Bagi Anda yang baru mulai terjun ke dunia fotografi dan videografi, tidak ada salahnya untuk mengetahui Bagian Kamera lengkap dengan fungsinya.

Terlihat sepele, namun sebenarnya ini adalah hal dasar yang sangat penting untuk dipahami. Semakin paham kita dengan bagian bagian dari sebuah kamera, semakin mengerti juga kita fungsi dari bagian kamera tersebut.

Dunia fotografi merupakan suatu aktivitas yang cukup banyak diminati. Proses pengambilan foto dilakukan dengan memanfaatkan alat potret. Semakin canggih kamera atau alat potret yang digunakan, maka hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Namun, perlu diketahui, sebelum menggunakan kamera, sebaiknya memahami terlebih dahulu bagian bagian kamera beserta fungsinya sehingga tidak terjadi kesalahan ketika menggunakannya.

Alih-alih mendapatkan foto yang bagus, kamera menjadi rusak karena kurang memahami setiap komponen yang menjadi bagian dari kamera.

Bagian Kamera dan Fungsinya

Untuk para pecinta fotografi, memahami kamera yang akan digunakan dalam sebuah pemotretan atau pengambilan suatu objek tentunya adalah hal yang mutlak dikuasai secara mendalam. Pasalnya, hal ini dapat memengaruhi foto yang dihasilkan.

Memahami setiap bagian bagian kamera, maka foto yang dihasilkan pun akan lebih maksimal. Secara umum, kamera memiliki komponen sebagai berikut.

Bagian Atas Kamera

Kamera Bagian Atas
Kamera Bagian Atas

1. Tombol Start-Stop Record Video

Tombol Start Stop Record Video
Tombol Start Stop Record Video

Jangan tekan Record (Ditandai dengan tombol berwarna merah), Kecuali Anda ingin merekam video. Tombol ini mungkin muncul di posisi berbeda di setiap kamera, akan tetapi tetap ditandai dengan titik berwarna merah yang diartikan sebagai simbol Record Video.

Tombol ini berfungsi untuk merekam video. Dengan menekan tombol ini anda dapat memulai atau mengakhiri proses perekaman video yang sedang berjalan.

Cukup dengan satu kali tekan saja, kamera akan merekam video. Untuk mengakhiri perekaman Anda bisa tekan kembali pada tombol yang sama.

2. Power Switch Kamera

Power Switch Kamera
Power Switch Kamera

Power Switch berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan kamera. Saklar kamera yang satu ini pada umumnya berbentuk tuas yang dapat dinaikkan dan diturunkan untuk menghidupkan ataupun mematikan kamera.

3. Tombol Shutter Release

Tombol Shutter berfungsi untuk mengambil gambar dari kamera Anda. Pada umumnya tombol Shutter ini berada di bagian atas kanan.

4. Tombol Exposure Compensation-Aperture

Main Dial
Main Dial

Tombol Exposure-Aperture ini sering kita jumpai di kamera DSLR series. Anda bisa atur tingkat exposure dan aperture dengan menggeser tombolnya ke kiri atau ke kanan.

Tombol ini akan membuat gambar lebih terang atau gelap tergantung situasi dan tempat yang kita bidik.

5. Mode Dial

Mode Dial
Mode Dial

Mode Dial hadir dengan banyak mode pengambilan gambar dan video. Umumnya Mode dial yang sering kita jumpai terdiri dari Mode standar seperti Mode Program, Prioritas Rana, Prioritas Apertur, Landscape, Portrait, Manual (dilambangkan oleh posisi P, S, A, dan M pada dial) dan banyak mode dial lainnya tergantung merek dan tipe kamera yang Anda miliki.

Selain mode manual, ada juga mode otomatis yang disimbolkan dengan icon kotak hijau.

Putar dial/roda ke kanan atau ke kiri untuk memilih mode shooting. Sesuaikan mode shooting dengan kebutuhan yang akan dilakukan. Umumnya mode shooting terbagi menjadi dua bagian yang berbeda. Disini kita pisahkan dengan Bagian A dan Bagian B ya agar lebih mudah dipahami.

A: Creative Zone
Creative Zone mode (mode Zona Kreatif) memungkinkan pengguna memilih dan menetapkan fungsi menurut tujuan yang mereka niatkan. Artinya pengguna berperan besar dalam melakukan pengaturan kamera seperti : ISO, white balance, picture style dan sebagainya.

B: Basic Zone
Basic Zone mode (mode Zona Dasar), kamera secara otomatis memilih pengaturan yang sesuai menurut objek pemandangan yang dipilih.

6. Live View Switch

Beberapa kamera memiliki sakelar (switch) dari salah satu tombol. Switch ini berguna untuk mengunci mirror yang ada di kamera DSLR, menghalangi jendela bidik optik dan memungkinkan Anda melihat pratinjau gambar Anda langsung di layar LCD dari apa yang telah dijepret.

7. Command dial

Mode Dial di Kamera
Mode Dial di Kamera

Dalam penggunaannya, kamera membutuhkan cahaya dalam pengambilan gambar atau pun suatu objek. Adapun pengaturan cahaya tersebut antara lain shutter speed, ISO, dan diafragma.

Pengaturan cahaya ketiga diatur oleh bagian kamera yang disebut command dial.

Tombol inilah yang akan mengaturnya serta berfungsi mengatur keseimbangan warna atau pun pengubahan cahaya.

Beberapa kamera memiliki command dial yang berbeda ada yang berjumlah satu ada juga yang jumlahnya dua, tergantung pada model kamera yang digunakan.

Bagian Samping Kamera

Kamera Bagian Samping
Kamera Bagian Samping

8. Tombol Flash

Tombol Flash Lampu Kilat
Tombol Flash Lampu Kilat

Sebagian besar kamera entry level memiliki Tombol Flash. Lampu Flash berguna untuk membantu menerangi gambar yang kita jepret di tempat-tempat gelap yang sangat minim dengan penerangan.

Flash hanya mampu bekerja di moto potret, karena tidak dapat digunakan di mode perekaman video.

Solusi bagi Anda yang ingin merekam objek atau momen menggunakan flash, ada baiknya menggunakan flash external yang dapat disambungkan ke hotshoe atau tripod.

9. Tombol Function

Tombol ini berguna untuk membuat custom pengambilan gambar atau video secara cepat.

Pengguna dapat menggunakan tombol function ini sebagai jalan pintas (shortcut) tanpa harus mengatur ulang pengaturan kamera yang biasa kita gunakan.

10. Zoom Ring

Zoom Ring
Zoom Ring

Zoom ring berfungsi untuk mendekatkan (zoom in) dan menjauhkan (zoom out) objek gambar yang akan diambil.

Zoom ring terletak di bagian lensa kamera. Tidak semua kamera memiliki zoom ring, hanya lensa kit, lensa tele dan beberapa lensa lainnya yang mempunyai zoom ring seperti ini.

11. Focus Ring

Focus Ring
Focus Ring

Focus ring berguna untuk memberikan fokus pada sebuah objek yang akan diambil. Dalam dunia fotografi, pengambilan fokus dari sebuah subjek disebut dengan bokeh.

Secara umum, bokeh adalah proses pengambilan gambar dimana background atau foreground terlihat ngeblur dari objek yang diambil.

12. Lens retract button

Anda dapat menarik lensa ke posisi semula dengan menggunakan tombol ini. Hanya saja tombol ini tidak tersedia di semua jenis kamera.

Pada umumnya tombol ini tersedia pada tombol Kamera berjenis DSLR.

13. Lens Release button

Lepas dan pasang lensa ke bagian body kamera dapat dilakukan dengan menekan tombol lens release ini.

Tombol ini terletak dibagian badan kamera yang pada umumnya tempatnya strategis, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengganti atau menukar lensa kamera mereka.

14. Drive Mode Button

Tombol ini berguna untuk mengambil banyak gambar dalam satu kali jepret. Dengan menggunakan drive mode, pengguna dapat mengatur berapa banyak gambar yang akan ditangkap untuk satu kali foto.

Pada beberapa jenis kamera, drive mode berguna sebagai tombol pintas untuk mengatur timer foto. Tidak semua jenis kamera memiliki tombol drive mode ini, akan tetapi tombol ini biasa ditemukan di kamera berjenis DSLR.

Kamera Bagian Belakang

Kamera Bagian Belakang
Kamera Bagian Belakang

15. Tombol Menu

MENU
MENU

Tombol menu digunakan untuk mengatur settingan foto dan video yang terdapat di kamera secara umum seperti mode focus, profile warna (white balance, custom wb, wb correction, picture style), self timer, kualitas gambar dan lain sebagainya yang dapat diubah sesuai kebutuhan.

Tombol menu merupakan bagian kamera yang ketika ditekan akan menyuguhkan pengaturan kamera secara terperinci. Bagian kamera yang satu ini tentunya memiliki peranan yang sangat penting. Dengan tombol inilah, kamera dapat diatur sedemikian rupa dengan pengaturan yang tersedia.

16. Diopter Adjustment

Diopter Adjustment berguna sebagai jendela bidik untuk melihat fokus objek yang akan diambil. Bagian ini sangat membantu ketika seoang fotografi berada dalam di terik matahari sehingga sangat sulit melihat titik fokus kamera.

17. Tombol Info

Menekan tombol ketika menggunakan kamera akan menampilkan informasi kamera seperti : ISO, Shutter Speed, Aperture, Histogram, Meta data dan informasi umum lainnya.

18. Autofocus-autoexposure lock

Saat menggunakan fokus otomatis dan eksposur otomatis, menahan tombol ini ke bawah akan mengunci pengaturan itu tersebut.

Bahkan jika Anda menggerakkan kamera sekalipun. Fitur ini biasa digunakan ditingkat menengah dan mahir untuk mengambil beberapa bidikan dengan bingkai/frame yang berbeda sambil memastikan semua tetap fokus pada titik yang sama.

19. Tombol Playback

Tombol Playback
Tombol Playback

Tombol ini berguna untuk melihat hasil foto dan video yang telah diambil. Biasa disebut sebagai galeri foto video. Ditandai dengan icon bergambar play pada umumnya.

20. Tombol i (Information)

I button atau yang bisa disebut sebagai tombol “i” (info), hal itu bisa saja terjadi karena tombol ini mengartikan informasi pada sebuah kamera.

Tombol ini juga banyak disematkan di banyak merek kamera lainnya. Hanya saja sedikit berbeda dari segi bentuk gambar dan iconnya saja.

Dengan menekan tombol ini, layar akan menampilkan serangkaian fungsi dan informasi pada LCD kamera, yang dapat dikontrol secara langsung. Anda dapat menyesuaikan pengaturan ISO, white balance, mode drive dan beberapa pengaturan lainnya pada kamera dengan mudah dan cepat.

21. Tombol OK

Tombol OK digunakan untuk memilih item menu kamera, akan tetapi pada beberapa kamera tombol ini juga berfungsi untuk memusatkan titik fokus aktif saat menggunakan mode fokus otomatis di satu titik.

22. Tombol Multi Controller / Set

Tombol SET
Tombol SET

Mungkin bagian ini dikenal dengan nama yang berbeda pada merek lain, sebagian besar kamera menggabungkan semacam pengontrol empat arah. Selain menggunakannya sebagai navigasi, banyak produsen akan memetakan fungsi pemotretan untuk setiap arah.

Ini juga dapat digunakan untuk memindahkan titik fokus aktif dalam mode AF satu titik, meskipun beberapa kamera akan memiliki kontrol khusus yang terpisah untuk hal ini.

Secara umum, tombol set memiliki banyak fungsi seperti :

  1. Navigasi untuk menggerakan kursor di antara berbagai item menu
  2. Memindahkan tampilan yang diperbesar ke titik yang berbeda selama pemutaran kembali gambar
  3. Menggerakkan titik Auto Fokus selama pemilihan titik AF
  4. Dalam Mode Foto, tombol ini beralih fungsi ke tombol yang ditunjukkan oleh ikon yang ada padanya, Sementara itu, tombol SET mengonfirmasi pemilihan.

23. Tombol Magnify

Tombol ini ditandai dengan gambar/icon kaca pembesar, dimana berfungsi untuk memperbesar hasil jepretan dalam bentuk foto dari sebuah objek yang diambil.

Tombol ini bisa dikatakan seperti tombol untuk zoom in pada kamera. Pengguna dapat dengan mudah melihat secara detail foto yang mereka ambil.

24. Tombol Erase

Tombol Erase
Tombol Erase

Ketika ingin menghapus suatu data/ gambar dari kamera, maka tombol erase dapat dimanfaatkan dalam proses penghapusan. Hati-hatilah dalam menggunakan tombol yang satu ini, karena ditakutkan dapat menghapus data yang tidak ingin dihilangkan.

Dengan sekali tekan, maka gambar atau objek yang dipilih akan hilang dari penyimpanan kamera.

25. Tombol Pemilihan Titik Fokus (Demagnify)

Tombol Pemilihan Titik Fokus Demagnify
Tombol Pemilihan Titik Fokus Demagnify

Jika sebelumnya kita sudah sempat jelaskan tentang tombol magnify, nah ini kebalikannya. Tombol Demagnify sendiri berguna untuk mengembalikan ukuran gambar ke posisi semula.

Simpelnya sih ini seperti tombol zoom-out, ketika sebuah objek gambar diperbesar menggunakan tombol magnify, maka untuk mengembalikannya ke ukuran display semula dengan menekan tombol ini.

Tidak hanya itu saja, tombol ini dapat berguna bagi Anda yang ingin menggunakan Mode Pengambilan Gambar AF point (autofocus) selection selama pemotretan AF.

Setelah itu dilakukan, Anda bisa memilih titik AF mana yang akan diambil secara manual dengan menggunakan tombol Multi-controller.

26. Body Kamera

Bagian Bodi
Bagian Bodi

Merupakan salah satu dari bagian bagian kamera yang memiliki peran penting dalam kamera. Bagian bodi bisa dikatakan sebagai pusat dari segala bagian yang terdapat dalam sebuah kamera. Terdapat komponen penting berupa sensor gambar dan cermin reflex.

Pada bagian ini, akan ditemukan berbagai tombol yang memiliki fungsi beragam dalam pengambilan gambar / objek.

27. Baterai Kamera

Baterai
Baterai

Merupakan satu dari bagian bagian kamera yang cukup penting, karena tanpa adanya baterai, kamera secanggih apa pun tidak akan bisa digunakan untuk mengambil foto. Posisi baterai biasanya berada di bodi kamera bagian bawah.

Keberadaannya tentu harus dijaga dengan baik serta harus digunakan sehemat mungkin, sehingga kamera dapat bertahan lebih lama.

28. Lampu Flash Built-in

Built in
Built in Flash Kamera

Tombol yang satu ini biasanya berada di bodi kamera bagian atas-depan. Fungsinya untuk membantu memberikan pencahayaan pada suatu objek yang kurang cahaya atau berada dalam kondisi gelap.

Dengan bantuan lampu flash inilah, foto yang dihasilkan akan terlihat lebih terang. Tombol inilah yang sanat berperan penting dalam pengambilan suatu objek di area yang gelap atau kurang cahaya.

29. Anti Red Eye

Anti Red Eye Kamera
Anti Red Eye Kamera

Penggunaan lampu flash biasanya memberikan efek mata merah pada foto yang dihasilkan. Namun, dengan memanfaatkan Anti Red Eye, hal tersebut dapat dihindari.

Bagian kamera yang satu ini akan membantu menghilangkan efek mata merah pada foto yang dipotret, sehingga foto yang dihasilkan pun lebih memuaskan.

Fitur ini dapat bekerja dengan menekan separuh tombol rana / button shutter, secara otomatis akan menyala lampu ini berwarna merah berkedip panjang.

Bagian ini juga berguna sebagai waktu penghitung mundur ketika kamera diatur dalam mode timer.

30. Mode Dial

Mode Dial
Mode Dial

Merupakan bagian kamera yang memiliki pengaturan untuk menggunakan mode yang dibutuhkan dalam pengambilan suatu objek. Terdapat mode manual, auto, mode AV dan TV, night mode, close up, potrait, fireworks, sports dan mode lainnya.

Bagian kamera inilah yang dapat membantu menghasilkan foto sesuai kondisinya. Tombol inilah yang mengatur beragam mode yang ingin dipilih dalam pengambilan gambar atau suatu objek.

Pada beberapa kamera terdapat mode tambahan seperti effect atau pun mode lainnya. Hal tersebut bergantung pada karakteristik yang dimiliki masing-masing merek.

31. Grip

Grip Kamera
Grip Kamera

Grip atau yang memiliki arti pegangan/ cengkeraman. Bagian kamera yang biasanya terletak di bagian kanan. Didesain dengan tekstur yang kasar, sehingga dapat dipegang secara erat tanpa terpeleset.

Bagian kamera yang bernama grip ini bisa dikatakan sebagai cengkeraman sebuah kamera.

32. Lensa

Lensa Kamera
Lensa Kamera

Bagian kamera yang memiliki peran penting yakni lensa. Sebuah bagian vital yang letaknya biasanya berada di luar bodi atau terpisah. Keberadaannya sangatlah penting, karena dapat memengaruhi gambar/ foto yang dihasilkan.

Lensa kamera hendaknya dijaga dengan baik, sehingga terhindar dari jamur yang bisa merusak lensa dan berpengaruh terhadap hasil jepretan.

33. Tombol Switch

Tombol switch tentunya memiliki peran yang penting dalam beragam elektronik. Begitu pun dalam kamera, tombol switch sangatlah penting yakni memiliki fungsi untuk menyalakan serta mematikan kamera. Setiap merek kamera meletakkan tombol switch pada posisi yang beragam.

Namun, secara umum letaknya berada di bagian atas bodi dan ada juga kamera yang meletakkan tombol switch ini di bagian bodi lainnya.

34. Tombol Pelepas Lensa

Tombol Pelepas Lensa
Tombol Pelepas Lensa

Sesuai namanya, fungsi dari bagian kamera yang satu ini adalah untuk melepas lensa. Peletakan tombol pelepas lensa ini biasanya berada di bagian bodi.

Sebelum melepas lensa, dianjurkan untuk menekan tombol ini terlebih dahulu, sehingga kerusakan pada lensa pun dapat dihindari.

35. Tombol Stabilizer

Salah satu penyebab foto tidak maksimal salah satunya karena getaran tangan. Namun, tidak perlu khawatir lagi, karena adanya tombol stabilizer akan membantu menstabilkan getaran tangan sehingga foto yang dihasilkan lebih memuaskan.

36. Tombol Shutter

Tombol Shutter merupakan bagian kamera yang cukup penting. Pasalnya, tombol inilah yang akan membantu dalam proses pengambilan suatu objek atau gambar. Tombol tersebut didesain dengan peletakan yang pas dan membuat nyaman setiap fotografer.

Penggunaan tombol ini yakni dengan cara menekan setengah tombol dengan jari telunjuk hingga fokus pada suatu objek yang telah dipilih, kemudian jika sudah fokus, dilanjutkan dengan menekan tombol shutter.

37. Tombol Display

Tombol Tampilan Display Kamera
Tombol Tampilan Display Kamera

Tombol Display tidak dimiliki di semua kamera, hanya beberapa kamera dengan jenis DSLR yang memiliki tombol yang satu ini.

Tombol Display berguna untuk :

  • Menghidupkan/mematikan tampilan informasi
  • Ganti tampilan informasi yang berbeda-beda dalam mode Image/Movie Playback dan pemotretan Live View
  • Menampilkan pengaturan fungsi terutama di kamera apabila menu ditampilkan.

38. Layar LCD

 

Layar LCD merupakan bagian kamera yang memiliki banyak fungsi. Namun, fungsi utamanya yakni sebagai penampil. Di layar inilah, keterangan pengaturan kamera dapat ditampilkan, foto hasil jepretan, layar yang dapat menunjukkan objek yang akan dipotret.

39. Tombol Navigasi

Setiap program tentunya memiliki pengendali. Adapun dalam kamera, setiap programnya dikendalikan oleh tombol navigasi. Tombol inilah yang akan menjadi perantara dalam mengarahkan setiap opsi yang dapat dipilih.

40. Tombol Zoom

Tombol zoom merupakan bagian kamera yang memiliki fungsi untuk memperbesar atau pun memperdekat jarak suatu objek.  Peranannya sangat penting ketika ingin mengambil suatu gambar atau objek yang detail.

41. Tombol Pengaturan ISO Speed

Tombol Pengaturan ISO Speed
Tombol Pengaturan ISO Speed

ISO merupakan suatu tombol yang dapat digunakan dengan cara menekan dan memutar command dial hingga mendapatkan situasi cahaya yang sesuai dan tepat. Secara sederhananya, tombol ISO bermanfaat salam mengatur intensitas cahaya yang memasuki kamera.

42. Dudukan Lensa

Dudukan Lensa Kamera
Dudukan Lensa Kamera

Dudukan lensa berguna untuk menghubungkan antara lensa dengan body kamera. Memasang lensa kamera bukanlah hal yang sulit, sesuaikan titik merah yang ada di lensa dengan yang ada di body kamera. Lalu putar searah dengan arah jarum jam hingga terdetak bunyi klik yang menandakan lensa dan body kamera telah terpasang dengan sempurna.

43. View Finder Kamera

Viewvinder Kamera
Viewvinder Kamera

Keberadaan view vinder ini berperan penting bagi setiap fotografer yang memiliki mata plus atau minus. Pasalnya, dengan view finder dapat mengatur fokus suatu objek tanpa kesulitan terhalang oleh kacamata.

Perlu digaris bawahi bahwa tidak semua kamera memiliki view finder. Biasanya, view finder tersemat di kamera berjenis DSLR dan tidak tersedia sepenuhnya di kamera Mirrorless.

44. Tombol Rana

Tombol Rana di Kamera
Tombol Rana di Kamera

Tombol rana berguna sebagai tombol shutter atau jepretan. Tombol ini biasa digunakan untuk mengambil objek gambar dalam mode foto.

Ada dua model penekanan tombol ini yaitu:

  1. Menekan separuh tombol : akan mengaktifkan fungsi Auto Fokus kamera
  2. Menekan sepenuhnya, mengambil dan memotret objek menjadi foto atau gambar.

45. Mikrofon

Mikrofon
Mikrofon

Setiap kamera tentunya memiliki mikrofon bawaan (built in). Mikrofon berguna untuk menangkap audio suara selama melakukan perekaman video.

Hanya saja mikrofon built in ini tidak dapat digunakan untuk menangkap suara dengan objek yang jauh. Solusinya bisa dengan menggunakan mikrofon external dengan berbagai macam jenis model dan merek yang banyak beredar di pasaran.

46. Indeks Dudukan Lensa

Indeks Dudukan Lensa
Indeks Dudukan Lensa

Index dudukan lensa bertujuan untuk memberikan informasi penempatan posisi kamera dan lensa yang tepat.

Pastikan posisinya sudah sejajar antara titik merah lensa dan titik merah body kamera.

Keterangan :

  • Indeks Merah: Untuk lensa EF (Bisa digunakan pada DSLR full-frame maupun APS-C dari Canon)
  • Indeks Putih: Untuk lensa EF-S (Bisa digunakan pada DSLR APS-C Canon)

Dua warna indeks ini hanya tersedia pada kamera Canon.

47. Mirror (Cermin)

Mirror
Mirror

Cermin merupakan salah satu bagian khas dari kamera berjenis DSLR ataupun mirrorless. Berguna untuk memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder, sehingga pengguna kamera dapat melihat bidikan melalui viewfinder secara langsung.

48. Eyecup

Eyecup
Eyecup

Eyecup (bantalan mata) berguna untuk mencegah masuknya cahaya dari luar apabila mata berkontak langsung eyepiece.

Eyecup menggunakan bahan yang halus dan lembut untuk mengurangi beban pada mata dan dahi.

49. Monitor LCD

Monitor LCD
Monitor LCD

Monitor LCD berguna untuk menampilkan pengaturan pemotretan atau perekaman video seperti terlihat pada gambar diatas. Umumnya informasi yang ditampilkan seperti mode foto, mode fokus, picture style, single shot dan informasi seputar pengaturan pengambilan gambar lainnya.

50. Lampu Indikator Wi-Fi

Lampu Indikator Wi Fi
Lampu Indikator Wi Fi

Lampu indikator Wi-Fi ini berguna sebagai informasi apakah Wi-Fi dari sebuah kamera menyala atau tidak. Indikator ini tidak dimiliki disemua kamera, hanya kamera yang telah memiliki fitur Wi-Fi memiliki fitur ini.

Wi-Fi di kamera berguna untuk mentransfer data berupa foto atau video dari kamera langsung ke smartphone tanpa harus ribet menghubungkannya terlebih dahulu ke komputer.

Foto yang dikirim lewat kamera ke HP tentunya dapat langsung diunggah ke media sosial.

51. Lampu Akses Data

Lampu Akses Data
Lampu Akses Data

Lampu ini berguna untuk memberikan notifikasi jika ada transmisi data antara kamera dengan kartu memori. Selama proses transmisi data, jangan pernah membuka slot kartu memori atau tutup wadah baterai saat cahaya berkedip-kedip. Jika dibuka, ini dapat menyebabkan kegagalan fungsi kamera yang berakibat kerusakan file bahkan memori.

52. Tombol Quick Control

Tombol Quick Control
Tombol Quick Control

Tombol ini berfungsi sebagai shortcut button atau bisa dikatakan seperti tombol pengaturan cepat.

Dengan menekan tombol ini, Anda tidak perlu lagi masuk ke Pengaturan Menu yang cukup ribet dan banyak pengaturan. Tombol ini lebih fokus terhadap kontrol dan pengaturan kamera.

53. Switch Focus Mode Lensa Kamera

Switch Focus Mode Lensa Kamera
Switch Focus Mode Lensa Kamera

Sakelar (switch) fokus ini hanya terletak di Badan Lensa Kamera. Tidak semua lensa memiliki switch focus seperti ini. Salah satu jenis lensa yang tidak memiliki switch focus seperti Lensa Fix.

Switch Focus yang ada di Lensa Kamera memiliki dua mode, yaitu mode Auto Fokus dan Manual Fokus.

54. Speaker Kamera Built-In

Speaker Kamera
Speaker Kamera

Umumnya setiap kamera yang memiliki fitur untuk merekam video tentunya memiliki speaker bawaan yang terletak di bagian body kameranya.

Hanya saja speaker built in ini tidak begitu keras volumenya, sehingga kita masih membutuhkan speaker tambahan untuk mendengarkan audio kamera yang ditangkap saat perekaman.

55. Hot Shoe

Hot Shoe
Hot Shoe

Hotshoe atau yang biasa disebut terminal berguna untuk memasang aksesoris kamera tambahan seperti flash lighting, microphone dan berbagai aksesoris kamera lainnya.

Hotshoe terletak dibagian atas kamera, sehingga sangat strategis jika ingin dipasangkan dengan flash ataupun mic external.

Demikian ulasan lengkap kita tentang bagian-bagian kamera lengkap dengan fungsinya. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di Kamera.id ya. Semoga Bermanfaat~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Canon PowerShot G1 X Mark II
Read More

Kamera Pocket Terbaik

Mengabadikan moment indah dengan kamera pocket terbaik 2019 merupakan hal yang mengesankan. Apalagi seiring berkembangnya teknologi, perusahaan kamera…
Cara Menggunakan Kamera DSLR
Read More

Cara Menggunakan Kamera

Sebagian orang membeli kamera namun lupa Cara Menggunakan Kamera DSLR dengan baik dan benar yang dapat berakibat kerusakan…
Kamera Nikon D3100 Terbaru
Read More

Kamera Vlog Termurah

Pemilihan Kamera Vlog Termurah yang berkualitas tentunya menjadi dasar penting hasil dari sebuah video yang bagus. Fenomena  vlogger…
Jenis Kamera
Read More

Jenis Kamera

Jenis jenis kamera tentu banyak perubahan dan bentuknya sesuai dengan perkembangan jaman. Semakin canggihnya teknologi alat fotografi, maka…
Kamera untuk Vlog
Read More

Kamera untuk Vlog

Bagi anda yang sedang berburu dan ingin membeli sebuah kamera untuk vlog tentu ada beberapa hal yang perlu…