Setelah sony melakukan peluncuran secara global, akhirnya Sony membawa masuk secara resmi ke Indonesia kamera Sony A6400 berjenis mirrorless.

Sesuai dengan namanya kamera ini memang berada di tengah-tengah kamera sony alpha a6300 dan a6500.

Peluncuran kali ini sony menargetkan para content creator atau vlogger. Karena saat ini lebih banyak peminat dalam bidang videographer dibanding fotografer. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang harga, review, spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya simak ulasan yang telah kamera.id buat berikut ini.

Review Kamera Sony Alpha A6400

Review Kamera Sony A6400
Review Kamera Sony Alpha A6400

Kamera mirorless sony alpha a6400, pada pertengahan bulan januari 2019 melakukan perkenalan di Indonesia. Sony A6400 ini adalah penerus dari seri sebelumnya yaitu sony alpha A6300.

Kamera Sony Alpha A6400 ini cocok untuk para content creator atau vlogger baik pemula maupun profesional.

Tidak hanya untuk vlogger saja tetapi juga bisa untuk menjepret selfie. Karena kamera ini dibekali oleh system autofocus terbaru dan tercepat. Yang bisa mengunci obyek dengan kecepatan 0.02 detik saja. Untuk bisa mendapatkan kamera ini sudah tersedia mulai bulan April 2019 lalu.

Sejauh ini, kamera sony alpha a6300 dan a6500 sudah dengan sangat baik melakukan tugasnya di kalangan kelas menengah. Keduanya sudah diakui mempunyai kemampuan perekam yang bagus.

Kehadiran A6400 dengan layar sentuh dan bisa diputar 180 derajat, dan system autofocus tercepat di dunia.

Kamera ini sudah nyaris sempurna untuk para content creator pemula. Memang untuk desain kamera ini masih mengusung desain yang hampir sama dengan seri yang sebelumnya. Tetapi ada perbedaan yang signifikan pada kedua seri tersebut.

Spesifikasi Sony A6400

Spesifikasi Sony Alpha A6400
Spesifikasi Sony Alpha A6400

Spesifikasi Kamera Sony Alpha A6400 ini masih mendekati kakaknya yaitu sony a6500. Yang mampu meningkatkan kinerja pengolahan data agar lebih cepat dan memaksimalkan hasil pengambilan video dan foto.

Berikut di bawah ini adalah spesifikasi dari kamera Sony generasi terbaru ini.

Desain Sony Alpha A6400

Desain Spny A6400
Desain A6400

Sony Alpha A6400 cocok digunakan untuk vlogging. Karena kamera ini mempunyai layar sentuh 3 inci yang bisa dilipat 180 derajat keatas. Kemampuan dalam merekam video pun sudah mencapai resolusi 4k 100Mbps.

Dukungan fitur rekam video yang setara dengan kelas professional seperti S-log3, S-log2 dan 4K HDR juga tersedia di kamera ini. Kamera ini juga memiliki body yang ringkas seperti sony a6300.

Badan dari kamera ini dilapisi dengan material magnesium alloy yang anti debu. Kamera ini memiliki pilihan warna hitam atau silver. Jika warna silvernya cukup manis dan cocok untuk vlogger cewek dengan kombinasi grip dan cup mata EVF yang berwarna hitam.

Pada tengah-tengah jantung  kamera Sony Alpha a6400 ini terdapat sensor CMOS dengan resolusi 24,2 megapixel dan enhanced skin tone.  Tidak hanya perekam video yang bagus, Desain kamera ini juga bisa mendapatkan foto dengan kecepatan sampai 11fps dan 8fps pada silent mode dengan buffer hingga 116 jepretan.

Video

Kamera sony alpha a6400 memang tergolong spesial apalagi dalam kategori untuk merekam videonya. Karena kamera ini bisa merekam video setara dengan 4k full pixel readout.

Tidak ada pixel binning pada 24fps dan 30fps. Bicara soal resolusi video, kamera sudah mendukung Full HD dengan bit rate maksimal 100mbps.

Selain itu tidak hanya untuk video, kamera ini juga mendukung profil gambar HLG (hybrid Log-Gamma) S&Q. Perekaman video yang S-Log2, dan S-Log3 untuk color grading. Hasil perekaman atau pemotretan  dengan menggunakan kamera ini bisa diambil atau ditransfer langsung dengan menggunakan WiFi.

Ada juga  aplikasi  yang tersedia untuk mentransfer foto atau video yang sudah diambil yaitu Imaging Edge Mobile (pengganti Sony Play Memories Mobile). Atau bisa juga menggunakan NFC untuk menghubungkan kamera dan handphone secara cepat.

Autofocus Tercepat di Dunia

Spesifikasi Sony A6400

Salah satu kelebihan dari kamera ini adalah memiliki autofocus yang memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sony Alpha A6400 sudah membawa teknologi canggih yaitu autofocus phase-detect 425 titik dan contrast detect yang mencakup 84% area frame.

Pembaruan yang dilakukan oleh sony ini digadang-gadang bisa menjadi autofocus tercepat di dunia, karena kecepatan mengunci focus hanya 0,02 detik.

Tidak hanya cepat, kamera ini juga menggunakan teknologi autofocus real-time eye AF dan real-time tracking. Teknologi tersebut sudah menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk melacak dan mengunci focus pada mata subyek dengan sangat cepat dan juga akurat.

Kamera ini juga bisa memastikan fokus tetap ada pada subyek meskipun subyek bergerak.

Kelebihan dan Kekurangan Sony A6400

Kelebihan dan Kekurangan Sony A6400
Kelebihan dan Kekurangan Sony Alpha A6400

Kamera yang dirancang khusus untuk vlogger ini memiliki banyak sekali keunggulan, tapi yang perlu diketahui tidak hanya keunggulannya saja tapi juga memiliki kekurangannya. Beberapa keunggulan kamera sony alpha a6400 antara lain yaitu :

  • Perekaman video 4k
  • Profil S-Log2 dan S-Log3
  • Slow motion sampai 120fps dan resolusi mencapai 180 pixel
  • Autofocus yang tersecepat di dunia hanya 0,02 detik saja

Sony meyakini peminat dalam fotografer menurun, dan peminat untuk videographer meningkat dengan pesat. Terutama dalam segmen wanita dan remaja baik amatir maupun profesional.

Kamera sony selama ini memang tidak cocok untuk vlogger karena memiliki layar yang tidak bisa diputar ke depan. Tetapi kamera Sony ini bisa diputar 180 derajat keatas.

Kualitas gambar kamera Sony Alpha A6400 ini memiliki kualitas gambar yang lebih baik di ISO tinggi, dan menawarkan ISO maksimum 32.000 dan bahkan bisa diperluas ke 102.400.

Namun disamping semua kelebihan itu, Kamera Sony Mirrorless A6400 tetap memiliki beberapa kekurangan yaitu diantaranya adalah :

  • Tidak memiliki built-in stabilization, sehingga membutuhkan gimbal untuk beberapa kebutuhan penting seperti shooting berjalan, berlari dan profesional lainnya.
  • Layar perlu diputar keatas bukan ke samping, maka cukup sulit jika ingin memasang mic external pada dudukan kamera.

Harga Kamera Sony A6400

Harga Kamera

Sony Alpha A6400

Kondisi Kelengkapan Harga (Rp)
Baru Body-Only 12.999.000
Bekas Body-Only
Baru Full Lensa Kit 14.999.000
Bekas Full Lensa Kit
Harga Kamera Lainnya

Lensa yang digunakan pun adalah lensa SELP 16-50 mm f/3,5 – 5.6. Dan hanya ada dua warna yang tersedia yaitu warna hitam dan silver.  Agar hasil semakin maksimal ada juga aksesoris tambahan yaitu shooting  grip GP-VPT1.

Aksesoris tersebut dipatok dengan harga Rp 1.599.000. aksesoris tersebut menyediakan beberapa control eksternal, karena adanya tombol record dan zoom untuk kamera sony alpha A6400.

Shooting grip ini juga bisa dipasangi plate tambahan agar microphone bisa diletakkan di samping dan tidak menghalangi layar.

Kamera Sony Alpha A6400 ini memang menargetkan pasar pada kalangan menegah keatas. Cocok untuk yang ingin memulai menjadi vlogger atau yang sudah profesional. Dengan layar sentuh memudahkan untuk memencet tombol saat melakukan perekaman video.

Kamera ini juga dilengkapi dengan sensor 2.4 megapixel dan juga tambahan chip LSI yang bisa meningkatkan kinerja pengolahan data agar lebih cepat. Dengan fitur-fitur tersebut tentu akan semakin meningkatkan kualitas hasil foto dan video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Sony A6000
Read More

Sony A6000

Kali ini akan membahas tentang kamera keluaran Sony, yaitu kamera Sony A6000. Kamera kecil namun memiliki banyak kelebihan…
Kamera Canon EOS M10
Read More

Canon EOS M10

Canon mengeluarkan produk terbarunya yang bernama Canon EOS M10 yang kaya akan fitur canggih. Bicara tentang kamera di…
Sony A7R Mark III
Read More

Sony A7R Mark III

Bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer profesional, pastinya sudah tahu mengapa direkomendasikan untuk memilih Sony A7R Mark III.…
Sony A6300
Read More

Sony A6300

Meskipun pihak dari Sony sendiri sudah cukup banyak meriliskan produk kamera terbaru setelah perilisan Sony A6300, akan tetapi…
Sony A7S Mark II
Read More

Sony A7S Mark II

Keberhasilan Sony A7S memberikan dampak positif untuk kamera mirrorless Full Frame Terbaik milik mereka yaitu Sony A7S Mark…