Canon EOS M10 : Review, Perbedaan, Kelebihan, Kekurangan dan Harga

. 27 Maret 2024

Apakah kamu sedang mencari kamera mirrorless canon terbaru dengan segudang fitur keren didalamya. Canon EOS M10 adalah jawaban dari kebutuhanmu dalam dunia fotografi dan videografi.

Canon EOS M10 menjelma menjadi kamera mirrorless yang handal dan unggul dengan teknologi terbaru di dalamnya.

Bagi Anda yang suka dengan dunia fotografi dan ingin meningkatkan fotografi dengan sesuatu yang lebih baik, maka kamera ini bisa jadi solusi yang sangat tepat.

Salah satu produk yang sudah sangat terkenal di dunia fotografi tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia adalah Canon.

Merek kamera yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Itu bukan tanpa alasan, mengingat merek ini selalu berusaha ber-inovasi memberikan produk terbarunya setiap tahun.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh perusahaan Canon adalah mengeluarkan produk Canon  M10 yang begitu menakjubkan.

Penasaran apa saja kelebihan dari produk terbaru dari Canon ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kamera Canon EOS M10
Kamera Canon EOS M10

Review Singkat Canon EOS M10

Canon M10 atau yang akrab disebut EOS M10 merupakan sebuah produk kamera terbaru dari kanan yang memiliki body cukup ramping.

Produk ini dirancang untuk penggunaan sehari-hari sehingga sangat mudah dibawa ke mana saja dan kapan saja.

Canon M10 dilengkapi dengan sistem pencitraan APT dengan sensor sebesar 18 MP APS-C CMOS dan prosesor DIGIC 6 Image.

Didukung dengan sensor tersebut, tidak heran jika kamera Canon ini mampu menghasilkan gambar dengan hasil yang sangat jernih.

Jadi walaupun Anda berada di suatu tempat yang pencahayaannya kurang, kamera ini akan tetap menghasilkan gambar dengan citra yang sangat bersih.

Tidak hanya itu saja, kamera ini memiliki daya sensitivitas dengan ISO 100-12.800 yang sudah diupgrade ke versi terbaru yaitu ISO 25600.

Kurang puas ? Cek rekomendasi lengkap kami lainnya seputar Kamera Mirrorless Terbaik paling baru.

Fitur terbaru dari Canon ini sangat cocok dipakai untuk subjek yang bergerak. Agar kualitas foto yang Anda ambil jernih dan juga bersih, maka kamera Canon seri ini pilihan yang cocok.

Tahukah Anda Bahwa jika dibandingkan dengan pendahulunya, EOS M10 ini memiliki banyak keunggulan. Namun siapa bilang kamera Canon ini tidak memiliki kekurangan.

Sama halnya dengan merek kamera lainnya yang memiliki kelemahan yang perlu diketahui. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang keunggulan dan kelemahan kamera Canon Mirrorless M10, simak beberapa ulasan singkat di bawah ini.

Kelebihan Canon EOS M10

Kelebihan Kamera Canon EOS Mirrorless M10
Kelebihan Kamera Canon EOS Mirrorless M10

Keunggulan tersebut bisa Anda lihat dari poin and shoot, prosumer sampai dengan Mirrorlessnya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang keunggulan dari produk ini, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Layar Sentuh

Salah satu keunggulan dari produk terbaru dari Canon ini yaitu pada bagian layar sentuhnya.

Layar LCD pada kamera ini menawarkan 10.4 juta piksel yang begitu mengesankan dan memiliki antarmuka layar yang begitu menakjubkan.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan Code Creative Assist EOS M10 melalui layar sentuhnya.

Adanya fitur ini, bisa Anda gunakan untuk menyesuaikan tingkat ketajaman, kontras dan lain sebagainya.

2. Kemampuan Merekam Video

Anda suka membuat Film ? Jika iya kamera ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat.

Perlu diketahui EOS M10 sangat mendukung untuk merekam dengan format MP4.

Selain itu Anda bisa membagikan video yang direkam tersebut kepada teman atau keluarga dengan mudah dan cepat.

Tidak perlu khawatir, karena cara menggunakan kamera ini tidaklah rumit karena sudah dilengkapi dengan Touch Activated AF dan kontrol manual.

3. Mode Self Potrait

Perkembangan teknologi ternyata berdampak  baik di bidang Kamera. Pada umumnya mereka yang hobi selfie hanya dapat melakukannya melalui smartphone.

Namun masalah tersebut kini sudah mulai berkurang sejak hadirnya Mode Self Potrait di Kamera.

Kamera Canon EOS Mirrorless M10 ini memiliki fitur Self Portrait yang sangat membantu bagi mereka yang percaya diri ketika harus mengambil foto dan video dengan cara selfie.

Canon M10 sudah dilengkapi LCD layar sentuh yang dapat dimiringkan sekitar 180 derajat.

Sehingga Anda pun lebih mudah selfi dengan menggunakan kamera ini. Dijamin hasilnya juga sangat memuaskan dan mudah untuk digunakan.

Kekurangan Canon EOS M10

Kekurangan Kamera Canon EOS Mirrorless M10
Kekurangan Kamera Canon EOS Mirrorless M10

Bicara kelebihan tentunya akan ada kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan yang terdapat di Kamera Canon Mirrorless M10.

1. Tidak Memiliki Optical Viewfinder

Canon M10 tidak memiliki Optical Viewfinder in built. Penggunanya akan mengalami keterbatasan ketika ingin melakukan kegiatan foto.

Pasalnya kita tidak dapat melihat secara lebih dekat dan detail subjek maupun model yang akan kita ambil gambarnya.

2. Tidak Mempunyai Hotshoe

Tidak hanya memiliki Optical Viewfinder, Canon EOS M10 juga tidak dibelaki slot Hotshoe yang sangat berguna untuk banyak hal.

Hotshoe di kamera dapat ditempatkan aksesoris tambahan kamera seperti Mic External, Lampu LED dan Flash External.

3. AutoFocus Lambat

Kelemahan lain dari EOS M10 terletak dari Autofokus (AF) kameranya. Autofokus menjadi hal yang cukup penting ketika kita ingin mengambil dan merekam momen yang ada.

Jangan karena fokus yang lambat, menghilangkan nilai momen yang mungkin tidak dapat diulang untuk kedua kalinya.

Perbedaan Canon EOS M10 vs Canon EOS M6

Perbedaan EOS M10 vs EOS M6
Perbedaan EOS M10 vs EOS M6

Adakah perbedaan antara M10 dan EOS M6 ? Dilihat dari kelebihan dan fitur-fiturnya, memang kamera EOS M6 ini lebih baik dibandingkan dengan EOS M10.

Ada beberapa perbedaan antara kedua kamera tersebut, baik dari segi baterai, desain, lensa dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin tahu lebih lengkap bagaimana perbedaan kedua kamera tersebut secara lebih detail. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Kapasitas Baterai

Dilihat dari ukuran kamera, tipe EOS M6 ini memiliki kapasitas kamera yang lebih besar yakni sekitar 34.44%. Canon EOS M6 dilengkapi dengan kamera sebesar 24.4 MP. Sedangkan tipe EOS M10 ini hanya sebesar 18 MP saja.

2. ISO yang Berbeda

Sensitivitas tipe EOS M6 ternyata 2x lipat dari sensitivitas tipe EOS M10. Seri EOS M6 ini didukung dengan 25600 ISO sedangkan untuk EOS M10 didukung dengan sensitivitas 12800 ISO.

3. Hemat Baterai

dilihat dari ketahanan baterainya. Perlu diketahui baterai tipe EOS M6 ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan EOS M10. Adapun baterai dari M6 ini sudah dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 295 shots.

4. Kecepatan AutoFokus

Canon EOS M6 sudah dilengkapi dengan Autofokus deteksi fasa. Ketika sedang berfoto, mikrofon stereo dan Autofocusnya bekerja maksimal termasuk pada saat merekam video.

Fitur seperti ini yang tidak dimiliki Canon EOS Mirrorless M10.

Harga Kamera Canon EOS M10 Terbaru

Bagi anda yang tertarik dengan kamera mirrorless yang satu ini pasti bertanya, berapa harga Canon EOS M10 di pasaran ?

Harga kamera terbaru dari Canon ini sebenarnya tidak begitu jauh dengan tipe-tipe sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang telah kita himpun, Canon EOS Mirrorless M10 dengan lensa kits 15-45 mm dijual dengan harga sekitar Rp 6.500.000.

Namun perlu diingat bahwa harga tersebut bisa berubah tergantung dari persediaan barang dan juga lokasi toko penjualan Canon EOS M10 tersebut.

Tabel Harga Baru dan Bekas Canon EOS Mirrorless M10

Harga BaruHarga Bekas
Rp 6.500.000Rp 4.500.000

Itulah review seputar produk Canon EOS M10 yang sekarang ini tengah dicari oleh para pecinta fotografi.

Jika Anda tertarik untuk membeli kamera merek Canon EOS Mirrorless M10, Anda bisa menemukannya di toko kamera terdekat dengan mudah dan cepat. Sekian dan Semoga Bermanfaat ya~

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait
. Kamera . 18 Maret 2024
Ingin mendapatkan hasil foto berkualitas dengan harganya terjangkau? Kamera Canon EOS 60D bisa jadi pilihan kamu sebagai daily gear untuk foto dan videografi. Kamera yang dinobatkan sebagai salah satu kamera terbaik dua dekade terakhir ini sangat cocok untuk dimiliki. Bukan hanya dari segi teknologi dan harga, kamera ini masih punya fitur-fitur yang tak kalah menariknya. ... Baca Selengkapnya
. Kamera . 12 April 2024
Sony A7 menjadi Kamera Sony Full Frame Terbaik keluaran pertama yang dirilis oleh Sony. Sony Alpha A7 menjadi pilihan bagi yang ingin memiliki kamera full frame dengan harga terjangkau. Hal ini yang mendasari keluarnya produk dengan kualitas yang serba mewah dengan performa terbaik. Sesaat setelah kemunculannya, banyak sekali masyarakat yang berlomba untuk mendapatkannya. Sony A7 ... Baca Selengkapnya
. Kamera . 14 April 2024
Kamera Canon 700D merupakan salah satu jenis kamera DSLR yang memiliki banyak peminat. Khususnya para fotografer dan orang-orang yang memang menyukai dunia fotografi. Tak heran jika Canon EOS 700D menjadi salah satu rekomendasi kamera untuk pemula Banyak review positif mengenai kamera DSLR jenis Canon 700D ini. Selain itu harga yang ditawarkan juga relatif dan sesuai ... Baca Selengkapnya