Canon EOS 600D: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

. 3 Februari 2024

Sejak di rilis pada tahun 2003, Kamera Canon EOS 600D sempat dinobatikan sebagai salah satu seri kamera terbaik menurut perusahaan Canon.

Akan tetapi enam tahun berikutnya, Canon memberi kejutan dengan merilis seri yang lebih canggih yaitu Canon 600D.

Secara keseluruhan, Canon EOS 600D masih membawa inovasi besar yang dimiliki seri sebelumnya. Simak ulasan berikut!

Kamera Canon EOS 600D
Kamera Canon EOS 600D

Review Kamera Canon EOS 600D Lengkap

Hingga saat ini, seri 600D masih jadi pilihan terbaik orang-orang yang menggandrungi hobi fotografi. Lalu, apa saja hal-hal yang membuat Canon 600D tetap adem di hati para fotografer? Berikut ini review lengkapnya.

1. Hasil Upgrade dari Canon EOS 550D

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Canon 600D merupakan hasil perbaruan dari Canon 550D, seri kamera paling inovatif sepanjang masa.

Kamera ini memiliki semua fitur terbaru yang dimiliki 550D, mulai dari lensa 18 Megapixel, kecepatan potret 3,7 bps pocket-able dan memiliki kemampuan mengambil foto dengan tambahan kecerdasan buatan.

2. Memiliki Fitur Creative Filter Effect

Fitur Creative Filter Effect adalah salah satu yang membuat Canon 600D jauh lebih pantas dimiliki dibanding seri pendahulunya.

Creative Filter Effect memberi kesempatan bagi pemilik kamera untuk mengedit fotonya dengan opsi edit yang sangat luas. Beberapa menu terbaik dalam Creative Filter Effect adalah Soft Focus dan Fish Eye.

Selain itu, dalam fitur ini pula, foto yang telah dijepret bisa diedit bentuk, ukuran, dan arah foto. Foto-foto yang terdapat di dalam kamera juga bisa dipotong secara langsung apabila diinginkan.

Jadi pemilik kamera tidak perlu membuka komputer dan mencolokkan kartu memori untuk mengedit. Cukup dengan 600D saja maka editing bisa langsung dilakukan dari kamera.

Baca juga: Review Kamera Canon 700D

3. Memiliki Pop Up Flash

Sering dibuat kesal karena berfoto dengan pencahayaan tidak cukup? Canon 600D punya pop up flash yang membuatnya bisa mengambil foto di tempat tergelap. Salah satu bagian kamera yang tidak boleh dilewatkan.

Tidak seperti kamera-kamera sebayanya yang perlu dihidupkan flash-nya secara manual, flash 600D otomatis hidup sebelum foto dijepret.

Cukup dengan mengaktifkan fiturnya di Screen Menu, maka flash sudah bisa digunakan. Flash yang dimiliki kamera 600D juga tidak menimbulkan blur akibat cahaya yang terlalu terang.

Flash ini juga tidak akan terpantul dari mata orang-orang yang difoto. Jadi foto tetap akan berkualitas dengan pencahayaan yang sesuai kebutuhan.

4. Punya Fitur Menu Lengkap dan Mudah Dipahami

Ini merupakan keunggulan yang tidak sepenuhnya dimiliki pendahulu Canon 600D. Berbeda dengan 550D, kamera satu ini punya menu yang jauh lebih lengkap.

Fitur ini dapat digunakan dengan cara menekan tombol menu dan mengarahkannya ke settingan yang dibutuhkan.

Tidak seperti menu kamera lainnya, menu 660D lebih mudah dipahami dan menjadi salah satu Rekomendasi Kamera untuk Pemula.

5. Memiliki Teknologi Scene Intelligent Auto

Scene Intelligent Auto adalah teknologi terbaru yang ditawarkan Canon dalam seri kamera 600D.

Teknologi ini membantu pengambil foto memilih scene terbaik sebelum kamera mengambil gambar, terutama jika gambar yang akan diambil masih bergerak-gerak.

Kecerdasan buatan sederhana yang ada di dalam kamera akan menarget orang-orang dan scene dengan posisi terbagus untuk diambil.

Jadi tidak perlu khawatir foto akan blur atau terambil tidak sesuai ekspektasi, menjadikan aktivitas selfie dan wefie menjadi lebih meyakinkan.

Cukup dengan menyetting foto dengan waktu tunda yang diperlukan, maka Canon 600D akan mengambil foto sesuai keinginan pengguna.

6. Punya On-Screen Feature Guide di Layar

Untuk pengaturan sederhana, pengguna bisa mengaturnya langsung dari layar kamera. Cukup dengan menekan setting yang ada di layar, maka setting gambar juga akan berubah sesuai keinginan.

Selain Menu di layar, terdapat panduan penggunaan fitur yang bisa diakses langsung di layar. Hal ini akan memudahkan pengguna memahami cara memaksimalkan fitur-fitur yang ada di dalam kamera.

7. Mudah Dipegang dan Dibawa Ke Mana Saja

Fitur utama yang selalu dimiliki kamera Canon sejak dulu adalah kemudahan untuk dipegang dan dibawa ke mana-mana. Sama seperti para pendahulunya, seri 600D sangat handy, nyaman dipegang baik saat dipakai mau pun tidak.

Selain itu ukurannya juga compact, muat meski tas yang digunakan untuk membawanya kecil.

Bagi yang tidak membawa tas, 600D tetap bisa dibawa ke mana saja, karena kamera ini memiliki tali.

8. Menggunakan Konektivitas Wireless

Apakah canon eos 600d sudah ada wifi ? Guna mendukung produktivitas dan mobilitas, kamera ini telah dilengkapi dengan koneksi wireless yang memudahkan dalam pengiriman gambar secara langsung.

9. Apakah Canon 600D ada Wi-Fi ?

Ini menjadi pertanyaan paling banyak ditanyakan. Untuk Kamera Canon 600D belum memiliki Wi-Fi. Untuk pemindahan data hanya bisa dilakukan melalui SD-Card.

Spesifikasi Kamera Canon EOS 600D

Jenis lensa yang digunakan kamera ini adalah lensa EF dan EF-S, lensa yang direkomendasikan oleh seluruh fotografer dunia.

Meski demikian, gambar-gambar ini tetap punya resolusi tinggi, karena didukung dengan resolusi lensa 18 Megapixel dengan kemampuan menangkap gambar hingga 4 foto per detik. Untuk perekaman video sudah mendukung Full HD.

Harga Umum Kamera Canon EOS 600D

Berikut ini merupakan harga baru dan harga bekas kamera canon EOS 600D

TipeHarga
Canon EOS 600D BaruRp 6.500.000
Canon EOS 600D BekasRp 4.000.000

Harga diatas tergolong sangat murah dengan teknologi keren di dalamnya yang akan memuaskan fotografer profesional mana pun.

Akan tetapi, bagi anda yang ingin membeli kamera Canon 600D yang baru, perusahaan ini sudah tidak memproduksi untuk varian terbarunya.

Demikianlah informasi lengkap mengenai Canon 600D, keunggulan, dan spesifikasinya. Meski keluaran lama, kamera ini masih yang terbaik di kelasnya.

Mayoritas masyarakat dunia masih menjadikan 600D merk kamera nomor satu di dunia, sehingga tidak perlu ragu membelinya. Semoga Bermanfaat~

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait
. Kamera . 14 April 2024
Apakah Sony A6300 masih worth it untuk dimiliki di tahun ini ? Jawabannya : Masih. Besutan kamera mirrorless sony ini memiliki spesifikasi dan harga yang cukup terjangkau. Dirilis pada tahun 2016 silam, Sony A6300 memang memiliki desain yang bisa dibilang kurang modern. Namun bicara soal kualitas, Sony A6300 mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas ... Baca Selengkapnya
. Kamera . 15 April 2024
Bagi anda yang sedang berburu dan ingin membeli sebuah kamera untuk vlog tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah beli dan akhirnya timbul penyesalan. Profesi youtuber atau vlogger saat ini menjadi menjanjikan melihat kesuksesan beberapa figur. Salah satu kebutuhan utama dari seorang vlogger yaitu kamera. Kamera untuk vlog sudah seharusnya memiliki keunggulan ... Baca Selengkapnya
. Kamera . 14 April 2024
Kamera Canon 700D merupakan salah satu jenis kamera DSLR yang memiliki banyak peminat. Khususnya para fotografer dan orang-orang yang memang menyukai dunia fotografi. Tak heran jika Canon EOS 700D menjadi salah satu rekomendasi kamera untuk pemula Banyak review positif mengenai kamera DSLR jenis Canon 700D ini. Selain itu harga yang ditawarkan juga relatif dan sesuai ... Baca Selengkapnya