Sebagian orang lupa bahwa membersihkan lensa kamera adalah hal yang penting, karenanya artikel cara membersihkan lensa kamera ini hadir untuk hal tersebut.

Kamera merupakan salah satu barang elektronik yang menjadi andalan saat ingin mengabadikan suatu momen penting. Walaupun di zaman sekarang fitur di Android juga telah dilengkapi dengan kamera.

Namun kamera masih tetap eksis di kalangan pecinta Fotografi.  Salah satu bagian paling penting dan perawatannya lebih ekstra dari kamera adalah bagian lensa kamera. Lalu Bagaimana Cara Membersihkan Lensa Kamera?

Cara Membersihkan Lensa Kamera yang Baik dan Benar

Cara Membersihkan Lensa Kamera
Cara Membersihkan Lensa Kamera

Hal yang sering terjadi adalah lensa kotor akibat debu maupun jamur sehingga bagi pengguna kamera harus memperhatikan hal ini. Perlu diingat walaupun jamur lebih sulit untuk dihilangkan daripada debu namun jangan sekali-kali menggunakan cairan keras dalam pembersihannya.

Karena cairan tersebut akan mengikis bagian elemen penting lensa atau bagian coating yang berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Akibatnya mengurangi kualitas lensa terutama di bagian ketajaman warna pada gambar.

Simak tips saat melakukan pembersihan kamera yang aman dan mudah berikut ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama saat membersihkan jamur yang menempel di lensa maka menyiapkan toll dit atau obeng plus, penjepit, kain karbon khusus untuk kamera dan cairan pembersih lensa.

2. Melepas Lensa dari Body Kamera

Langkah selanjutnya buka bagian lensa dari ujung dengan membuka stiker penutup menggunakan penjepit. Jika sudah maka buka bagian layer pertama lensa dengan melepaskan 3 baut yang menguncinya. Kemudian buka bagian layer kedua dan angkat lensa secara perlahan.

3. Lepas Filter Kamera

Cara membersihkan lensa kamera dengan aman dan mudah setelah melepas lensa dari badan kamera. Lalu tutup body kamera serta bagian belakang agar tetap bersih.

Pastikan setelah melepas body kamera simpan bagian tersebut di tempat yang aman, dan kering. Bagi kamera DLSR pastikan juga melepas lens hood. Yang mana bagian ini untuk melindungi kamera dari sinar Ultraviolet.

Setelah semuanya terlepas maka bisa memulai cara membersihkan lensa kamera dengan bertahap satu persatu bagian. Bisa memulainya dari membersihkan lens hood terlebih dahulu kemudian bagian lensanya atau sebaliknya, asalkan satu persatu.

Ketika dirasa sudah bersih maka pasang kembali lens hood di lensa kamera.

Jika bagian yang belum dibersihkan maka disarankan agar ditutup terlebih dahulu menggunakan tutup lensa sembari menunggu bagian yang lain selesai dibersihkan. Selain itu juga saat membongkar jangan terlalu keras pastikan telah membongkar dengan melepas terlebih dahulu pada bagian pengait yang ada.

Jika pengait sudah terlepas maka bisa dipastikan lensa mudah terlepas.

4. Bersihkan Jamur yang Menempel di Lensa Kamera

Jika lensa telah terangkat maka pada tahap ini tinggal membersihkan bagian lensa yang terkena jamur dengan cairan pembersih lensa. Pastikan membersihkan bagian lensa dengan hati-hati agar tidak menggores lensa dan usahakan tidak ada lagi jamur yang masih menempel disana.

5. Kembalikan Lensa ke Tempat Semula

Setelah proses pembersihan jamur telah selesai dilakukan maka pasang kembali setiap bagian lensa dengan tepat. Dan pastikan juga penutup lensa bersih dari debu agar saat digunakan kembali tidak menganggu proses pengambilan gambar.

Perhatikan Ini Sebelum Membersihkan Lensa Kamera

Cara Membersihkan Lensa Kamera Bebas dari Debu dan Jamur
Cara Membersihkan Lensa Kamera Bebas dari Debu dan Jamur

Selain mengetahui cara membersihkan kamera, namun pastikan juga sebelum itu memperhatikan kesiapan alat hingga kegunaan berbagai alat pembersihan kamera.

Sehingga setelah mengetahui berbagai manfaat alat pembersih kamera, pengguna dapat melakukan proses pembersihan lensanya dengan efektif dan efisien.

1. Alat Untuk Membersihkan Lensa

Sebenarnya tempat untuk membersihkan lensa kamera bisa dimana saja, namun harus tetap memperhatikan kebersihan tempat tersebut. Baik dari debu maupun kotoran. Sebagai perawatan kamera yang baik, idealnya membersihkan kamera di ruangan dengan pencahayaan yang cukup serta kamera diletakkan di sebuah meja.

Adapun alat yang perlu dipersiapkan saat membersihkan lensa kamera adalah blower, swab, lens pen, lens tissue, sensor clean, catton bud, dan tidak ketinggalan cairan pembersih optik. Jika semua perlengkapan sudah tersedia maka bisa memulai cara membersihkan lensa kamera dengan aman.

2. Perhatikan Kondisi Cahaya Dan Penerangan

Salah satu hal yang harus diperhatikan pada saat membersihkan kamera adalah penerangan. Jika menggunakan sumber cahaya dari lampu belajar atau lampu duduk maka pastikan lebih mendekatkan kamera dengan sumber pencahayaan.

Karena kotoran yang melekat pada lensa kamera merupakan benda kecil semisal debu, sehingga cara membersihkan lensa harus lebih teliti dengan bantuan cahaya yang tepat.

3. Bersihkan Debu yang Menempel di Lensa

Biasanya banyak kotoran maupun debu yang tertempel di kamera atau lensa kamera. Keberadaan kotoran tersebut bisa mengganggu proses pengambilan gambar. Namun saat ingin membersihkan debu di bagian lensa kamera, harus diperhatikan baik-baik jangan sampai niatnya membersihkan tapi malah merusak kamera.

Cara membersihkan lensa kamera dari debu ada tekniknya sendiri sehingga lensa tetap aman tidak tergores. Pertama jangan langsung menyentuh bagian lensa dengan kain atau alat pembersih lainnya, namun lakukan peniupan secara perlahan di bagian tersebut. Setelah itu bersihkan dengan kuas atau Lens pen khusus untuk kamera.

4. Gunakan Kuas Khusus Atau Blower

Ibarat saat mata terkena debu, maka jangan langsung mengucek bagian mata dengan tanda maupun kain sembarangan. Alangkah baiknya jika meniupnya terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku saat lensa kamera terkena debu atau kerikil kecil. Agar lensa lebih aman dari goresan akibat debu yang tertempel.

Saat membersihkan lensa kamera pastikan tidak langsung menggunakan kain basah karena dikhawatirkan debu malah menempel di kain dan membuat lensa tergores. Sehingga pertama menggunakan kuas kering atau blower sebelum digunakan lap.

Kuas kamera ini memiliki fungsi sebagai alat untuk menyapu dan menghilangkan debu kecil dan meminimalisir goresan. Sedangkan penggunaan blower akan dirasa lebih aman karena mampu menerbangkan debu hingga membersihkan di bagian celah-celah terdalam.

5. Gunakan Kain Microfiber

Setelah membersihkan lensa dengan kuas pembersih kamera maupun blower. Maka ulangi kembali proses pembersihan lensa tersebut dengan menggunakan kain microfiber.

Pertama pastikan bagian kacanya terlebih dahulu sebelum kebagian body lensa. Untuk hasil maksimal bisa menggunakan dua kain lap yang berbeda. Satu untuk kaca dan yang lain untuk body lensa kamera.

Menggunakan dua kain yang berbeda tersebut untuk menjaga agar tidak ada kotoran yang masih tertempel di kain sebelumnya. Karena jika hanya menggunakan satu kain lap dan digunakan di kaca dan di lensa maka sangat bisa ada kotoran yang terbawa di kain malah membuat bagian lensa tergores.

6. Pakai Cairan Khusus Pembersih Lensa

Selain langkah diatas agar lensa semakin bersih tidak ada salahnya menggunakan cairan pembersih lensa yang direkomendasikan.  Aturan penggunaan cairan pembersih ini dilakukan  dengan menyemprot atau meneteskan cairan pada kain microfiber. Usahakan tidak langsung meneteskan cairan pembersih pada lensa.

Ketika cairan sudah ada pada kain microfiber maka bisa langsung membersihkan permukaan lensa dengan gerakan memutar. Dan lakukan perlahan dengan hati-hati agar tidak menggores lensa kamera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Rode Microphone Terbaik
Read More

Microphone Terbaik

Belakangan, aktivitas membuat video dengan microphone terbaik untuk kamera menjadi kegemaran yang digandrungi oleh banyak kalangan. Mulai dari…
Tripod Andoer A 618
Read More

Tripod Kamera

Ternyata Tripod Kamera menjadi salah satu perangkat tambahan yang harus dimiliki oleh siapapun jika ingin mengabadikan sebuah foto…