Kamera untuk Vlog

Bagi anda yang sedang berburu dan ingin membeli sebuah kamera untuk vlog tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah beli dan akhirnya timbul penyesalan.

Profesi youtuber atau vlogger saat ini menjadi menjanjikan melihat kesuksesan beberapa figur. Salah satu kebutuhan utama dari seorang vlogger yaitu kamera. Kamera untuk vlog sudah seharusnya memiliki keunggulan dari segi perekaman video.

Jenis DSLR Kamera untuk Vlog Terbaik

Seorang youtuber profesional perlu memiliki kamera yang mampu menghasilkan video dengan kualitas terbaik. Berikut ini beberapa rekomendasi rekomendasi kamera untuk vlog terbaik di tahun yang ini yang masih worth it banget untuk dibeli.

1. Nikon D3300

Nikon D3300
Nikon D3300

Nikon D3300 merupakan salah satu kamera DSLR paling populer untuk video. Selain kualitas video yang bagus, Nikon D3300 dikenal tidak terlalu mahal dibandingkan dengan kamera sejenis.

Jika dibandingkan dengan kamera sejenis, harga kamera yang satu ini masuk kelompok harga medium. Review dari pada pengguna untuk kamera yang satu ini dari segi kualitas sangat tinggi.

Spesifikasi umum dari kamera ini yaitu resolusi 24.2 Megapiksel untuk foto dan 1080p Full HD untuk video. Ada pilihan 13 spesial efek untuk foto maupun video.

Kamera ini memiliki kualitas video yang cukup terang dan detail. Ini juga cocok digunakan untuk bepergian karena desainnya compact dan ringan.

Nikon D3300 merupakan pilihan kamera untuk vlog terbaik dengan harga yang ramah di kantong. Kamera ini cocok untuk pemula yang ingin mendapatkan kamera dengan kualitas video tinggi namun harga tidak terlalu mahal.

Di pasaran Nikon D3300 dijual dengan harga sekitar 6,5 juta rupiah.

2. Kamera untuk Vlog dari Canon EOS Rebel T5

Canon EOS Rebel T5
Canon EOS Rebel T5

Kamera Canon EOS Rebel T5 memberikan hasil video 1080p HD dengan DIGIC 4 Image Processor. Tersedia monitor LDC 3 inch yang memberikan tayangan langsung untuk memudahkan perekaman. Kamera ini memiliki resolusi gambar 18 Megapiksel dengan fitur perekaman sampai 3fps.

Fitur lainnya yaitu adanya filter kreatif, mode Scene Intelligent Auto, serta flash yang sudah terpasang.

Canon EOS Rebel T5 didesain ringkas dan cukup ringan. Pengguna bisa memegangnya dengan nyaman untuk melakukan perekaman. Pada tombol utama terdapat mode smart auto, PASM, dan Movie.

Ada juga pilihan mode layar yang bisa diatur dalam pengaturan. Kamera ini dijual dengan lensa kit sehingga bisa langsung dipakai.

Sebagai kamera untuk vlog, Canon EOS Rebel T5 memiliki hasil video dan warna yang jelas. Merekam objek atau benda bergerak juga cukup baik dilakukan oleh kamera Canon ini.

Mic built-in yang sudah ada di kamera bekerja dengan baik meskipun sayangnya tak ada port audio untuk menambah mic eksternal.

3. Canon EOS 5D Mark III

Canon EOS 5D Mark III
Canon EOS 5D Mark III

Kamera untuk vlog yang satu ini memiliki CMOS sensor dengan resolusi 22.3 Megapiksel. Canon EOS 5D Mark III dibekali pengolah gambar berkualitas tinggi yaitu DIGIC 5+ yang dapat membantu menghasilkan video yang terang.

Resolusi untuk video yaitu full HD 1080p pada 30fps. Ini juga memiliki sensitivitas cahaya rendah yang sangat baik sehingga bisa digunakan saat gelap.

Fitur lainnya yaitu dimiliki yaitu mode HDR dan Multiple Exposure yang membantu dalam hal kreativitas fotografi. Dari segi ergonomis, kamera ini memiliki mode live view dan 7D’s rear movie.

Ada juga socket untuk headphone bagi yang ingin memonitor audio dan tombol sensor sensitif yang bisa mengatur parameter perekaman.

Canon EOS 5D Mark III menjadi salah satu kamera untuk vlog terbaik karena kemampuannya dalam merekam video. Kamera ini dapat merekam video HD dengan tingkat kecanggihan yang setara dengan kamera film profesional.

Terdapat dukungan H.264/MPEG-4 AVC High Profile dan otomatis pemecahan file yang lebih besar dari 4GB.

Kamera Canon ini juga mendukung pilihan untuk merekam saja atau Rec Run, serta merekam dan memotret atau Free Run. Selain menghasilkan video berkualitas tersedia fitur untuk meningkatkan kemampuan perekaman suara.

Kamera ini dijual dengan harga yang cukup mahal jika dengan lensa kitnya yaitu sekitar 43 juta rupiah.

4. Nikon D810, Kamera untuk Vlog Murah

Nikon D810
Nikon D810

Kamera Nikon yang satu ini menunjukkan beberapa perubahan dari pendahulunya D800/E. D810 dengan ISO 64 menunjukkan peningkatan pada jarak dinamik RAW. Kamera yang dibekali dengan sensor CMOS full frame 36.3 Megapiksel ini dapat merekam sampai 5 fps di mode FX.

Tersedia layar monitor LCD 3.2 inch yang bisa membantu proses perekaman.

Nikon D810 memiliki fitur yang cukup kaya untuk membantu mendapatkan hasil video yang baik. Kamera ini bahkan memiliki fitur mode kontrol gambar flat yang membantu videografer untuk gambar lebih luas.

Adanya prosesor internal yang canggih membantu proses data berjalan lebih cepat di kamera ini.

Salah satu kelebihan kamera untuk vlog ini yaitu tidak berisik saat memotret. Ini cocok digunakan saat pertemuan dalam ruangan. Orang-orang tidak akan terganggu dengan suara shutter kamera yang satu ini.

Kekurangan kamera ini mungkin terletak pada beratnya yang mencapai 980 gram. Ini cukup berat apalagi jika digunakan dalam waktu yang lama.

5. Kamera untuk Vlog DSLR Canon EOS 6D Mark II

Canon EOS 6D Mark II
Canon EOS 6D Mark II

Ditujukan untuk amatir dan pecinta fotografi, Canon EOS 6D Mark II dibekali dengan sensor 26 Megapiksel dengan teknologi Dual Pixel. Teknologi yang digunakan ini bisa membantu autofokus selama perekaman dengan tampilan langsung.

Fitur lain yang diimiliki kamera ini yaitu wi-fi, GPS, dan mode burst 6.5fps.

Sensor yang lebih besar pada kamera ini sayangnya tidak diikuti dengan dukungan video 4K. Kualitas video yang dihasilkan kamera Canon ini hanya sampai 1080p. Namun sebenarnya ini sudah cukup untuk kamera vlog karena tak semua orang juga butuh menonton video berat.

Harga kamera ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan model sejenis. Kamera ini memiliki ukuran lebih kecil dan lebih ringan daripada tipe 5D IV. Secara umum kamera ini bisa jadi kamera untuk vlog terbaik dengan harga terjangkau.

6. Kamera untuk Vlog Terbaik – Sony A77II

Sony A77II
Sony A77II

Kamera yang satu ini disebut sebagai kamera DSLR dengan performa tinggi. Ini memiliki kualitas gambar yang sangat baik terutama saat pemotretan dengan ISO rendah. Kemampuan single shot autofokus atau AF juga sangat cepat. Ini bisa membantu untuk menangkap objek gambar yang bergerak.

Sony A77II didukung resolusi kamera 24 Megapiksel dengan prosesor gambar BIONZ X. Ini memiliki range ISO sampai 25,600. Kamera ini juga dilengkapi sistem autofokus 79 titik yang dapat menangkap hampir 40% dari frame.

Kekurangan kamera ini mungkin terletak pada tak adanya layar sentuh pada monitor. Untuk berat kamera juga lumayan yaitu sekitar 647 gram.

Kamera Sony yang satu ini cocok untuk fotografi olahraga dan action. Ini juga bisa digunakan sebagai kamera untuk vlog dengan dukungan video full HD dan sensor data 60fps. Pada audio juga terdapat internal microphone dan eksternal mic tambahan.

Bicara soal harga, kamera Sony

7. Nikon D5600

Nikon D5600
Nikon D5600

Kamera dengan sensor 24.2 Megapiksel APS-C CMOS ini menawarkan layar sentuh monitor yang bisa diputar. Ini memudahkan dalam pengambilan gambar dengan sudut yang berbeda-beda.

Pengolah gambar EXPEED yang dimiliki dikombinasikan dengan sistem autofokus. Sensor sensitivitas ISO juga ditambah sehingga dapat merekam di cahaya rendah.

Perekaman untuk video memiliki kualitas sampai 1080p full HD yang terbilang cukup baik untuk video blog atau vlog. Kemampuan ini juga dibantu dengan kecepatan 60fps sehingga dapat menangkap momen benda bergerak dengan mudah.

Fitur lainnya yang dimiliki kamera ini yaitu adanya SnapBrigde yang memungkinkan transfer instan dengan ponsel atau tablet secara cepat.

Nikon juga menyediakan penyimpanan awan yang aman dan gratis sehingga bisa dimanfaatkan jika memori penuh.

Secara desain kamera ini cukup nyaman dan kokoh saat saat digunakan untuk merekam video bergerak. Nikon D5600 sebagai kamera untuk vlog sudah cukup baik dengan beragam fitur serta tambahan lensa kompatibel yang bisa digunakan.

Harga kamera yang satu ini lengkap dengan lensa kit-nya sekitar 10 juta rupiah.

8. Canon EOS 80D

Canon EOS 80D
Canon EOS 80D

Seperti Nikon D5600, kamera Canon ini juga menawarkan sensor 24.2 Megapiksel dengan format sensor APS-C. Kemampuannya ini dipadukan dengan sistem Dual Pixel CMOS AF yang memiliki 45 fase deteksi titik.

Ini dapat membantu untuk mendeteksi dan autofokus pada objek di video.

Resolusi untuk video pada kamera ini yaitu 1080p Full HD dengan ukuran 1920×1080 sampai 60p.

Perekaman video bisa dibantu dengan adanya port untuk mic eksternal, sebuah HDMI miniport dan AV digital. Tambahan mic eksternal bisa membantu untuk merekam suara agar lebih jelas.

Salah satu fitur yang dimiliki Canon EOS 80D yaitu ‘Video Snapshot’. Ini dapat membantu mengambil video pendek dengan pengaturan minimal.

Kamera untuk vlog yang satu ini sudah dilengkapi dengan wi-fi dan teknologi NFC sehingga memudahkan dalam proses pengiriman data.

Adanya monitor layar sentuh dengan live view memungkinkan pengguna merekam dengan lebih baik. Kamera Canon EOS 80D tak hanya cocok untuk perekaman diam saja namun juga video bergerak sehingga bagus untuk video blog.

Harga kamera Canon ini di Indonesia sekitar 10 juta rupiah.

9. Nikon D7500

Nikon D7500
Nikon D7500

Kamera Nikon yang satu ini memiliki performa flagship dengan kualitas tinggi serta tambahan beragam inovasi yang memanjakan pengguna. D7500 menawarkan resolusi 20.9 Megapiksel dengan mesin pengolah gambar Expeed 5.

Range ISO bisa sampai 51,200 sehingga mampu menangkap gambar tajam di cahaya rendah dengan hasil yang minim noise.

Nikon D7500 juga mampu merekan video dengan resolusi 4K UHD serta 1080p. Adanya kemampuan merekam sampai 4K tentunya sangat cocok digunakan bagi yang ingin merekam vlog dengan profesional. Hasil video akan sangat baik dengan perekam eksternal via HDMI.

Ada juga pilihan merekam dalam format MP4 untuk hasil playback yang halus.

Kamera yang satu ini juga bisa mereka video timelapse yang cocok ditambahkan dalam vlog. Video timelapse ini misalnya berupa pergerakan matahari terbit atau terbenam.

Jadi tak heran jika kamera D7500 ini salah satu kamera untuk vlog terbaik. Apalagi dengan desain yang nyaman dipegang dan pilihan konektivitas yang cukup lengkap.

D7500 juga memiliki beragam pilihan efek spesial untuk mempercantik foto ataupun video.

Baterai kamera ini cukup tahan lama sehingga cocok digunakan seharian. Harga kamera Nikon D7500 berserta lensa kit-nya berkisar antara 20 sampai 30 juta rupiah.

10. Nikon D850

Nikon D850
Nikon D850

Kamera Nikon D850 memiliki resolusi 45.7 Megapiksel yang tergolong cukup besar dibanding kamera DSLR lainnya. Kamera ini juga mampu merekam video sampai 4K UHD dengan kecepatan 30p, 25p dan 24p.

Selain itu juga bisa merekam video 1080p Full HD pada kecepatan 60p.

Salah satu kelebihannya yaitu dapat menangkap video 4K tanpa potongan atau no crop. Jadi lensa Nikon F-mount serta lensa yang kompatibel lainnya yang digunakan akan memiliki sudut padang video yang sama.

Hasil videonya juga cukup jelas yaitu 4:2:2 8bit 4K dengan perekam eksternal.

Kamera ini mampu merekam berkelanjutan dengan kecepatan 7 fps atau 9 fps menggunakan pilihan baterai MB-D18 dengan EN-EL 18b/a Lithium ion. D850 dapat menangkap momen sempurna dalam setiap aksi yang direkam sehingga cocok digunakan untuk perekaman olahraga ataupun objek bergerak lainnya.

Fitur video timelapse di kamera ini juga memukau karena bisa merekam dengan resolusi 4K dan 8K menggunakan Interval Timer Mode. Ada juga pilihan video slow motion 120 fps yang tetap menghasilkan video dengan kualitas baik di 1080p.

Segala kelebihannya ini membuat Nikon D850 cocok sebagai kamera untuk vlog.

11. Canon EOS 250D

Canon EOS 250D
Canon EOS 250D

Kamera Canon EOS 250D juga dikenal dengan nama EOS Rebel SL3 dan EOS Kiss X10. Kamera ini didesain untuk fotografer pemula namun memberikan performa dan kualitas yang cukup baik. DSLR yang satu ini juga berukuran kecil sehingga praktis saat dibawa ke mana saja.

Canon EOS 250D dilengkapi dengan APS-C format, 24.1 Megapiksel serta teknologi video 4K. Mampu merekam video sampai 4K, kamera ini juga dilengkapi monitor layar sentuh yang memudahkan pengaturan dan perekaman.

Ini mampu merekam video 4K dengan kecepatan 5fps serta adanya mode time lapse.

Sebagai jenis kamera entry-level, Canon EOS 250D memberikan hasil video yang cukup baik ditambah dengan fitur autofokus. Perekaman video dalam terang ataupun dalam gelap, hasil videonya terbilang cukup baik .

Canon EOS 250D ini cocok sebagai kamera untuk vlog baik untuk pemula. Harga jual kamera Canon yang satu ini dengan lensanya yaitu sekitar 10 juta rupiah.

12. Canon EOS 5D Mark IV

Canon EOS 5D Mark IV 1
Canon EOS 5D Mark IV 1

Kamera Canon ini memiliki fitur dan spesifikasi yang cukup lengkap untuk sebuah kamera DSLR. Ini cocok digunakan untuk beragam momen baik olahraga maupun alam liar.

Beberapa kelebihan kamera ini yaitu adanya layar sentuh responsif, sistem AF, live view, sensor baik, burst 7fps, serta pilihan konektivitas.

Canon EOS 5D Mark IV memiliki sensor 30.4 Megapiksel yang memberikan hasil gambar detail dengan ukuran 6720 x 4480 piksel. Sensitivitas sensornya memiliki ISO 100-32,000 yang dapat ditambah sampai 50-102,400. Kamera Canon ini menggunakan dua prosesor yaitu DIGIC 6 dan DIGIG 6+.

Pada perekaman video, kamera ini memiliki fitur DCI 4K video capture pada 4096 x 2160 piksel. Kecepatan perekamannya yaitu 30/25/24 fps dengan rata-rata 500Mbps.

Ini berarti pengguna bisa mengekstrak 8.8 Megapiksel gambar JPEG dari video 4K tersebut jika diperlukan.

Kamera 5D Mark IV memiliki mic eksternal dan port untuk headphone, begitu juga port HDMI Mini dan USB 3.0. Untuk konektivitasnya terdapat fitur wi-fi dan NFC serta penyimpanan dengan slot kartu CompactFlash dan dual SD.

Secara umum 5D Mark IV memiliki fitur dan spesifikasi yang mumpuni sebagai kamera untuk vlog.

Mencari kamera untuk kegiatan vlogging perlu memperhatikan spesifikasinya terutama pada kualitas video. Selain itu kamera perlu nyaman saat dipegang sehingga bisa melakukan perekaman dengan baik.

Ada beberapa jenis kamera yang mungkin terlalu berat sehingga menjadi kurang nyaman digunakan.

Saat ini kamera juga dilengkapi dengan beberapa aksesoris canggih. Kamera untuk vlog juga kadang memerlukan beberapa aksesoris atau peralatan untuk memudahkan proses perekaman.

Peralatan tambahan tersebut misalnya slider dolly, rig, lighting, audio eksternal, dan lain-lain. Pemilihan kamera, proses editing, serta peralatan yang tepat dapat menghasilkan video vlog yang berkualitas.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Kamera Polaroid Terbaik dan Berkualitas
BACA YUK!

Kamera Polaroid

Saat ini khususnya dikalangan anak muda, instant camera atau kamera polaroid sangat digemari. Selain bisa melihat langsung hasil…
Canon PowerShot G1 X Mark II
BACA YUK!

Kamera Pocket Terbaik

Mengabadikan moment indah dengan kamera pocket terbaik 2019 merupakan hal yang mengesankan. Apalagi seiring berkembangnya teknologi, perusahaan kamera…
Kamera Nikon D3100 Terbaru
BACA YUK!

Kamera Vlog Termurah

Pemilihan Kamera Vlog Termurah yang berkualitas tentunya menjadi dasar penting hasil dari sebuah video yang bagus. Fenomena  vlogger…
Fujifilm Instax Mini 7s
BACA YUK!

Kamera Langsung Cetak

Bagi pecinta travelling mungkin sudah bukan hal yang asing menggunakan kamera langsung cetak. Mengabadikan setiap momen bersama orang…