Spesifikasi Kamera Sony A9 dan Harga Terbaru

. 11 April 2024

Salah satu Kamera Sony Full Frame Terbaik di dunia yang diluncurkan oleh Sony kali ini adalah Sony A9.

Mengusung sensor Full Frame, Sony A9 merupakan salah satu yang kami rekomendasikan untuk kebutuhan fotografimu.

Berikut ini ulasan lengkap kamera sony dengan tipe Alpha A9.

Fitur Unggulan Sony A9

Sony Alpha A9

Sony A9 ditargetkan untuk pangsa pasar fotografer profesional. Tidak salah jika pada akhirnya Sony membekali kamera hebatnya tersebut dengan sensor Full Frame 24 Megapixel.

Kemampuan Burst Shooting hingga 20 fps plus Autofocus penuh yang cocok digunakan untuk mengambil objek bergerak. Desain Stacked Sensor yang diklaim meningkatkan performa Autofocus lebih cepat.

Memiliki ISO 100-51200 yang masih bisa ditingkatkan lagi hingga 50-204800 memberikan kualitas foto yang jauh lebih jernih dan tajam di segala kondisi cahaya.

Dari sisi video, kamera mirrorless ini dapat diandalkan untuk merekam video UHD 4K/24p dengan sensor penuh.

Layar sentuh LCD memudahkan pengguna saat ingin memilih titik fokus. Untuk mendapatkan hasil yang stabil, A9 telah memiliki 5-Axis Image Stabilization guna meminimalisir efek getaran dan gerakan pada hasil video.

Kelebihan Kamera Sony A9

Sony A9 Harga

1. Sensor Terbaik di Kelasnya

Sony A9 menggunakan sensor EXmor RS CMOS yang dapat diandalkan dalam pengambilan gambar secara terus menerus tanpa blackout hingga 20 gambar per detik.

Untuk kalkulasi perekamannya sendiri 60 AF/AE per detik dan memiliki kecepatan shutter maksimum 1/32000 detik.

Sensor Exmor RS CMOS yang tersemat di dalamnya bahkan diintegrasikan dengan mesin prosesor Bionz X dan LSI Front End yang bisa memaksimalkan performa secara menyeluruh.

2. Memiliki 5-Axis Image Stabilization

Hebatnya, Sony A9 memiliki fitur 5-Axis Image Stabilization yang sangat membantu untuk meminimalisir getaran dan shutter anti distorsi. Tak heran jika kamera ini dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, situasi dan kondisi di lapangan.

3. Kapasitas Baterai yang Besar

Guna mendukung aktifitas fotografi dengan kamera tersebut, Sony melengkapinya dengan baterai tipe Z dengan kapasitas 2.2 kali lebih tinggi dari baterai tipe W.

Terdapat dual slot kartu media SD, termasuk satu yang mendukung kartu UHS II.

4. Fitur True Finder Quad VGA OLED

Fitur True Finder Quad VGA OLED yang berfungsi untuk menghasilkan detail yang lebih akurat.

Fitur tersebut merupakan viewfinder beresolusi tinggi yang pernah diintegrasikan Sony ke dalam lini kameranya sehingga bisa menampilkan desain optikal yang dilengkapi pula dengan elemen asferis dua arah.

Baca juga : Spesifikasi Kamera Sony A7R Mark IV dan Harga

Kekurangan Kamera Sony A9

Jika berbicara mengenai kekurangan, kamera mirrorless Sony ini bahkan bisa dibilang minim kekurangan.

Sebab memang hanya memiliki satu kekurangan, yakni dari segi harga yang terlampau mahal sehingga tidak semua orang bisa membeli dan memilikinya.

Review Sony A9

Sony A9

Jika tahun lalu Sony terbilang cukup sukses menghadirkan Sony A7 yang juga sama-sama hadir sebagai kamera mirrorless Full Frame, namun kali ini produk tersebut sudah mulai surut di pasaran.

Oleh karenanya Sony memboyong lini A9 dengan sejumlah pembaharuan yang dibawanya. Jika dilihat dari segi harga, Sony A9 ini memang tidak menyasar pangsa pasar kalangan konsumen bawah, tetapi lebih ke kalangan fotografer profesional.

Apabila disandingkan dengan kompetitornya, yakni kamera DSLR Full Frame yang sama-sama dibuat untuk fotografer profesional, Canon 1DX dan Nikon D5, sepertinya Sony A9 masih terlihat ramping bahkan cenderung ringkih.

Dilihat dari segi performa, kamera mirrorless Sony terbaru tersebut memiliki desain yang lebih tangguh dengan body yang dibuat dari material magnesium alloy. Sony mengklaim kalau produk kamera barunya ini akan terlindungi dari berbagai ancaman cuaca.

Meskipun tidak setangguh kompetitornya di kelas DSLR, Sony A9 tetap bisa menahan kelembaban dan debu.

Selain unggul dari segi body-nya yang cukup tangguh, ternyata jumlah kontrol fisik yang dimilikinya tak luput menjadi sorotan.

Selama ini kontrol fisik kamera mirrorless Sony memang bukan keunggulan, namun karena Sony A9 dibuat khusus untuk menyasar pangsa pasar fotografer profesional, perubahan pun dilakukannya.

Layaknya sebuah kamera profesional di kelas atas, Sony juga sudah melengkapi lini A9 dengan Joystick. Fungsi utama dari penggunaan Joystick tersebut adalah untuk memudahkan pemilihan titik Autofocus, tombol AF ON dan AEL.

Lalu untuk tombol rekam videonya sendiri ternyata lokasinya dipindah ke lokasi yang lebih strategis dan mudah ditekan.

Port yang tersedia pada kamera sony ini pun lebih lengkap jika dibandingkan lini A7. Di sisi kirinya sudah dihiasai port Ethernet, Jack Headphone, Flash Sync, dan Mikrofon Standar.

Pengguna bahkan memiliki pilihan untuk pengisian daya menggunakan baterai eksternal melalui USB.

Membahas lebih lanjut mengenai spesifikasi Sony A9, kamera tersebut memang dibuat khusus untuk menyasar pangsa pasar kalangan fotografer profesional.

Tidak heran jika yang demikian ini membuat banderolan harga Sony A9 sama sekali tidak ramah di kantong. Untuk memilikinya Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 60 juta rupiah.

Perlu diingat, harga yang mahal tersebut belum termasuk lensa. Namun Anda juga tak perlu khawatirkan masalah ini, sebab harga yang ditawarkan Sony pada A9 sudah sesuai dengan performa yang ditawarkannya.

Bagi fotografer profesional, memiliki kamera sehebat Sony A9 adalah investasi yang akan cepat membuahkan hasil.

Harga Sony A9 Baru dan Bekas

Setelah mengetahui lebih detail tentang Kamera Full Frame terbaik ini, selanjutnya kita akan berikan harga terbaru kamera Sony ini di Pasaran.

Kelengkapan (Baru)Harga (Rp)
Body Only59.850.000
Body + 24-70mm f/2.882.300.000
Body + 100-400mm90.000.000
Harga Kamera Lainnya

Demikian ulasan lengkap kita tentang Sony Alpha A9 yang disebut sebagai salah satu kamera full frame terbaik di dunia. Nantikan informasi seputar kamera lainnya hanya di Kamera.id ya. Semoga Bermanfaat~

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait
. Kamera . 16 April 2024
Saat ini khususnya dikalangan anak muda, instant camera atau kamera polaroid sangat digemari. Selain bisa melihat langsung hasil fotonya, kamera polaroid ini memiliki bentuk yang lucu dan menggemaskan. Jadi tak heran jika banyak anak muda yang tertarik menggunakan kamera instan ini. Kamera Polaroid Terbaik dan Berkualitas Ada banyak model, jenis dan harga dari sebuah kamera ... Baca Selengkapnya
. Kamera . 24 Maret 2024
Pemilihan Kamera Vlog Termurah yang berkualitas tentunya menjadi dasar penting hasil dari sebuah video yang bagus. Fenomena  vlogger memang sedang banyak digeluti oleh kaum muda, entah  untuk mencari popularitas atau memang menyalurkan hobinya. Tentu saja untuk memulai semuanya harus mempunyai bekal terlebih dahulu, jadi tidak boleh ngasal begitu saja. Daftar Kamera Vlog Termurah Tahun Ini ... Baca Selengkapnya
. Kamera . 15 April 2024
Bagi anda yang sedang berburu dan ingin membeli sebuah kamera untuk vlog tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah beli dan akhirnya timbul penyesalan. Profesi youtuber atau vlogger saat ini menjadi menjanjikan melihat kesuksesan beberapa figur. Salah satu kebutuhan utama dari seorang vlogger yaitu kamera. Kamera untuk vlog sudah seharusnya memiliki keunggulan ... Baca Selengkapnya