sangat puas dengan fitur-fitur yang diberikan oleh EOS M5 ini.

8. Fujifilm X-T20

Fujifilm X T20
Fujifilm X T20

Kamera produk dari Fujifilm seri X-T20 memiliki design minimalis. Perpaduan kombinasi dari prosesor gambar X-processor pro dan sensor APS-C-X-trans CMOS III 24.3 megapiksel membuat kamera berfungsi maksimal.

Fujifilm X-T20 kit 16-50 mm dapat memotret objek dengan resolusi tinggi dengan jernih dan tajam. Fitur ini memanfaatkan optik berjenis filter low-pass.

Kamera mirrorless terbaik dan populer dalam kalangan masyarakat ini mempunyai harga fantastis, yaitu Rp14.449.000,-. Bagi seorang pemula yang menggunakan kamera ini, jangan khawatir untuk sulit mengoperasionalkan X-T20.

Karena hasil dari ragam fitur-fitur yang diberikan Fujifilm X-T20, akan membuat hasil jepretan seperti fotrografer profesional.

9. Samsung NX3300

Samsung NX3300
Samsung NX3300

Bagi kaum penggemar selfie, samsung NX3300 menjadi kamera pilihan terbaik. Kenapa? Ya, karena kamera dengan fitur Advanced Beauty Shot dan Dual Beauty Effect membuat foto dan video selfie menjadi sempurna.

Fitur ini menjadi skincare buatan untuk meningkatkan kecerahan dan menyamarkan bercak noda melalui fitur softness dan brightness. Harganya berkisar Rp8.087.000,-

Kamera yang mempunyai layar dapat diputar 180 derajat dengan lebar LCD 3.0 inch memiliki sensor CMOS APS-C 20.3 megapiksel. Sehingga objek mendapatkan kualitas gambar dan warna sempurna.

Kamera ini cocok bagi para pemula ataupun yang ingin difoto ala-ala model terkenal. Dan tanpa repot-repot mengedit dengan aplikasi di komputer maupun smartphone.

Cara Memilih Kamera Mirrorless yang Tepat

Setelah pada tahu beberapa macam jenis kamera mirrorless terbaik, selanjutnya adalah apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli kamera mirrorless.

Selain menyamakan dengan uang di kantong, perlu juga mengetahui dan memahami apa saja yang menjadi pertimbangan untuk memilih kamera mirrorles dengan tepat.

1. Cek Ukuran Sensor

Hal yang paling utama jika ingin membeli kamera mirrorles adalah mengecek bagian sensornya. Sensor merupakan komponen penting kamera untuk mengubah sinar cahaya ke sinar digital dilanjutkan ke layar monitor. Sensor ini mendukung pemotretan gambar blur.

Jika memilih kamera dengan sensor ukuran tinggi, maka gambar yang dihasilkan juga menghasilkan gambar resolusi besar. Hal ini akan mendukung pemotretan di tempat yang kurang mempunyai sinar cahaya yang masuk.

Karena jika mempunyai kamera dengan sensor besar, akan banyak cahaya yang terkumpul dan memiliki daya pantul yang maksimal.

Sensor yang unggul jarang digunakan untuk fitur kamera mirrorles. Salah satu jenis sensor yang unggul adalah full size. Sensor ini biasanya dimiliki oleh kamera DSLR ataupun kamera profesional lainnya.

Namun, beberapa sensor yang besar dimiliki kamera mirrorless Nikon dan Sony. Sensor tersebut mempunyai ukuran APS-C sehingga dapat menciptakan gambar dan rekaman video kualitas maksimal.

2. Menyeimbangkan Ukuran ISO Dengan Sensor

Yang selanjutnya merupakan ISO. ISO ini menjadi pengaturan yang sangat lazim digunakan untuk memotret yang kurang akan sinar cahaya. Semakin maksimal ISO yang dipunya, juga semakin maksimal pula sebuah kamera dalam menampung cahaya yang ditangkap.

Biasanya kamera yang memiliki ISO tinggi digunakan untuk mengambil gambar pada malam hari.

Kamera yang dibekali dengan ISO yang baik tentunya gambar bisa didapatkan dengan sempurna dan mempunyai respon shutter semakin cepat sehingga dapat mengurangi guncangan. Jika akan memotret  objek di tempat yang gelap gunakan ISO 3200 atau lebih.

Atau, gunakan ISO lebih dari 12800 jika ingin menghasilkan objek yang cerah.

Hal yang perlu diingat jika ISO yang tinggi dapat menurunkan kualitas gambar yang dihasilkan. Tetapi, hal ini tidak menjadikan kekhawatiran jika foto atau rekaman yang dihasilkan menjadi jelek.

Tentunya pemilihan kamera dengan ISO yang tinggi, dapat dibarengi dengan sensor yang besar. Sehingga hasil dari kualitas gambar tetap maksimal.

3. Mengecek Resolusi Kamera

Istilah yang digunakan dalam resolusi kamera pada kamera ponsel maupun smartphone yaitu piksel. Istilah ini pasti tidak asing di telinga kebanyakan orang. Piksel ini merupakan tampilan layar yang berasal dari titik-titik gambar yang masuk diterima oleh sensor kamera. Jika semakin besar jumlah piksel, maka semakin besar pula resolusi objek yang diambil.

Piksel ini sama dengan ISO. Bagi yang ingin membeli piksel yang tinggi, juga harus menyeimbangkan dengan besarnya ukuran sensor pula. Jika ukuran resolusi dan sensor kamera berbeda, maka jumlah besarnya titik-titik yang masuk ke kamera juga pasti berbeda.

Kamera dengan resolusi yang tinggi dapat dibarengi dengan sensor APS-C ukuran besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Sony A7 Mark II
Read More

Sony A7 Mark II

Masuk menjadi Jajaran Kamera Full-Frame yang laris di Pasaran, Sony A7 Mark II masih menjadi kamera Full Frame…
Sony A6100
Read More

Sony A6100

Kamera Sony A6100 bisa menjadi salah satu rekomendasi kamera APS-C terbaik dengan kualitas gambar dan autofokus tercepat. Sudah…
SONY A6500
Read More

Sony A6500

Diriliskan tahun 2016 lalu, Sony A6500 ini ternyata masih layak untuk Anda beli dan miliki di tahun ini.…
Sony A9
Read More

Sony A9

Salah satu Kamera Full Frame terbaik di dunia yang diluncurkan oleh Sony kali ini adalah Sony A9. Mengusung…
Sony A6300
Read More

Sony A6300

Meskipun pihak dari Sony sendiri sudah cukup banyak meriliskan produk kamera terbaru setelah perilisan Sony A6300, akan tetapi…
Sony A7S
Read More

Sony A7S

Semakin berkembangnya industri kamera mirrorless di dunia yang menjadi pasaran empuk di Indonesia salah satunya adalah Sony A7S.…